8 Cara Menghilangkan Bruntusan Alami dan Rekomendasi Skincare Terampuh

sumbersehat.com – Cara menghilangkan bruntusan tentu bukanlah sesuatu yang asing dilakukan oleh kaum hawa. Karena setiap wanita pasti pernah mengalami masalah pada kulit wajah, terutama jerawat dan bruntusan di area T-zone (area hidung sampai dekat mata), dahi, atau bahkan pipi. Namun, ternyata bruntusan tak hanya tumbuh di area sekitar wajah saja, beberapa kondisi bruntusan ternyata juga sering menjangkiti punggung.

Masyarakat Indonesia sendiri seringkali salah mengartikan jerawat dan bruntusan, padahal keduanya memiliki perbedaan yang mencolok. Apabila jerawat memiliki berbagai bentuk dan umumnya seperti tonjolan yang mengandung cairan nanah atau darah, bruntusan sendiri lebih menyerupai bintik-bintik yang menyebabkan wajah tidak rata. Seperti apa cara menghilangkan bruntusan? Simak yuk penjelasannya!

cara menghilangkan bruntusan
cara menghilangkan bruntusan

Penyebab Bruntusan

Sebelum masuk mengenai pembahasan cara menghilangkan bruntusan, ada baiknya anda mengetahui sebab-sebab mengapa bruntusan bisa terjadi. Secara garis besar terdapat 2 penyebab yang membuat bruntusan mampir ke wajah anda. Pertama, adalah faktor eksternal, sementara yang kedua yaitu faktor internal.

– Hormon

Penyebab bruntusan yang pertama adalah hormon yang secara alamiah sedang meningkat, khususnya pada kaum hawa saat datang bulan atau menstruasi, ketika hormon mengalami perubahan yang tidak menentu. Hal inilah yang mengakibatkan timbulnya jerawat sampai bruntusan di sekitar wajah anda.

– Stress

Jangan remehkan stress sebagai gangguan kesehatan yang sederhana. Apabila anda terus-menerus membiarkan tubuh anda kelelahan, terlebih tanpa mengistirahatkan otak anda sama sekali maka jangan salahkan bruntusan yang mampir tanpa diundang. Banyak pikiran atau perasaan tertekan akan mengundang hormon tertentu yang menyebabkan bruntusan atau jerawat seringkali mampir.

– Reaksi obat tertentu

Pernahkah anda mengalami bintik kemerahan pada kulit setelah mengonsumsi beberapa obat tertentu? Hal itu disinyalir sebagai reaksi tubuh atas ketidakcocokkan suatu obat yang diaplikasikan. Maka hal serupa dapat terjadi dalam bentuk bruntusan atau jerawat saat anda mengonsumsi obat tertentu yang tidak sesuai. Cara menghilangkan bruntusan yang dikarenakan hal ini adalah dengan menghentikan konsumsi obat-obatan tersebut segera.

– Alergi skincare atau kosmetik

Selanjutnya, bila anda pernah mendengar beberapa kandungan seperti alkohol atau pewarna pada blush on dan pembersih wajah anda, sementara kulit anda tergolong sebagai jenis kulit sensitif maka bersiap-siap saja. Pasukan jerawat dan bruntusan tak akan segan mampir ke wajah anda karena ketidakcocokkan pada kulit wajah. Terlebih lagi apabila kuas atau beberapa alat kosmetik anda jarang sekali dibersihkan, maka wajar jika bruntusan mampir terbawa oleh alat-alat kosmetik yang anda miliki.

– Makanan yang tidak sehat

Kandungan kalori berlebih pada suatu makanan, khususnya junk food juga dapat menimbulkan jerawat atau bruntusan pada wajah anda. Tak hanya junk food, bila anda memiliki pola hidup yang tidak sehat pun dapat menimbulkan bruntusan, jerawat, sampai beragam masalah kulit lainnya.

Inilah Cara menghilangkan bruntusan Alami

Ada beberapa cara mengatasi bruntusan dengan mudah dan cepat yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Langkahnya meliputi:

1. Masker teh hijau

Sudah menjadi rahasia umum bahwa teh hijau mampu membantu mengurangi peradangan pada jerawat atau bruntusan sampai mengurangi lemak jahat pada tubuh manusia. Ada banyak masker atau skincare yang memiliki kandungan teh hijau. Jika anda ingin membuat masker teh hijau sendiri, maka bahan yang anda perlukan cukup bubuk teh hijau. Caranya: bersihkan wajah anda dan aplikasikan bubuk teh hijau ke wajah, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas.

2. Lemon

Cara menghilangkan bruntusan yang paling umum dilakukan adalah menggunakan lemon. Sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin C, lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan berguna untuk mencerahkan wajah. Bahkan seiring majunya teknologi, juga terdapat beberapa sabun khusus berbahan dasar lemon. Tips bagi anda yang hendak menghilangkan bruntusan menggunakan lemon. berikut ini beberapa langkah yang dapat diikuti:

  • Siapkan lemon yang telah dicuci bersih di bawah air mengalir.
  • Belah lemon menjadi 2 bagian. Kemudian, ambil sebutir telur.
  • Pisahkan putih telur dari bagian kuningnya
  • Campurkan perasan air lemon ke dalam putih telur
  • Aduk hingga merata
  • Aplikasikan ke wajah yang telah dibersihkan. Diamkan selama 15 menit.
  • Langkah terakhir, bilas wajah anda sampai bersih.

3. Tomat

Buah berwarna merah ini termasuk ke jajaran buah yang ampuh menghilangkan bruntusan sampai jerawat yang membandel. Tomat tak hanya bermanfaat untuk kesehatan kulit, melainkan vitamin A di dalam tomat juga berperan dalam mengatasi mata minus. Berikut adalah cara menghilangkan bruntusan menggunakan tomat:

  • Cuci bersih tomat di bawah air mengalir.
  • Haluskan tomat sampai benar-benar halus. Anda tak perlu menambahkan air karena tomat memiliki kandungan air yang cukup tinggi.
  • Gunakan tomat yang telah dihaluskan sebagai masker.
  • Diamkan selama 15 menit atau sampai mengering.
  • Bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

Anda juga dapat menggunakan irisan tomat langsung dan meletakkannya di beberapa tempat yang penuh dengan bruntusan.

4. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung vitamin E, sehingga bisa menjadi cara mengatasi bruntusan yang tepat. Kandungannya itu baik untuk kesehatan kulit dan menjaga fleksibilitas kulit anda. Lidah buaya dapat anda temukan dengan mudah di sekitar rumah, sehingga alternatif ini sangat cocok bagi anda yang enggan ribet dalam mengatasi bruntusan secara alami. Berikut langkah-langkahnya:

  • Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membersihkan lidah buaya dari getah maupun kotoran lainnya. Pastikan lidah buaya benar-benar bersih.
  • Selanjutnya pisahkan gel dari lidah buaya dengan kulit luarnya.
  • Cuci kembali sampai bersih.
  • Kemudian, aplikasikan gel lidah buaya secara langsung atau anda dapat menghaluskannya terlebih dahulu menggunakan blender.
  • Setelah itu, aplikasikan langsung ke wajah anda dan diamkan selama 15 menit.

Penggunaan lidah buaya memang lazim dijumpai di era kini. Terlebih lagi kini telah tersedia berbagai jenis masker sampai pelembab wajah yang mengandung lidah buaya.

5. Oatmeal

Cara menghilangkan bruntusan yang terakhir adalah menggunakan oatmeal. Kandungan oatmeal efektif mengatasi iritasi pada wajah sekaligus menghaluskan bagian wajah anda. Caranya pun mudah, cukup menggunakan oatmeal yang anda campurkan dengan air hangat. Pastikan oatmeal tetap mengental dan aplikasikan ke wajah anda langsung. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas sampai bersih.

Skincare menghilangkan bruntusan

Setelah anda mengetahui beberapa cara menghilangkan bruntusan secara alami, maka anda juga perlu tahu beberapa rekomendasi skincare yang terbukti ampuh menghilangkan bruntusan hanya dalam beberapa hari saja.

1. Cetaphil

Merek pertama adalah cetaphil yang sudah tak asing bagi remaja Indonesia. Khususnya sabun cuci wajahnya yang sangat baik bagi kulit sensitif maupun berjerawat atau bruntusan.

2. Avoskin

Selanjutnya, adalah merk lokal yang belakangan melejit dengan kandungan serumnya yang disinyalir sebagai cara menghilangkan bruntusan secara cepat.

3. Dear Me

Terakhir, merk lokal dengan kualitas internasional, yakni Dear Me. Pelembab yang dimiliki Dear Me mampu secara efektif meredam bruntusan yang ada di wajah anda hanya dalam waktu 5 hari saja.

Nah, di atas adalah beberapa cara menghilangkan bruntusan secara alami sampai rekomendasi skincare menghilangkan bruntusan terampuh yang wajib anda coba. Jangan lupa untuk melakukan perawatan secara berkelanjutan setelahnya, ya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

Manfaat baby cream untuk kecantikan

11 Manfaat Baby cream untuk Kecantikan yang Harus Diketahui

sumbersehat.com – Adanya manfaat baby cream untuk kecantikan membuat sebagian perempuan beralih menggunakan baby cream.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *