10 Cara Mengetahui Gula Darah Tinggi Paling Mudah

By

Apakah anda pernah mendengar seseorang menderita penyakit komplikasi diakibatkan gula darahnya yang tinggi ? Maka dari itu, penting bagi anda untuk kenali lebih dini cara mengetahui gula darah tinggi.

Tahukah kamu, bahwa dalam tubuh manusia secara alami terkandung gula dalam darah atau yang disebut glukosa ? Glukosa disini memberi energi pada sel dan organ tubuh manusia. Namun, apa yang terjadi jika jumlah glukosa berlebih atau sangat tinggi ?

Seseorang dengan jumlah gula darah tinggi dapat menyebabkan hiperglikemia. Dan ini adalah kondisi dimana seseorang memiliki kadar gula darah yang tinggi. Apakah hal ini berbahaya ? Tentu saja.

Oleh karena itu, cara mengetahui gula darah tinggi adalah hal wajib diketahui lebih dalam sejak dini. Sebelum ketahui apa saja ciri dan gejala yang terjadi pada seorang penderita gula darah tinggi, ketahui dulu apa itu gula darah tinggi.

Apa Itu Gula Darah Tinggi ?

Kondisi saat kadar glukosa di dalam darah mengalami kenaikan, inilah yang disebut kadar gula darah tinggi atau hiperglikemia. Walaupun kondisi ini pada umumnya sering dialami oleh penderita diabetes melitus, namun siapa saja bisa mengalami gula darah tinggi.

Orang yang tidak menderita diabetes sekalipun berpeluang terkena hiperglikemia. Mereka yang kelihatannya tampak bugarm mungin saja memilikinya, tak terkecuali anda. Oleh karena itu, kenali gejala dan cara mengatasi penyakit ini sebelum terlambat.

Tahukah kamu, bahwa tidak semua orang yang ternyata memiliki hiperglikemia menunjukkan tanda dan gejala yang jelas ? Oleh karenanya, penting bagi siapa saja mengenali cara mengetahui gula darah tinggi agar segera diatasi

Pentingnya Mengenal Gejala Gula Darah Tinggi

Kenali cara mengetahui gula darah tinggi lebih dini sangat penting dilakukan. Karena jika tidak, hal ini bisa membahayakan kesehatan dan nyawa seseorang.

Jika seorang yang mengalami gula darah tinggi tidak segera ditangani, ini bisa menyebabkan diabetes dan merusak organ tubuh lainnya. Bukankah hal ini tidak ingin anda alami ? Kalau begitu, simak uraian artikel ini sampai habis ya.

Cara Mengetahui Gula Darah Tinggi

Sebagian besar orang menganggap bahwa penderita gula darah tinggi identik dengan pengidap penyakit diabetes. Namun sayangnya, fakta mengatakan bahwa siapa saja dapat terkena gula darah tinggi.

Pada umumnya orang yang mengalami gula darah tinggi sering tidak menyadarinya. Biasanya, kondisi ini seringkali tidak menimbulkan gejala tertentu. Namun anda harus waspada dengan cara mengetahui gula darah tinggi seperti berikut ini.

Sering Merasa Kelaparan

Sering merasa lapar memang hal yang lumrah. Namun, bagaimana jika porsi makan sudah banyak dengan kuantitas yang sering tapi mudah merasa lapar ? Hal ini patut diwaspadai, sebab sering merasa lapar adalah salah satu gejala gula darah tinggi.

Gula darah yang tinggi menyebabkan sebagian besar orang sering merasa lapar. Ini disebabkan karena terhambatnya glukosa memasuki sel, sehingga tubuh akan kekurangan energi. Inilah yang menyebabkan hawa nafsu untuk ingin makan selalu ada.

Mudah Merasa Lelah

Cara mengetahui gula darah tinggi yang kedua ialah jika seseorang mudah merasa lelah. Memang, mengalami kelelhana itu hal yang wajar karena sudah beraktivitas seharian. Namun, jika sedikit-sedikit merasa lelah, hati-hati !

Seseorang yang mudah merasa lelah bisa jadi karena kadar gula darahnya tinggi. Kelelahan karena hiperglikemia terjadi akibat ketidakseimbanga antara tingkat glukosa darah dengan insulin yang beredar dalam tubuh.

Padahal kita ketahui bersama bahwa insulin memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh manusia. Insulin sangat dibutuhkan untuk mengangkut glukosa dari darah ke seluruh tubuh sehingga bisa digunakan sebagai energi.

Sering Buang Air Kecil

Kondisi tubuh yang mengalami gula darah tinggi biasanya memiliki intenstitas buang air kecil lebih dari 7 kali dalam sehari. Sering buang air kecil secara berlebihan adalah salah satu cara mengetahui gula darah tinggi.

Hiperglikemia mengakibatkan ginjal tidak mampu melakukan reabsorpsi cairan sehingga tubuh harus melakukan penyamaan konsentrasi glukosa dalam daarah dan sel-sel. Jadi, darah harus dilarutkan dengan cairan instraseluler supaya konsentrasi glukosa menjadi normal.

Mulut Kering dan Mudah Merasa Haus

Tanda berikutnya untuk mengenali bahwa seseorang mengalami gula darah tinggi ialah mulut yang kering dan mudah merasa haus. Pada penderita hiperglikemia biasanya ia akan mengalami gejala polidipsia, yakni upaya tubuh untuk merehidrasi dirinya sendiri.

Berat Badan Mendadak Turun Drastis

Dalam keadaan gula darah tinggi, maka seseorang akan mengalami berat badan turun drastis secara mendadak. Mereka tidak olahraga dan banyak makan kalori namun berat badan mendadak turun drastis.

Hal ini disebabkan karena beberapa faktor. Pertama, hilangnya cairan akibat seringnya buang air kecil. Kedua, kadar insulin tidak cukup untuk memproses glukosa seingga tubuh beralih ke pembakaran lemak.

Dan yang ketiga, urin dengan kadar gula darah tinggi seingkali membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak kalori setiap harinya. Ini adalah cara yang dilakukan untuk membuang glukosa yang berlebihan.

Kulit Menjadi Kering

Kulit yang keirng tidak selalu berarti karena kurang perawatan. Pasalnya, ini bisa jadi salah satu cara mengetahui gula darah tinggi. Bagaimana indikasi kadar gula tinggi ada kaitannya denga kulit yang kering ?

Kulitbakan terasa keirng dan gatal saat mengalami gula darah tinggi. Kulit menjadi kering diakibatkan oleh 3 faktor, yaitu intensitas buang air kecil berlebih, sirkulasi darah yang buruk dan kerusakan saraf yang mengganggu produksi kelenjar keirngat.

Daya Konsentrasi Menurun

Tahukah anda bahwa ada cara lain untuk mengetahui indikasi gula darah tinggi ? Yaitu jika daya konesntrasi seseorang mulai menurun. Kadar gula darahnya yang tinggi menyebabkan glukosa terhambat untuk masuk ke sel-sel otak.

Sehingga, otak akan kekurangan energi dan menyebakan daya konsentrasi menurun. Ini harus segera ditangani karena akan sangat buruk akibatnya jika dibiarkan dalam jangka panjang.

Pandangan Perlahan Mulai Kabur

Cara mengetahui gula darah tinggi dapat dilihat dari gejala pandangan mata yang mulai samar-samar. Secara perlahan, pandangan mulai kabur karena efek kurangnya cairan. Jika seseorang mengalami kesulitan melihat sesuatu dengan jelas, mungkin gula darahnya tinggi.

Kemampuan Penyembuhan Luka Melambat

Seseorang yang terindikasi gula darah tinggi biasanya kemampuan penyembuhan luka mulai menurun karena terjadinya kerusakan vaskular akibat tingginya kadar gula. Hal ini diakibatkan oleh sirkulasi darah yang memburuk.

Gejala satu ini harus segera diatasi karena jika kemampuan penyembuhan luka mulai melambat, akibatnya akan terjadi komplikasi diabetes grimmest. Dan skenario terburuk terakhir yang mungkin terjadi adalah amputasi.

Impotensi

Tahukah anda bahwa gula darah tinggi ternyata juga berpengaruh pada kemampuan untuk ereksi ? Kelebihan gula darah dapat menyebabkan impotensi atau sulit untuk ereksi. Hal ini karena tubuh tidak memiliki aliran darah yang baik dan hormon yang seimbang.

Demikianlah cara mengetahui gula darah tinggi yang harus dikenali sejak dini. Apabila anda mengalami beberapa indikasi diatas, segera cek kesehatan ke dokter demi menjaga kesehatan diri. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati ? Untuk itu, sebaiknya kurangi konsumsi gula berlebih mulai sekarang ya!

Tinggalkan komentar