Mau Tahu 3 Cara Mengecek Paru-Paru Sehat? Simak Ulasannya!

sumbersehat.com – Setiap penyakit yang dialami, apalagi dalam organ pernapasan, harus segera di selidiki dan mesti tahu cara mengecek paru-paru sehat. Penyakit paru-paru umumnya sangat sulit untuk dideteksi dan baru ketahuan setelah gejala yang dialami semakin parah. Untuk mengetahui bagaimana cara mengetahui kondisi paru-paru kita sehat atau tidak, dengan menggunakan pelayanan medis.

Memiliki kondisi tubuh serta organ yang sehat di dalamnya, pasti menjadi keinginan setiap orang. Untuk itu, tentunya harus diiringi dengan pola makan serta gaya hidup yang sehat. Jika tubuh terkena berbagai macam penyakit, terutama pada paru-paru, ini sangat merepotkan. Aktivitas normal akan terganggu. Untuk itu, Anda perlu tahu bagaimana cara mengecek paru-paru sehat, dan berikut ulasan selengkapnya!

cara mengecek paru-paru sehat
cek paru-paru

Ciri-Ciri Organ Pernapasan Terganggu

Kesehatan paru-paru perlu diperhatikan mulai sejak dini, agar tidak berdampak buruk di usia lanjut nanti. Masalah kesehatan paru-paru seringkali tidak diperhatikan, padahal jika dibiarkan akan membahayakan nyawa. Anda perlu tahu tanda-tanda awal untuk mengenali masalah kesehatan paru-paru. Dengan menyadari tanda-tanda awal, akan membantu penanganan seseorang lebih cepat.

Gejala awal yang dialami, ini biasanya tidak akan disadari dampaknya dalam waktu dekat. Namun jika dibiarkan terus-menerus, masalah biasa ini akan menjadi serius dalam seiring berjalannya waktu. Berikut beberapa tanda-tanda awal untuk cara mengecek paru-paru sehat dan apakah Anda memiliki masalah dalam organ pernapasan.

1. Rasa Nyeri Sekitar Punggung dan Bahu

Merasakan gejala nyeri di sekitar punggung, bahu dan dada bisa menjadi tanda awal terjadi masalah organ pernapasan. Bisa jadi, penyakit yang diderita, yaitu kanker paru-paru. Jika mengalami gejala awal seperti ini, segera ambil langkah pengobatan, sebelum rasa nyeri lebih kuat dan bertahan lama.

2. Durasi Napas Pendek

Jika Anda mengalami durasi napas yang pendek, Anda perlu tahu apa gejalanya. Biasanya, napas pendek terjadi pada seseorang yang mengalami gangguan pernapasan, seperti asma dan alergi. Bagi Anda yang mengalami kondisi seperti ini, cobalah menghirup udara segar, membersihkan lingkungan dan latihan fisik. Apabila tidak reda, segera hubungi dokter.

3. Gejala Batuk

Batuk biasanya hanya menjadi indikasi seperti gejala flu biasa. Tetapi, perlu Anda ingat ini bisa menjadi salah satu cara mengecek paru-paru sehat. Batuk bisa jadi sebagai gejala penyakit kronis berhubungan dengan paru-paru. Apalagi, jika sampai batuk disertai darah, ini merupakan tanda mengalami kanker paru-paru. Hal ini perlu diperhatikan lagi lebih lanjut.

4. Mata Berubah Warna

Mata berubah warna menjadi kuning, biasanya terjadi masalah dalam organ hati. Namun, hal ini bisa menjadi salah satu indikator terjadi kanker paru-paru, lho. Tentunya, hal ini perlu diperhatikan dan menjadi salah satu cara mengecek paru-paru sehat.

Penyakit kuning adalah suatu kondisi mengubah warna kulit menjadi kuning. Bagian yang ikut mempengaruhi kondisi ini pun terkena pada bagian mata. Warna putih dalam mata perlahan akan berubah menjadi kuning pucat. Hal ini tentunya harus segera diketahui apa penyebabnya dan untuk menghindari penyakit demikian.

5. Kurang Berenergi

Seseorang mengalami kelelahan setelah aktivitas yang cukup berat adalah keadaan yang normal. Kelelahan bisa saja terjadi karena mengalami stres atau kurang tidur dalam waktu yang cukup. Namun, jika kelelahan disertai dengan rasa tidak nafsu makan dan batuk, ini tidak normal. Kondisi ini bisa menandakan adanya masalah dalam kesehatan organ paru-paru.

Inilah Cara Mengecek Paru-Paru Sehat

Lingkungan hidup yang penuh dengan aktivitas sekitar yang padat, penuhnya debu dan polusi asap kendaraan, hal ini mengundang gangguan pernapasan. Untuk menghindari penyakit gangguan pernapasan agar tidak parah, Anda perlu segera tahu bagaimana cara mengecek paru-paru sehat. Masyarakat tentunya perlu khawatir terjadinya penyakit pada gangguan pernapasan.

Seorang ahli paru dan Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, bernama dr. Elang Samudero menjelaskan . Beliau menjelaskan, seseorang jika ingin tahu mengecek kondisi paru-paru, ia harus memanfaatkan pelayanan kesehatan. Berikut ini, akan diulas secara lengkap apa saja cara mengecek paru-paru sehat :

1. Medical Check-Up

Salah satu cara mengecek paru-paru sehat adalah dengan tes medical chek-up. Tes ini merupakan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Melalui pemeriksaan ini, diharapkan pasien akan tahu apa saja gangguan kesehatan yang dapat terdeteksi dengan cara ini.

Ada beberapa prosedur yang akan dilakukan dalam pemeriksaan ini. Yaitu, pemeriksaan riwayat kesehatan, pemeriksaan tanda vital, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Dalam proses pemeriksaan tanda vital, akan diperiksa bagaimana frekuensi pernapasan. Jika durasi pernapasan sekitar 12-20 kali per menit, maka frekuensi normal.

Dengan menggunakan alat penunjang berupa rontgen, ini akan mendeteksi apakah keadaan paru-paru baik atau tidak. Rontgen ini merupakan bentuk radiasi elektromagnetik yang dapat menembus tubuh manusia dan menghasilkan gambar tampak seperti bayangan. Melalui pemeriksaan ini, dokter dapat mengetahui kondisi paru-paru Anda.

2. Menggunakan Jari Tangan

Percaya atau tidak, cara sederhana ini ternyata mampu mengetahui apakah kondisi paru-paru kita sehat atau tidak. Cara mengecek paru-paru sehat ini hanya dengan menggunakan jari tangan. Anda bisa mem-praktekannya kapan saja dan dimana saja.

Langkah pertama, yang perlu Anda lakukan hanyalah membentuk jari-jari Anda membentuk huruf J terbalik. Kemudian, rapatkan antara kuku-kuku tangan dengan kondisi menempel. Lalu, perhatikan secara seksama, apakah ada celah diantara kuku tersebut? Jika ada, maka jantung dan pembuluh darah Anda sehat.

Menurut lansiran dari Clinicalexams.co.uk, jika tidak ada celah diantara kuku, maka ada tanda masalah kesehatan. Hal ini menunjukkan bahwa penebalan pada kuku atau Nail Clubbed ini menandakan darah Anda tidak memiliki oksigen. Kekurangan oksigen menyebabkan kadiovaskular, masalah paru-paru hingga pencernaan. Tentunya, hal ini perlu diperhatikan secara baik.

3. Tes Spirometri

Ingin tahu cara mengecek paru-paru sehat lainnya dengan sederhana dan cepat? Cobalah dengan salah satu cara ini. Anda ingin menghindari segala penyakit paru-paru, seperti asma, bronkitis kronis dan emfisema? Lakukan tes spirometri. Tes ini sudah banyak dilakukan dalam pelayanan di rumah sakit.

Tes Spirometri adalah tes standar yang digunakan oleh dokter untuk memeriksa bagaimana fungsi pada paru-paru. Tes ini bertujuan mengukur pergerakan keluar masuknya udara dengan sebuah alat bernama spirometer. Tes spirometri untuk penderita asma dan lainnya ini bisa dilakukan pemeriksaan selama 1 atau 2 kali dalam setahun. Durasi tes spirometer ini berlangsung sekitar 15 menit.

Cara melakukan tes ini, Anda hanya diminta untuk duduk. Lalu dokter akan memakaikan alat tersebut. Lakukan tarikan napas panjang dan hembuskan secara cepat pada alat tersebut. Alat ini mengukur jumlah udara yang ada dalam paru. Durasi tes spirometri ini berlangsung sekitar 15 menit. Alat ini pun mengukur volume oksigen serta menilai kecepatan aliran pernapasan.

Untuk memiliki organ pernapasan yang sehat, Anda perlu tahu apa saja cara mengecek paru-paru sehat. Ulasan di atas cukup lengkap untuk mengetahui cara tersebut. Langkah-langkah tersebut mudah untuk Anda lakukan. Namun, lebih baik ada manfaatkan pelayanan medis agar Anda tahu keluhan apa yang sebenarnya dalam tubuh Anda tanpa disadari.

Sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan secara medis, Anda perlu melakukan hal ini. Untuk menjaga kesehatan paru-paru dengan menghindari merokok dan berolahraga secara rutin. Tentunya, dengan tahu cara mengecek paru-paru sehat, Anda perlu melakukan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Jika gangguan pernapasan dibiarkan, akan berbahaya dalam jangka waktu lama.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

tips sehat saat hamil muda

10 Tips Sehat saat Hamil Muda yang Wajib Dipahami Bumil

sumbersehat – Tips sehat saat hamil muda menjadi sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Kehamilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *