11 Cara Menghilangkan Bekas Luka Paling Ampuh Tapi paling Mudah

Salah satu  cara menghilangkan bekas luka yang banyak dilakukan orang adalah dengan menggunakan obat-obatan hingga perawatan dokter spesialis kulit yang mahal. Padahal sebenarnya ada banyak cara alami yang bisa digunakan tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Namun hasilnya tidak akan kalah daripada menggunakan obat dan perawatan dokter.

Hanya saja, cara yang alami kerap membutuhkan waktu yang lebih lama dan usaha yang lebih keras ketimbang pakai dokter.  Nah khusus buat kamu yang memiliki dana terbatas dan ingin menghilangkan bekas  luka, berikut ini adalah 10 cara yang bisa kamu gunakan.

1. Kompres dengan Air Hangat

Mengompres luka dengan menggunakan air hangat dapat  dengan baik menghilangkan bekas luka  degan efektif. Air hangat akan membantu melancarkan peredaran darah pada bekas luka. Apabila aliran darah meningkat, maka pasokan oksigen juga akan bertambah.

Jika oksigen dalam darah mengalir dengan baik ke bekas luka maka akan membuat bekas luka tersebut sembuh lebih cepat dan tidak meninggalkan bopeng atau bekas hitam pada area kulit. Lakukan cara ini dengan rutin dan berkala.

2. Perbanyak Konsumsi Vitamin E

Vitamin E adalah salah satu zat paling dibutuhkan oleh kulit. Vitamin E dapat meningkatkan regenerasi kulit dengan cepat. Mengkonsumsi vitamin E dapat dengan baik meningkatkan kecerahan kulit dan memperbaiki struktur  kulit.

Bekas luka akan dapat hilang dengan baik jika diatasi dengan menggunakan vitamin E. Vitamin E ini tidak harus selalu anda dapatkan dari obat-obatan yang ada di apotek saja, melainkan juga dari jenis yang lainnya. Salah satunya bisa dari makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan juga sayuran hijau.

3. Gunakan Air Kelapa

Salah satu cara menghilangkan bekas luka secara alami yang bagus  digunakan adalah dengan menggunakan air kelapa. Dalam air kelapa terdapat beragam mineral dan vitamin yang berguna dan sangat bagus digunakan untuk menghilangkan bekas luka hitam.

Air kelapa memiliki  kandungan vitamin C, serat, protein, magnesium, dan kalium. Vitamin C dalam air kelapa inilah yang bagus digunakan untuk menghilangkan bekas luka di kulit dengan mudah. Caranya sangat sederhana, kamu hanya cukup membasuh bekas luka dengan menggunakan air kelapa secara rutin.

4. Gunakan Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu jenis minuman paling populer. Bukan hanya karena memiliki cita rasa khas, melainkan juga manfaatnya yang sangat luar biasa bagi kesehatan. Teh hijau memiliki kandungan Eppigalocatechin Galatte yang merupakan salah satu zat anti oksidan, anti bakteri dan juga anti inflamasi.

Selain bermanfaat bagi tubuh, teh hijau juga bagus untuk  kulit. Salah satu manfaat hebat yang dimiliki teh hijau adalah dapat menghilangkan bekas luka dengan baik. Cara penggunaannya pun juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menggunakan ampas teh hijau ini dan menggosokkannya ke area bekas luka di tubuh. Lakukan dengan rutin dan berkala, maka secara perlahan bekas luka akan hilang.

5. Minyak Zaitun

Salah satu jenis minyak paling ternama di dunia adalah minyak zaitun. Minyak ini merupakan salah satu jenis minyak yang berasal dari buah zaitun. Bagi orang muslim buah ini adalah yang paling berharga dari jenis buah lainnya. Buah zaitun memiliki banyak sekali kandungan vitamin yang bagus bagi tubuh.

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin K dan vitamin E yang sangat bagus untuk kulit. Disamping itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan anti oksidan dan asam tinggi yang sangat bagus apabila digunakan untuk mengatasi bekas luka. Bahkan zat linoleic acid nya dapat menyamarkan noda hitam bekas  luka di kulit dengan cepat.

6. Mentimun

Salah satu cara menghilangkan bekas luka lain yang paling mudah dan alami adalah dengan timun. Timun merupakan salah satu jenis makanan sayur yang paling terkenal di dalam dunia kecantikan. Timun kerap kali dijadikan sebagai masker wajah. Namun apakah kamu tahu bahwa timun juga memiliki khasiat lain, salah satunya adalah dapat menghilangkan bekas luka dengan baik.

Bahkan bagi para penderita kulit sensitif sekalipun, timun masih aman untuk digunakan. Timun dapat mencerahkan dan menghilangkan bekas luka dengan baik. Cukup digunakan sebagai masker  pada bekas luka secara rutin. Maka bekas luka akan hilang  dengan baik.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu jenis tanaman yang sangat bagus digunakan untuk kulit. Bahkan beberapa jenis produk kecantikan menggunakan tanaman lidah buaya sebagai bahan dasar produk  mereka. Lidah buaya memiliki kandungan anti inflamasi tinggi yang dapat mengurangi iritasi dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Ini sangat  bagus digunakan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit. Lidah buaya akan membantu mengangkat sel kulit mati dan membantu mencerahkan kulit bekas luka. Kulit bekas akan meregenerasi dan memunculkan kulit baru. Kamu cukup oleskan daging lidah buaya pada area bekas luka di kulit secara ruti.n

8. Bawang Merah

Selai menggunakan lidah buaya, cara menghilangkan bekas luka lainnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan bawang merah. Sama halnya seperti lidah buaya, bawang merah juga memiliki anti inflamsi tinggi yang bisa mengangkat sel kulit mati dengan baik.

Bawang merah mampu meregenerasi kulit dan menghilangkah bekas luka hitam pada kulit dengan baik. Cara penggunaan bawang merah untuk menghilangkan bekas luka ini sangat mudah. Cukup jadikan bawang merah sebagai masker pada area bekas luka  secara rutin.

9. Madu

Madu memang terkenal akan manfaatnya, bukan hanya bagi kesehatan organ dalam tubuh, bagi tubuh bagian luar, madu juga sangat bagus lho, salah satunya untuk kulit. Madu memiliki kandungan anti oksidan tinggi dan bahan-bahan lainnya yang bagus bagi kulit.

Jika kamu memiliki bekas luka pada area kulit baik di wajah, tangan, kaki ataupun tempat lainnya, kamu bisa gunakan madu untuk menghilangkannya. Madu mampu meregenerasi kulit dan menghilangkan bopeng hitam bekas luka. Kulit akan kembali muda dan cerah seperti sediakala.

10. Perasan Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah jenis tanaman buah yang memiliki banyak manfaat selain rasanya yang enak. Dibalik rasa asamnya terkandung vitamin C yang cukup tinggi. Disamping itu, jeruk nipis juga memiliki kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang bagus untuk kulit.

AHA dapat mengangkat sel-sel kulit dengan baik dan dapat meregenerasi kulit secara alami serta mengembalikan elastisitas kulit. Kulit bekas luka akan kembali pudar dan hilang seperti sediakala dalam waktu yang relatif lebih singkat.

11. Mengkudu

Walau sering  dianggap sepele, buah mengkudu ternyata memiliki banyak khasiat. Buah mengkudu memiliki anti oksidan tinggi yang bagus bagi tubuh. Jika anda memiliki bekas luka maka bekas luka bisa kamu atasi dengan menggunakan buah mengkudu.

Cara menghilangkan bekas luka dengan buah mengkudu ini cukup mudah kok. Kamu cukup haluskan buah mengkudunya, lalu kamu oleskan pada area bekas luka.  Lakukan secara rutin hingga bekas luka hilang.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

cara menghilangkan tahi lalat

12 Cara Menghilangkan Tahi Lalat yang Ampuh, Harus Dicoba!

sumbersehat.com – Cara menghilangkan tahi lalat pasti banyak dicari karena tahi lalat beresiko untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *