8 Cara Menghilangkan Kapalan di Telapak Tangan yang Alami dan Cepat Hilang


sumbersehat.com – Cara menghilangkan kapalan di telapak tangan dapat dilakukan dengan menggunakan obat salep atau dengan cara alami. Kapalan memang bukan suatu penyakit yang serius. Tetapi, kapalan dapat sangat mengganggu kenyamanan Anda dalam penampilan. Ketika berjabat tangan, akan terasa tidak nyaman jika tangan dipenuhi dengan kapalan.

Tentu saja hal ini menjadikan kepercayaan diri Anda menurun. Biasanya, kapalan terjadi karena tekanan atau gesekan yang dilakukan secara berulang sehingga menimbulkan penebalan pada kulit di jari tangan. Bagian tubuh yang sering ditimbulkan kapalan adalah bagian telapak tangan, telapak kaki, tumit, dan lutut. Lalu, bagaimana cara menghilangkan kapalan di telapak tangan? Berikut ini adalah ulasannya.

cara menghilangkan kapalan di telapak tangan
cara menghilangkan kapalan di telapak tangan

Penyebab Kapalan

Kapalan adalah kulit yang menebal dan mengeras akibat gesekan atau tekanan yang terjadi secara terus menerus. Kulit yang mengalami kapalan akan terasa kering dan berwarna putih agak kekuningan. Sebenarnya, kapalan tidak menimbulkan masalah serius. Tetapi, jika mengganggu penampilan harus segera dihilangkan. Kapalan dapat disebabkan oleh berbagai masalah, diantaranya :

  • Terlalu menekan pensil, pulpen, dan kuas ketika menggambar, menulis, dan melukis.
  • Terlalu sering memainkan alat musik seperti gitar dan biola.
  • Mengangkat beban yang berat.
  • Menggunakan sepatu yang tidak nyaman seperti terlalu sempit.
  • Tidak menggunakan kaus kaki ketika memakai sepatu.
  • Melakukan aktifitas yang menggunakan gesekan telapak tangan terus menerus seperti mencangkul, menyapu, dan lain-lain.

Masih banyak faktor lainnya yang menjadi penyebab penebalan kulit di jari tangan. Kapalan merupakan reaksi alami pada tubuh untuk melindungi diri dari paparan iritasi. Kapalan tidak menimbulkan rasa sakit dan dapat hilang dengan sendirinya dengan meninggalkan kulit mati yang mudah terkelupas. Kemudian, lapisan kulit akan tumbuh kembali pada lapisan yang terinfeksi.

Kapalan dapat dihilangkan dengan obat kapalan di apotik atau hanya mengandalkan bahan alami. Menunggu kapalan menghilang dibutuhkan waktu yang cukup lama. Jika sudah sangat mengganggu lebih baik segera dihilangkan. Karena jika sudah parah kapalan dapat menimbulkan rasa nyeri yang menggangu dan tidak nyaman.

Inilah Cara Menghilangkan Kapalan di Telapak Tangan

Banyak cara menghilangkan kapalan di telapak tangan secara alami yang bisa Anda coba, diantaranya :

1. Dengan batu apung

Batu apung sering diandalkan untuk menghilangkan kapalan sejak jaman dulu. Walaupun cukup kuno tetapi cara ini terbukti ampuh untuk mengikis penebalan kulit di jari tangan. Batu apung yang baik digunakan adalah yang memiliki pori dan ringan.

Cara menghilangkan kapalan di telapak tangan dengan batu apung cukup mudah. Terlebih dahulu rendam bagian telapak tangan yang terkena kapalan dengan air hangat. Rendam kurang lebih sekitar 10 menit sampai bagian kapalan melunak. Jika sudah terasa lunak maka segera gosok bagian kapalan secara perlahan.

2. Dengan tea tree oil

Tea tree oil merupakan minyak esensial yang dimanfaatkan untuk menghilangkan kapalan di telapak tangan. Kandungan di dalamnya memiliki sifat antijamur, antibakteri dan antiseptik yang alami. Cara menghilangkan kapalan di telapak tangan dengan tea tree oil yaitu cukup teteskan dalam satu baskom berisi air hangat.

Kemudian aduk secara merata dan rendam telapak tangan sampai kulit kapalan melunak. Rendam selama kurang lebih 15 menit karena kandungan tea tree oil sangat kuat sehingga dikhawatirkan dapat merusak lapisan kulit. Jika sudah melunak bisa dikikis menggunakan batu apung atau kopek secara perlahan.

3. Menggunakan buah nanas

Buah tropikal satu ini selain menyegarkan ternyata juga dapat menghilangkan kapalan. Kandungan asam didalamnya terdapat enzim yang baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Cara menghilangkan kapalan di telapak tangan dengan nanas yaitu, potong buah nanas yang sudah dicuci bersih menjadi potongan kecil.

Kemudian, gosok atau usap pada bagian telapak tangan yang menebal. Lakukan cara ini secara perlahan pada bagian yang kapalan. Jika sudah segera bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin hingga kondisinya membaik dan kembali normal.

4. Dengan soda kue

Soda kue tidak hanya diaplikasikan ke makanan tetapi juga dapat digunakan untuk mengurangi penebalan kulit di jari tangan. Cara menghilangkan kapalan di telapak tangan dengan soda kue adalah mencampurkan 2 sendok air dan soda kue ke dalam wadah kecil. Kemudian aduk campuran tersebut sampai teksturnya mengental. Tambahkan beberapa tetes perasa jeruk nipis. Lalu oleskan pada telapak tangan yang terkena kapalan hingga merata. Tutup bagian yang diolah dengan perban atau kasa.

Diamkan semalaman dan cuci bersih ketika bagun tidur. Ulangi cara tersebut setiap malam sampai kapalan menghilang.
Selain itu, dapat dilakukan dengan cara yang lebih praktis. Tuangkan soda kue ke dalam baskom yang sudah diisi dengan air hangat. Rendam telapak tangan yang kapalan selama kurang lebih 10 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan cara tersebut selama berulang kali sampai kapalan melunak.

5. Menggunakan asam salisilat

Asam Asilat juga bisa Anda jadikan sebagai cara menghilangkan kapalan di telapak tangan. Kandungan yang terdapat dalam asam salisilat dapat menghilangkan berbagai masalah kulit seperti kapalan, mata ikan di tangan dan kaki, hingga kulit. Kandungan protein dan keratinnya dapat menguraikan lapisan kulit mati. Banyak produk untuk mengobati masalah kulit yang mengandung asam salsilat dalam bentuk krim, plester, dan pad.

6. Dengan garam epsom

Garam epsom dapat digunakan sebagai obat untuk mengikis penebalan kulit di jari tangan. Cara menghilangkan kapalan di telapak tangan dengan mencampurkan garam Epsom kedalam baskom yang berisi air hangat. Kemudian rendam telapak tangan yang terkena kapalan selama kurang lebih 10 menit.

Jika sudah segera gosok bagian yang terkena kapalan dengan batu apung supaya kulit terkikis. Lalu bilas dengan air bersih dan keringat telapak tangan dengan pelembab. Dengan ini dapat dijadikan cara menghaluskan telapak tangan.

7. Dengan cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki rasa asam yang cukup kuat sehingga dapat mengurangi penebalan kulit di jari tangan. Cara menghilangkan kapalan di telapak tangan dengan cuka sari apel sangat mudah. Cukup campurkan cuka sari apel dan air sebanyak 4 banding satu. Lalu rendam telapak tangan yang terkena kapalan selama kurang lebih 20 menit.

Nantinya kulit kapalan akan mengelupas secara perlahan dengan sendirinya. Tetapi jangan segera dikelupas karena akan merusak area kulit sekitarnya dan menimbulkan rasa perih. Lakukan cara tersebut berulang kali sampai kapalan mengelupas dengan sendiri.

8. Menggunakan pengaman

Cara mengurangi kapalan yang terakhir adalah dengan menggunakan pengaman ketika melakukan aktivitas yang memicu timbulkan kapalan. Gunakan plester atau perban ketika melakukan aktifitas yang menekan atau menggosok kulit. Selalu menggunakan kaus kaki ketika memakai sepatu. Selain itu, selalu gunakan pelembab pada telapak tangan supaya tidak kering.

Demikian point penting mengenai cara menghilangkan kapalan di telapak tangan. Cara tersebut sudah pasti alami dan aman untuk digunakan. Selalu gunakan pengaman ketika melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kapalan. Periksakan ke dokter jika muncul rasa nyeri, berdarah, dan bernanah supaya segera diberi penanganan yang serius.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

Manfaat baby cream untuk kecantikan

11 Manfaat Baby cream untuk Kecantikan yang Harus Diketahui

sumbersehat.com – Adanya manfaat baby cream untuk kecantikan membuat sebagian perempuan beralih menggunakan baby cream.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *