Anti Ribet! 8 Cara Menghilangkan Bau Mulut Alami Dalam Sekejap

Bau mulut adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat mengganggu. Walau bukan merupakan jenis penyakit yang berbahaya, bau mulut membuat banyak orang kehilangan rasa percaya dirinya. Apalagi bagi mereka yang bekerja selalu berhadapan dengan orang lain. Cara menghilangkan bau mulut paling sederhana biasanya adalah dengan menyikat gigi, namun itu tidak permanen dan bisa datang kembali.

Untungnya ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut dengan mudah dan cepat. Bahkan cara yang bisa digunakan ini terbilang sederhana namun ampuh untuk hilangkan bau mulut.

Mengapa Mulut Bau Busuk?

Hakikatnya, jika mulut sering dibersihkan maka mulut tidak akan bau. Tapi fakta nya tidak demikian, masih ada banyak orang yang mengalami masalah bau mulut walau mereka sudah membersihkan nya. Hal ini ternyata ada kaitannya dengan penyakit yang diderita orang tersebut. Adapun beragam jenis penyakit yang mengakibatkan bau mulut, diantaranya adalah:

Sakit ginjal

Jika bau mulut yang kamu alami seperti bau kencing atau berbau amis, maka itu bisa dipastikan bahwa bau mulut kamu disebabkan oleh gangguan ginjal di tubuh kamu. Kemungkinan ginjal kamu mengalami kerusakan. Jika  ginjal rusak, maka  racun dan zat sisa metabolisme tubuh tidak akan dibuang melalui urine, melainkan akan menumpuk dan menyebar ke seluruh tubuh salah satunya melalui mulut.

Sakit Diabetes

Faktor lain yang menyebabkan bau mulut adalah diabetes. Orang yang menderita diabetes bisa mengalami bau mulut dikarenakan jumlah insulin yang tidak cukup untuk mengambil gula darah sebagai sumber energi. Sehingga tubuh akan membakar lemak sebagi gantinya, dan inilah yang menimbulkan bau mulut kamu.

Menderita Asam lambung

Jika bau mulut yang kamu alami berbau seperti kotoran, bisa jadi salah satu faktor penyebabnya adalah karena kamu menderita penyakit asam lambung. Hal ini dikarenakan asam lambung kamu naik ke  kerongkongan dan menimbulkan bau yang tidak sedap di mulut.

Sinusitis

Bau mulut  karena sinusitis ini biasanya berbau seperti kotoran dan tidak enak banget. Faktor penyebabnya adalah lendir yang mengandung bakteri dari hidung akan turun ke tenggorokkan. Infeksi inilah yang menyebabkan mulut menjadi bau.

Gigi berlubang

Gigi berlubang cenderung akan menimbulkan bau busuk pada mulut. Hal ini karena sisa-sisa makanan nyangkut  di gigi yang berlubang dan mengalami pembusukan. Hal ini membuat mulut menjadi bau busuk seperti kotoran.

Tidak menggosok gigi dengan benar

Tidak menggosok gigi adalah sah satu faktor yang paling sering dialami oleh mayoritas  orang. Mulut yang kotor dan tidak terawat akan menimbulkan bau busuk. Sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dan sari makanannya akan mengalami pembusukan di mulut dan menimbulkan bau busuk.

Kekurangan cairan

Faktor terakhir yang bisa menyebabkan mulut bau adalah karena kurangnya cairan di mulut.  Kurangnya cairan akan membuat mulut  menjadi bau busuk. Salah satu contohnya adalah ketika sedang puasa.

Adakah Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Alami?

Bau mulut  disebabkan oleh banyak faktor, cara paling efektif untuk mengatasinya adalah dengan konsultasi langsung dengan dokter. Akan tetapi, sebelum melakukan konsultasi, kamu juga bisa kok atasi bau mulut secara mandiri di rumah dengan menggunakan bahan dan cara yang alami. Apa saja itu?

Banyak minum air putih

Salah saru faktor penyebab terjadinya bau mulut adalah karena mulut kekurangan cairan. Maka dari itu, kamu harus mencukupi kebutuhan cairannya. Minumlah dalam porsi yang cukup. Jika mulut selalu basah maka bau mulut akan hilang.

Air akan mencuci mulut kamu hingga  bersih dan tidak ada tersisa kotoran ataupun sisa-sisa makanan ada di gigi. Mulut yang selalu dialiri dengan air tidak akan menyebabkan terjadinya pembusukan sisa makanan di mulut. Sehingga mulut akan terus nampak segar dan tidak bau.

Makan apel

Cara menghilangkan bau mulut kedua adalah dengan makan apel. Makan buah yang mengandung vitamin C sangat disarankan untuk  menghilangkan bau mulut. Apel memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Mengkonsumsi buah apel juga dapat membersihkan dan menghilangkah sisa-sisa kotoran di mulut sehingga akan menjaga kebersihan mulut dengan baik.

Buah apel memiliki serat yang cukup bagus untuk mengikis kotoran pada sela-sela gigi. Sehingga gigi akan lebih sehat dan terawat.

Makan jeruk

Selain buah apel, jeruk adalah sumber vitamin C tertinggi yang juga bagus digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah bau mulut. Selain rasanya yang manis dan khas jeruk dapat menghilangkan bau mulut dengan efektif lho.

Sifat asam yang dimilikinya dapat membersihkan mulut dengan baik dan dapat menetralkan tingkat PH dalam mulut.  Bakteri penyebab bau mulut dapat teratasi dengan baik oleh jeruk yang di konsumsi.

Makan jambu

Cara menghilangkan bau mulut berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan makan buah jambu. Jambu adalah jenis buat yang paling mudah ditemukan. Bukan hanya di pasar,  di halaman rumah juga biasa bisa kita dapatkan buah jambu. Rasanya yang khas dan enak menjadi salah satu daya tariknya.

Selain itu, serat-serat pada jambu juga bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang ada pada sela-sela gigi. Sehingga akan merawat gigi dengan baik dan bisa membuat mulut lebih enak dan lebih segar.

Maka stroberi

Salah satu cara menghilangkan bau mulut secara alami yang paling menyenangkan adalah dengan menggunakan stroberi.  Stroberi mudah sekali memiliki kandungan vitamin C dan zat asam yang dapat menetralkan PH dalam mulut dan membersihkan mulut dengan baik.

Stroberi juga memiliki rasa yang enak dan nikmat ini bisa menjadi salah satu cara  paling enak kamu lakukan buat menghilangkan bau mulut.

Bersihkan gigi dengan siwak

Kalo cara yang satu ini adalah yang paling rekomended, khususnya buat kamu anak-anak muslim. Selain bisa menghilangkan  bau mulut,  siwak juga merupakan salah satu sunah rosul. Kamu bisa dapet 2 keuntungan tuh.

Siwak juga memiliki beragam jenis zat yang dapat menghilangkan plak gigi, membuang kotoran dan menghilangkan bau mulut dengan baik. Dengan menggunakan siwak maka gigi kamu akan bersih,  kuat dan terhindar  dari bau mulut.

Bersihkan lidah secara rutin

Salah satu bagian mulut yang paling mudah membuat bau mulut adalah lidah. Dalam lidah sering kali banyak terdapat sari-sari makanan yang dikunyah. Jika ini dibiarkan, maka akan terjadi pembusukan dan bisa menimbulkan bau tidak sedap dari mulut.

Bersihkan secara berkala dengan menggunakan alat pembersih lidah khusus  agar bersih. Jika kamu lakukan dengan baik, maka bau mulut kamu akan hilang.

Gunakan benang untuk buang kotoran

Lain menggunakan sikat gigi, kamu juga bisa menggunakan benang. Benang dapat dengan baik membersihkan kotoran dari sela-sela gigi. Kotoran dari sela-sela gigi ini jika dibiarkan akan membusuk dan menimbulkan bau tak sedap, maka dari itu bersihkan dengan menggunakan benang.

Ini adalah salah satu cara menghilangkan bau mulut  paling mudah dilakukan. Kamu bisa menggunakan apapun yang ada di rumah.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

cara memutihkan kulit

11 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Cepat

Hampir semua wanita Asia ingin memiliki kulit putih yang cantik bersih. Bahkan, tak jarang mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *