11 Cara Menghilangkan Dahak Di Tenggorokan Yang Ampuh, Wajib Tahu!

sumbersehat.com – Cara menghilangkan dahak di tenggorokan, ada banyak ragam. Dahak yang menyumbat tenggorokan memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Biasanya dahak menjadi sebuah tanda bahwa jika tenggorokan atau saluran pernapasan sedang mengalami peradangan. Peradangan ini bisa dipicu karena berbagai penyakit.

Karenanya cara terbaik untuk mengatasi dahak berlebih adalah dengan menentukan penyebabnya lalu mencari solusi medisnya. Dahak sendiri sebenarnya berfungsi untuk menangkap debu, allergen, dan virus agar tidak dapat masuk ke saluran pernapasan. Itulah sebabnya dahak memiliki karakteristik kental dan sulit dihilangkan.

cara menghilangkan dahak di tenggorokan
cara menghilangkan dahak di tenggorokan

Kondisi Penyebab Dahak di Tenggorokan

Beberapa kondisi dapat menyebabkan produksi lendir dalam hidung berlebih yang akhirnya turun dan menumpuk menjadi dahak di tenggorokan. Beberapa kondisi medis berikut dapat menyebabkan dahak berlebih. Misalnya, pilek, flu, alergi, infeksi sinus atau sinusitis, infeksi saluran pernapasan dan lain sebagainya.

Meminum obat pengencer dahak menjadi salah satu cara tercepat untuk menghilangkan dahak. Namun jika anda tidak suka meminum obat pengencer dahak, anda dapat menggunakan cara menghilangkan dahak di tenggorokan dengan cepat dan alami berikut ini!

Inilah Cara Mengatasi Dahak Di Tenggorokan

Adapun cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang perlu Anda ketahui adalah:

1. Menghirup Uap Air panas

Salah satu cara mengatasi dahak di tenggorokan dan melegakan pernapasan yaitu dengan menghirup uap air panas. Caranya cukup mudah. Anda perlu menyiapkan baskom, air panas,dan handuk. Tutupkan handuk di kepala, lalu dekatkan wajah ke permukaan air panas tersebut, lalu hirup uapnya.

2. Perbanyak minum cairan

Memperbanyak minum cairan, terutama air hangat merupakan cara menghilangkn dahak di tenggorokan dengan cepat dan alami lainnya. Cairan dapat membantu mengencerkan juga meluruhkan dahak yang menyangkut dan melonggarkan pernapasan. Anda juga bisa memakan makanan berkuah hangat untuk melancarkan dahak agar keluar. Namun sebaiknya hindari makanan yang berbumbu terlalu kuat. Anda bisa mengonsumsi sup ayam, ramuan herbal, teh hijau, juga jus lemon hangat.

3. Berkumur dengan air garam

Cara menghilangkan dahak di tenggorokan selanjutnya adalah dengan berkumur air garam. Dengan menggunakan cara ini anda dapat mengeluarkan dahak yang mengganggu. Berkumur dengan air garam bahkan dapat membunuh kuman dan meredakan radang tenggorokan.

Anda juga bisa meminum larutan campuran segelas air hangat dengan 2-3 sendok teh garam. Meminum larutan garam ini bertujuan untuk mengeringkan bagian belakang tenggorokan agar dahak menjadi encer dan mudah dikeluarkan. Anda bisa mencoba cara ini 2-3 kali dalam sehari.

4. Makan makanan pedas

Ternyata makanan pedas merupakan cara menghilangkan dahak dari tenggorokan dengan cepat dan alami. Capsaicin yang terkandung dalam makanan pedas dan biasanya ditemukan dalam cabai ini dapat membantu dahak dan membersihkan sinus. Tentunya cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang satu ini menjadi cara favorit untuk anda para pecinta kuliner pedas. Tapi ingat jangan berlebihan. Karena cara ini hanya dapat membantu mengatasi dahak yang mengganggu untuk sementara waktu saja.

5. Membuat minuman madu dan lemon

Biasanya dahak muncul karena dipicu oleh batuk dan radang tenggorokan. Untuk itu anda bisa mencoba cara menghilangkan dahak di tenggorokan dengan cepat dan alami yang satu ini. Campurkan madu, lemon, dengan air hangat.

Madu sendiri dikenal memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan juga anti bakteri. Sedangkan lemon yang telah melalui proses pencernaan memiliki efek basa untuk jaringan tubuh. Oleh karena itu minuman ini bersifat antibiotik yang dapat mencegah iritasi dan penumpukan dahak di tenggorokan.

6. Membuat minuman jahe dan kunyit

Cara menghilangkan dahak di tenggorokan selanjutnya adalah dengan membuat minuman jahe dan kunyit. Jahe sejak lama dikenal sebagai dekongestan alami dan cenderung mudah untuk ditemukan dimana saja. Sedangkan kunyit merupakan antiseptik alami yang bisa melawan bakteri jahat.

Cara membuat minuman jahe dan kunyit ini cukup mudah, anda hanya perlu mencampurkan potongan jahe dan kunyit ke dalam minuman hangat atau teh hangat. Agar rasanya lebih enak, anda dapat menambahkan madu.

7. Menjaga kelembaban ruangan

Udara yang lembab dapat membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahak dengan cepat. Untuk membuat udara di ruangan anda menjadi lebih lembab, anda perlu menggunakan humidifier atau alat pelembab ruangan dan mencampurkan beberapa tetes essential oil di dalamnya.

Anda bisa menggunakan essential oil dengan aroma peppermint atau jahe. Cara menghilangkan dahak di tenggorokan dengan cepat dan alami ini cukup praktis bukan? Anda bisa menyalakan humidifier sepanjang waktu. Tapi jangan lupa mengisi air dan membersihkan humidifier anda sesuai petunjuknya ya.

8. Menggunakan minyak kayu putih

Cara menghilangkan dahak di tenggorokan selanjutnya cukup simpel, yaitu dengan menggunakan minyak kayu putih. Sejak dulu minyak kayu putih terkenal ampuh untuk mencairkan dan mengeluarkan dahak yang berlebihan di tenggorokan juga daerah sekitar dada. Menggunakan minyak kayu putih sekaligus dapat meredakan batuk anda. Caranya, anda bisa mengoleskan minyak kayu putih di tenggorokan, sekitar dada, dan punggung. Bisa juga dengan cara diteteskan di air panas dan menghirup uapnya.

9. Menggunakan bawang

Cara menghilangkan dahak di tenggorokan berikutnya adalah dengan menggunakan bawang. Bawang merupakan salah satu pengencer dahak alami yang dapat bekerja sebagai ekspektoran di dalam tubuh. Bumbu dapur ini mengandung senyawa iritasi yang dapat merangsang keluarnya dahak.

Anda bisa menambahkan bawang pada setiap masakan anda. Atau bisa juga dengan meletakkan beberapa siung bawang di ruangan anda. Bawang-bawang ini nantinya dapat menyerap bakteri penyebab flu dan batuk. Bagaimana? Cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang satu ini sangat mudah bukan?

10. Menggunakan lobak

Lobak dapat membantu melegakan tenggorokan yang tersumbat akibat dahak , mengatasi radang tenggorokan juga menyembuhkan flu dan batuk. Cara menghilangkan dahak di tenggorokan ini juga sangat mudah dan anti repot. Cukup dengan menambahkan lobak ke dalam sup hangat anda.

11. Menggunakan daun mint

Cara menghilangkan dahak di tenggorokan dengan cepat dan alami yang terakhir adalah dengan menggunakan daun mint. Daun mint dikenal memiliki kandungan dekongestan aromatik alami atau atau biasa disebut juga dengan mentol yang juga berfungsi untuk mengencerkan dahak. Selain itu, daun mint juga memiliki efek mendinginkan yang dapat meredakan sakit tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, anda cukup mencampurkan daun mint ke dalam minuman hangat dan meminumnya.

Itu dia ulasan mengenai 11 cara menghilangkan dahak di tenggorokan dengan cepat dan alami. Sebagai tambahan anda juga dapat melakukan beberapa hal berikut. Seperti menjaga kebersihan lingkungan rumah, tidur dengan posisi kepala lebih tinggi, atau mandi dengan air hangat.

Jika dahak anda tetap tidak bisa dikeluarkan meski telah melakukan cara-cara di atas, sebaiknya anda meminum obat pengencer dahak atau mengkonsultasikannya secara langsung kepada dokter. Dokter tentu akan membantu anda dalam mendiagnosis penyebab penumpukan dahak dan menanganinya dengan tepat. Simak terus informasi kesehatan terkini hanya di sumbersehat.com.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *