Simak 6 Cara Mengelola Ekspektasi agar Tidak Mudah Baper

Sumbersehat.com – Cara mengelola ekspektasi Menyimpan ekspektasi memang merupakan sesuatu yang alamiah bagi setiap orang. Ekspektasi membuat hidup lebih berwarna dan penuh kejutan. Namun, terlalu berekspektasi juga tidak baik karena bisa membuat anda merasa kecewa.

Ekspektasi timbul ketika anda mengharapkan sesuatu. Ekspektasi jugalah yang menimbulkan percikan rasa senang, tidak sabar, dan berdebar. Ketika harapan yang kita bangun dalam kepala tidak sesuai realita, maka anda akan mengalami perasaan terluka dan kecewa. Lalu, bagaimana sih cara mengelola ekspektasi agar tidak berujung baper?

Inilah Cara Mengelola Ekspektasi Agar Tidak Mudah Kecewa

Nah, berikut 6 cara mengelola ekspektasi agar tidak kecewa. Silakan disimak pembahasan-pembahasan berikut:

Buat suasana menjadi lucu

Cara mengelola ekspektasi agar tidak kecewa yang pertama adalah  mengubah suasana menjadi lucu. Salah satu cara untuk menghadapi realita yang tidak sesuai dengan ekspektasi adalah belajar menertawakannya.

Baca juga : 7 Jenis Penyakit Gangguan Jiwa yang Paling Banyak Diderita

Cara ini paling sering digunakan untuk menghilangkan perasaan sedih, marah, dan kecewa. Namun, bukan berarti anda harus berpura-pura dan menyembunyikan emosi jujur anda, ya.

Menyelipkan humor pada situasi yang tidak menyenangkan bisa membantu anda mengontrol keadaan. Sadarilah bahwa kegagalan adalah sesuatu yang wajar. Jika anda bisa membuat kegagalan menjadi sesuatu yang lucu, maka bisa dibilang anda sudah bisa berdamai dengan keadaan tersebut.

Jangan menyalahkan diri sendiri

Hindari menyalahkan diri sendiri merupakan cara mengelola ekspektasi agar tidak kecewa yang kedua. Alih-alih, cobalah memaafkan diri dan belajarlah melihat sesuatu melalui sudut pandang yang lebih luas.

Menyalahkan diri sendiri hanya akan mendorong anda jatuh lebih dalam pada jurang penyesalan.Lebih baik anda melampiaskan kekecewaan dengan melakukan kegiatan yang menguras energi seperti olah raga ketimbang terus menyalahkan diri sendiri.

Belajarlah bersabar

Sesuatu yang baik akan terjadi pada waktu yang tepat. Tanamkan mindset ini dalam pikiran anda. Dengan begitu, ketika ekspektasi anda tidak terwujud, anda akan lebih bisa melihatnya dengan positif dan bisa bersabar.

Melatih kesabaran merupakan hal yang penting dalam mengantisipasi timbulnya rasa kecewa. Anggap saja bahwa harapan anda memang belum saatnya terwujud. Mungkin anda perlu berusaha lebih keras, menunggu lebih lama, atau sesederhana harus bisa lebih bersabar. Yakinlah bahwa suatu saat apa yang anda inginkan akan tercapai.

Cari sisi positif

Berikutnya, cara mengelola ekspektasi adalah dengan mencari sisi positif dari suatu kejadian. Misalnya, ketika anda gagal mendapatkan beasiswa luar negeri, anda bisa melihatnya sebagai kesempatan untuk lebih berkontribusi di negara sendiri.

Kemampuan berpikir positif memang tidak semudah yang dibayangkan dan butuh kejelian untuk mencari celahnya. Walaupun demikian, bukan berarti anda tidak mampu mengerjakannya. Mulailah mencoba mencari sisi positif dalam setiap kejadian. Dengan demikian, anda juga akan lebih bisa mensyukuri keadaan.

Baca juga : Penyebab, Gejala dan Pengobatan Gangguan Jiwa, Simak Yuk!

Anggap kegagalan anda merupakan sebuah peluang baru

Kegagalan tidak boleh dijadikan alasan untuk menutup diri dan menutup peluang. Justru peluang lain muncul ketika anda sedang mengalami kegagalan. Bisa jadi kegagalan yang sedang anda alami merupakan skenario yang akan membawa anda pada kondisi yang lebih baik nantinya. Siapa yang tahu ‘kan?

Kemampuan berpikir secara fleksibel

Cara mengelola ekspektasi agar tidak kecewa yang terakhir adalah mencoba berpikir sefleksibel mungkin. Ini berarti bahwa saat sesuatu berjalan tidak sesuai harapan, anda harus bisa fleksibel dalam memikirkan apa rencana lainnya.

Fleksibilitas dalam berpikir membantu anda agar tidak berlarut-larut dalam kekecewaan. Sebaliknya, anda bisa langsung bangkit dan segera melakukan plan B. Berpasrah diri kepada Tuhan setelah berusaha adalah langkah tepat untuk membuat anda tidak kecewa berat.

Percayalah, bahwa Tuhan pasti akan memberikan yang terbaik untuk anda, meskipun pada saat ini harapan atau keinginan anda tidak dipenuhiNya. Tuhan itu adil dan anda pasti akan diberikan keadilan, sesuai dengan usaha dan kerja keras anda.

Sekian pembahasan mengenai 6 cara mengelola ekspektasi agar tidak kecewa. Apakah anda merasa terbantu? Jika iya, cara yang mana nih yang menurut anda paling efektif untuk anda? Simak terus artikel dari Sumber Sehat untuk mendapatkan informasi menarik tentang kesehatan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat penurun berat badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan – diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *