8 Cara Menghilangkan Dahak Tenggorokan, Napas Lega Aktivitas Lancar

sumbersehat.com – Cara menghilangkan dahak tenggorokan menjadi begitu penting diketahui oleh semua orang, mengingat kehadirannya yang tak memandang usia ataupun kasta. Sebenarnya darimana sih lendir itu? Menurut seorang ahli kesehatan, lendir berasal dari makanan yang bersifat lembab atau dingin. Contoh yang mudah disebutkan adalah misalnya minyak – minyakan. Mulai sekarang, mohon untuk lebih aware dan waspada, ya!

Satu tempat yang kerap kali menjadi sarang bertempatnya lendir adalah tenggorokan, yang kemudian sering disebut dahak. Tak sedikit orang mengalami keluhan dahak di tenggorokan tapi tidak batuk, sehingga metode eliminasi sangat perlu dilakukan. Anda juga perlu mencari tahu tentang cara menghilangkan lendir di tenggorokan dan hidung ketika sedang mengalami permasalahan pada saluran pernapasan.

Cara menghilangkan dahak tenggorokan
Cara menghilangkan dahak tenggorokan

Inilah Cara Menghilangkan Dahak Tenggorokan

Selain mengandalkan obat dokter yang populer dan banyak diminati untuk tenggorokan berlendir dan susah bernafas, Anda juga dapat mencoba beberapa tips alami berikut.

1. Manfaatkan Rempah – rempah Bersifat Panas

Cara menghilangkan dahak tenggorokan yang pertama adalah dengan memanfaatkan rempah-rempah. Nusantara diberkahi dengan keberlimpahan hasil bumi, salah satunya adalah rempah – rempah. Bahan – bahan ajaib ini memiliki karakteristik yang beragam, serta manfaat tak terhingga jika diolah secara tepat. Tiga dari beberapa rempah bersifat panas yang dapat digunakan sebagai obat dahak susah keluar antara lain serai, lengkuas dan jahe.

Ketiganya memberi sensasi panas ketika dikonsumsi, sehingga menimbulkan respons tubuh yang cepat. Anda sudah pernah mengkonsumsi wedang jahe ketika batuk, bukan? Tentu Anda juga dapat merasakan perbedaan antara kondisi sebelum dan sesudah mengkonsumsi minuman tersebut.

Maka dari itu, silahkan manfaatkan beberapa rempah yang disebutkan di atas sebagai cara menghilangkan dahak tenggorokan. Bahan – bahan tersebut dapat diolah menjadi berbagai hidangan sesuai selera Anda. Manfaatkan dulu apa yang ada di rumah untuk melegakan tenggorokan Anda dari dahak yang mengganggu.

2. Olahraga Teratur

Satu tips untuk menjaga tubuh agar tetap fit adalah dengan berolahraga, yang tentunya menghasilkan keringat sebagai output terlihat. Nah, satu dari sekian cara menghilangkan dahak tenggorokan adalah dengan berolahraga. Sebenarnya tak hanya berfokus pada dahak, sih. Dengan olahraga teratur, maka lendir yang ada di seluruh tubuh dapat dengan mudah tereliminasi, sehingga aktivitas tubuh menjadi semakin lancar.

Jangan bingung untuk memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kesenangan Anda. Terdapat banyak sekali contoh berupa video yang dapat Anda tonton di berbagai platform, seperti YouTube misalnya. Beberapa contoh workout dengan durasi pendek yang mampu menghasilkan keringat dalam jumlah banyak. Jadi, tak perlu bingung tentang cara menghilangkan dahak tenggorokan lagi, ya!

3. Lakukan Teknik Pemijatan Sederhana

Sulitnya dahak keluar dari tenggorokan biasanya disebabkan oleh kondisi lendir yang terlalu kental. Selain usaha penanganan dari dalam tubuh, perlu juga perlakuan dari luar untuk mendukung cara mengeluarkan dahak secara cepat. Tips ini akan sangat sederhana dan mudah untuk dipraktikkan. Bagi Anda yang saat ini sedang berjuang menghadapi keluhan pernapasan, seperti batuk berdahak yang menyebabkan sakit tenggorokan, coba lakukan ini.

Posisikan tubuh Anda pada keadaan rileks, lebih baik duduk dan menghadap lurus ke depan. Ambil napas dalam – dalam dari hidung, kemudian keluarkan dari mulut secara perlahan. Ulangi hal tersebut sebanyak tiga kali. Selanjutnya tekan lekukan yang berada pada pangkal leher, letaknya di antara tulang yang berada di atas dada. Setelah ditekan, batukkan saja beserta lendir yang ada. Lakukan hingga tenggorokan Anda terasa lega.

4. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Masih terhubung dengan teknik sebelumnya, jangan lupa untuk minum air putih secukupnya agar tenggorokan tidak terasa kering setelah pengeluaran dahak. Mengkonsumsi air putih juga menjadi salah satu cara menghilangkan dahak tenggorokan. Kok bisa? Jadi, lendir pada saluran napas yang terlalu kental menjadikannya terperangkap dan sulit untuk keluar dari tubuh.

Air putih berperan mengencerkan dahak kental tersebut. Selain air putih murni, Anda dapat juga menambahkan beberapa bahan yang bersifat hangat seperti daun mint untuk memberikan efek tenang pada tenggorokan. Sekalipun Anda tidak sedang mengalami sakit tenggorokan akibat batuk berdahak, konsumsi air putih tetap harus dirutinkan, ya! Supaya Anda tetap fit dan tidak lagi mudah mengalami keluhan serupa.

5. Lakukan Gurgling dengan Air Garam

Pernahkah mendengar istilah gurgling? Gurgling berarti ‘berkumur’ jika diartikan ke dalam BahasAnda a Indonesia. Namun demikian, teknik yang dilakukan berbeda dengan berkumur seperti saat Anda menggosok gigi. Gurgling ini dilakukan di pangkal lidah yang merupakan jalur menuju tenggorokan. Teknik ini dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan dahak tenggorokan secara alami, loh.

Anda hanya perlu menyiapkan air garam hangat secukupnya, sekitar 50 ml saja sudah okay. Masukkan satu teguk ke mulut Anda, namun jangan ditelan. Tempatkan air garam tersebut ke pangkal mulut dan tengadahkan kepala Anda, lalu dorong menggunakan napas dari tenggorokan. Bunyi yang ditimbulkan akan seperti ‘gluguk – gluguk’. Ketika dirasa cukup, buang air ronde pertama dengan air garam yang baru.

6. Gunakan Minyak Gosok atau Minyak Kayu Putih

Satu lagi tips yang dapat diaplikasikan di luar tubuh adalah penggunaan minyak tertentu yang mampu menimbulkan sensasi hangat. Minyak gosok atau minyak kayu putih dapat Anda gunakan untuk membantu cara menghilangkan dahak tenggorokan. Silakan balurkan minyak ke bagian leher dan area sekitarnya untuk memberikan rasa hangat dan ketenangan, sehingga mengurangi rasa tidak nyaman akibat dahak di tenggorokan.

7. Ciptakan Ruangan yang Lembab

Selain faktor makanan yang dikonsumsi, lingkungan juga ikut berperan sebagai penyebab dahak yang tak jarang berujung pada keluhan sakit tenggorokan. Semakin kering udara yang dihirup, maka potensi menggumpalnya dahak akan semakin besar pula. Hal inilah yang mendasari pentingnya cara mengatasi dahak tenggorokan jika Anda mengalami permasalahan seperti yang disebutkan sebelumnya.

Sebaiknya ciptakan ruangan yang lembab demi mengencerkan dahak di saluran pernapasan. Anda dapat memanfaatkan alat berupa humidifier dalam ruangan, tak lupa berikan beberapa tetes minyak aromaterapi untuk harum yang menenangkan. Cara menghilangkan dahak tenggorokan ini cukup mudah, bukan? Anda dapat menikmati pengobatan menyenangkan ini dengan tetap berasa di dalam ruangan yang nyaman.

8. Mandi menggunakan Air Hangat

Perlakuan dari luar tubuh lainnya sebagai upaya cara menghilangkan dahak tenggorokan adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Air hangat dikenal mampu memberikan efek relaksasi pada tubuh yang lelah. Selain itu, mengatasi berbagai gangguan tidur dan insomnia juga dapat Anda peroleh ketika mandi menggunakan air hangat. Meredakan stres dan memicu hormon kebahagiaan termasuk pula dalam beberapa manfaat air hangat.

Nah, Anda kini dapat mencoba mandi menggunakan air hangat untuk mengencerkan dahak yang mengental di tenggorokan. Uap yang timbul dari air hangat ini perannya hampir sama dengan humidifier, sehingga dahak akan lebih mudah keluar dari tubuh. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan mulut, ya! Agar tidak mengundang kuman jahat yang mungkin mampu menimbulkan dampak lain yang lebih buruk.

Itulah cara menghilangkan dahak tenggorokan yang efektif dan ampuh untuk mengeluarkan dahak. Selamat mencoba dan Terima kasih.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *