12 Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat Pada Anak, Harus Coba!

sumbersehat.com – Cara menghilangkan hidung tersumbat pada anak penting untuk diketahui para orang tua. Saat hidung tersumbat, tentu menjadi sebuah tantangan yang sangat sulit untuk bernapas. Tidak hanya itu, suara yang menjadi terganggu hingga cairan dari hidung yang terus keluar, juga merupakan akibat dari hidung tersumbat.

Gejala ini dapat terjadi saat saluran pernapasan terganggu, dapat karena alergi, flu, sinus, atau sakit tenggorokan. Tentunya akan sangat mengganggu, apalagi jika anak yang mengalaminya. Ada banyak cara menghilangkan hidung tersumbat pada anak kecil, simak penjelasannya lebih lanjut berikut ini.

cara menghilangkan hidung tersumbat pada anak
cara menghilangkan hidung tersumbat pada anak

Inilah Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Anak-anak memiliki saluran hidung yang lebih sempit dibanding orang dewasa. Hal tersebut dapat membuatnya lebih rentan terhadap hidung tersumbat. Apapun alasannya, hidung tersumbat harus cepat diatasi, agar aktivitas menjadi normal kembali. Apa saja cara menghilangkan hidung tersumbat pada anak yang efektif?

1. Memasang Pelembab Udara

Memasang alat pelembab udara atau humidifier adalah salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada anak kecil, yang paling umum. Ruangan akan menjadi lebih lembab dengan mesin ini. Menghirup udara yang lembap tentu dapat menenangkan iritasi pada jaringan dan pembuluh darah yang bengkak. Selain itu, akan mengurangi jumlah lendir di dalam hidung, sehingga pernapasan lebih baik.

Dapat juga ditambahkan essential oil. Kombinasi ini akan menciptakan aroma alami apalagi saat menjelang tidur, yang membantu melegakan pernapasan. Namun, pastikan alat pelembab udara dibersihkan secara teratur untuk menghindari penyebaran spora jamur. Siapkan sesuai dengan petunjuk, dan pasang di tempat yang aman.

2. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat juga dapat menjadi cara menghilangkan hidung tersumbat pada anak. Membasahi kepala hingga tubuh cukup 10-15 menit. Uap panas dari air hangat akan terhirup melewati rongga hidung dan paru-paru si kecil. Uap dari air hangat akan menipiskan lendir yang ada di rongga hidung. Itulah sebabnya, mandi air hangat dapat membuat pernapasan menjadi lebih baik lagi.

3. Minum Air Dengan Cukup

Minum air secara teratur dapat membantu anak untuk tetap terhidrasi. Cara sederhana ini memungkinkan cairan di hidung untuk keluar. Sehingga tekanan pada sinus pun akan berkurang. Jika sakit tenggorokan bersamaan saat hidung tersumbat, mengonsumsi minuman hangat atau sup, dapat menjadi cara mengatasi hidung tersumbat pada anak kecil.

Dorong anak untuk minum cairan ekstra bebas gula. Menjaga anak-anak tetap terhidrasi dengan baik sangat penting apalagi jika sedang sakit. Ada beberapa cairan yang mampu menghidrasi tubuh anak. Sehingga mampu menjadi cara menghilangkan hidung tersumbat pada anak, yaitu:

Air Kelapa

Kandungan elektrolit alami pada air kelapa termasuk potasium dan natrium, merupakan nutrisi utama dalam mengisi dan merehidrasi tubuh.

Buah Potong atau Jus Buah

Beberapa buah yang mengandung banyak air dapat diberikan untuk dapat membantu mencegah dehidrasi pada anak. Beberapa buahnya seperti tomat, semangka, buah belimbing dan stroberi, serta nanas dan juga jeruk. Dapat juga dengan blender atau jus buah yang mengandung banyak air tersebut. Mengonsumsi cairan buah adalah salah satu cara menghilangkan hidung tersumbat pada anak, agar tidak mengalami dehidrasi.

4. Menggunakan Ekstra Bantal Saat Tidur

Hidung tersumbat tentu akan menyulitkan anak bernapas apalagi saat tidur. Akibatnya, tidur menjadi tidak nyenyak dan anak akan cenderung rewel. Ada baiknya, untuk menambahkan 1-2 bantal ekstra untuk menopang kepala anak. Hal ini dilakukan agar cairan dari hidung dapat keluar dan pernapasan kembali normal.

5. Menggunakan Kompres Hangat

Menempelkan kompres hangat di dahi atau di atas hidung, dapat menjadi cara menghilangkan hidung tersumbat pada anak. Kompres hangat dapat dilakukan dengan merendam handuk kecil di dalam air hangat, peras hingga handuk menjadi lembab. Rasa hangat yang diberikan kompres dapat menenangkan nyeri dan mengurangi peradangan di lubang hidung. Lakukan beberapa kali hingga hidungnya terbebas dari mampet.

6. Gunakan Minyak Mentol

Cara menghilangkan hidung tersumbat pada anak kecil juga dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak beraroma mentol ke sekitar hidung. Biasanya setelah mencium aroma yang mentol, hidung tersumbat akan hilang. Namun tetap hati-hati jika kulit anak sensitive dapat mengakibatkan gatal karena panas.

7. Buang Lendir dari Hidung dan Hilangkan Kerak Lendir

Jika anak masih kecil, dapat menggunakan alat seperti penyedot ingus untuk membuang lendir dari hidung secara perlahan. Untuk lendir yang sudah kering dan berkerak di dalamnya, bersihkan lendir tersebut dengan kassa steril dan air hangat. Langkah tersebut menjadi cara menghilangkan hidung tersumbat pada anak. Lakukanlah perlahan untuk mencegah iritasi pada kulit.

8. Pemberian Obat Tetes Hidung

Obat semprot hidung yang mengandung larutan garam yang diformulasikan secara khusus dapat diperoleh di toko obat. Cara memberikannya adalah dengan meneteskan dua atau tiga tetes obat tersebut pada masing-masing lubang hidung, menjadi cara cepat menghilangkan hidung tersumbat pada anak. Setelah itu, posisikan kepala anak lebih rendah daripada tubuh. Posisi ini akan membuat larutan garam tersebut mengencerkan lendir yang kental.

Sehingga dapat memudahkan menarik lendir dengan aspirator hidung saat sudah encer. Lakukan dua atau tiga kali ke dalam setiap lubang hidung dapat menjadi cara menghilangkan hidung tersumbat pada anak. Jangan lupa untuk membersihkan ujung semprotan hidung setelah selesai digunakan. Obat tetes larutan garam ini juga dapat dibuat sendiri di rumah. Campurkan garam seperempat sendok teh dengan 240 ml air hangat.

9. Berjemur di Pagi Hari

Cara menghilangkan hidung tersumbat pada anak lainnya adalah dengan menjemurnya di pagi hari. Dengan begitu, lendir dapat menjadi lebih encer. Imunitasnya juga akan meningkat.

10. Pijat Sekitar Hidung Dengan Lembut

Pijat di bagian hidung, alis, tulang pipi, garis rambut dan bagian bawah kepala, dapat memberikan rasa tenang pada Si Kecil. Hal ini mampu sebagai cara menghilanggkan hidung tersumbat pada anak kecil agar tidak rewel.

11. Jaga Udara di Rumah Tetap Bersih

Udara kotor dan iritan seperti asap rokok akan menyebabkan saluran pernapasan menjadi radang. Hal tersebut juga akan semakin memperberat masalah hidung tersumbat pada anak. Oleh karenanya, penting untuk menjaga kebersihan di rumah. Menjauhkan anak dari asap rokok dan udara yang berpolusi, juga menjadi cara mudah menghilangkan hidung tersumbat pada anak.

12. Hal Penting Lain yang Harus Diperhatikan

Beberapa hal lain yang penting juga untuk diperhatikan, di samping penerapan cara menghilangkan hidung tersumbat pada anak di atas, yakni:

  • Tidak memberikan obat flu atau batuk pilek apapun kepada anak di bawah usia 4 tahun, kecuali atas resep dokter.
  • Ajari anak untuk mencuci tangan secara teratur, terutama setelah beraktifitas di luar rumah dan sebelum makan.
  • Istirahat yang cukup di rumah meski sakit yang dialaminya ringan. Hal ini agar lebih cepat sembuh dan mencegah penyebaran penyakit pada teman-temannya.
  • Segera bawa ke dokter jika hidung tersumbat berlangsung lebih dari 4 hari. Apalagi jika disertai dengan gejala lain, seperti demam, sesak napas, lemas, muntah dan diare.

Hidung tersumbat tidak selalu dikarenakan infeksi virus ringan seperti flu atau batuk pilek. Dapat juga menunjukkan adanya polip hidung, kemasukan benda asing hingga kelainan anatomi hidung. Beberapa langkah di atas dapat menjadi cara menghilangkan hidung tersumbat pada anak yang bisa dilakukan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *