Ketahui 5 Cara Menghilangkan Benjolan di Kepala Belakang Sendiri di Rumah

By

Sumbersehat.com – Cara menghilangkan benjolan di kepala belakang dapat diupayakan sendiri di rumah jika memang bukan tanda penyakit berbahaya. Munculnya benjolan di kepala belakang, bisa membuat khawatir dan cemas.

Benjolan pada kepala bagian belakang disebabkan oleh macam-macam alasan. Mulai dari dampak benturan, kecelakaan, infeksi pada folikel rambut hingga penyakit lipoma dan kista. Tidak heran jika Ada yang takut dan khawatir dengan benjolan tersebut. Berikut cara cara menghilangkan benjolan di kepala belakang dengan mudah!

Inilah Cara Menghilangkan Benjolan di Kepala Belakang

Ada beberapa cara mengobati benjolan di kepala yang bisa anda terapkan sendiri di rumah, meliputi:

Berhenti Menyentuh Benjolan

Cara menghilangkan benjolang di kepala belakang yang pertama adalah jangan menyentuh benjolan. Jangan memegang benjolan sebelum memastikan tangan Anda bersih. Meskipun Anda tidak melakukan suatu kegiatan apapun, Anda tetap harus waspada terhadap bakteri yang bisa saja ada pada tangan.

Baca juga : Pengertian, Penyebab dan Ciri-Ciri GERD Kambuh!

Lebih baik membiarkan benjolan tanpa sentuhan tangan Anda hingga sembuh. Tangan yang menyentuh benjolan berpotensi meningkatkan infeksi dan peradangan akibat adanya penekanan. Menyentuh benjolan juga dapat membawa bakteri dari tangan ke permukaan benjolan.

Apabila kulit tergores, bakteri menginfeksi benjolan dan memperburuk kodisi kesehatan Anda. Oleh karena itu, apabila tidak ada kepentingan seperti pemeriksaan dan mandi, lebih baik tidak menyentuh benjolan. 

Kompres dengan Air Dingin

Anda bisa mempraktekkan cara mengobati benjolan di kepala belakang dengan kompres air dingin. Bungkus es batu dengan handuk bersih dan tipis, selanjutnya templekan pada benjolan selama 15 sampai 20 menit.  

Anda bisa ulangi kembali dengan menggunakan handuk lain agar tidak ada kontaminasi bakteri dari handuk yang sudah terpakai tadi. Apabila benjolan pada kepala belakang Anda terasa nyeri, kompres dengan menggunakan air hangat.

Rendam handuk bersih di dalam air hangat atau panas dan tempelkan pada benjolan. Lakukan berulang dengan menggunakan handuk yang berbeda juga seperti saat kompres dengan es.  

Konsumsi Makanan Bergizi

Saat benjolan muncul, tentu saja kekebalan tubuh Anda terpengaruh. Dalam kondisi seperti ini, bakteri dan kuman sangat mudah menginfeksi hingga menyebabkan penyakit. Agar sistem kekebalan tubuh terjaga, konsumsi makanan bergizi secara lengkap. Cara menghilangkan benjolan di kepala belakang ini sering dilupakan.

Konsumsi makanan segar seperti sayur, buah, umbi-umbian-kacang-kacangan, dan susu. Selain menjaga sistem kekebalan tubuh, mengkonsumsi makanan bergizi juga berfungi dalam mempercepat penyembuhan. Makan secara teratur dan minum air putih minimal 2 liter agar semakin sehat.

Istirahat dengan Cukup

Selanjutnya, cara mengobati benjolan di kepala adalah dengan istirahat selama 7 sampai 8 jam secara teratur. Langkah ini membuat sistem kekebalan tubuh Anda naik. Dampaknya, tubuh Anda mampu memberikan perlawanan yang baik pada bakteri dan kuman penyebab penyakit.

Sebaliknya, apabila Anda mengabaikan waktu istirahat ini, kondisi tubuh Anda semakin lemah dan gampang sakit. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk menghabiskan waktu istirahat Anda dengan kegiatan lain. Fokus terhadap kesembuhan Anda terlebih dahulu dalam beberapa hari.

Baca juga : Jangan Panik, Begini 7 Cara Mengobati Masuk Angin pada Bayi

Saat istiarahat juga membuat tangan Anda tidak menyentuh benjolan sehingga tidak terjadi infeksi. Dengan demikian, proses pemulihan benjolan bisa berjalan cepat hingga sembuh.

Aplikasikan Bawang Merah

Anda pasti punya bawang merah di rumah, nah gunakanlah sebagai cara menghilangkan benjolan di kepala bagian belakang. Bawang merah memiliki sifat anti bakteri dan anti kanker yang dapat membantu mengatasi benjolan di kepala anda.

Caranya, cukup haluskan bawang merah secukupnya. Lalu, terapkan di bagian benjolan anda secara merata dan diamkan selama beberapa saat. Jika sudah mengering, maka ambil bawang dan bilas dengan air bersih. Atau bisa gunakan lap dengan air hangat untuk membasuhnya.

Nah, itulah 5 cara menghilangkan benjolan di kepala belakang secara mandiri di rumah. Sebenarnya, masih banyak bahan alami lainnya yang bisa anda gunakan untuk pengobatan benjolan. Namun, bila benjolan masih ada dan menimbulkan gejala-gejala yang mengganggu, segera konsultasi kepada dokter.

Jangan abaikan benjolan di kepala, leher dan area di dekatnya karena bisa saja itu penyakit serius. Anda perlu melakukan pengecekan kesehatan secara rutin bila sudah mengalaminya.

Tinggalkan komentar