11 Cara Mengatur Makanan Sehat yang Wajib Anda Ketahui!

sumbersehat.com – Cara mengatur makanan sehat merupakan suatu keharusan bagi setiap orang. Makanan yang sehat dan berigizi sangat penting untuk asupan tubuh. Tubuh sangat memerlukan mananan yang sehat untuk menghasilkan kekuatan energi. Nah tentu setiap orang harus tahu mana makanan yang sehat dan yang kurang sehat. Makanan yang sehat termasuk ke dalam jenis makanan yang seharusnya mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Makanan sehat adalah komponen utama yang menjadi pendukung kehidupan manusia. Perlu diketahui bahwa makanan sehat itu makanan yang bersih, mengandung gizi atau zat yang seimbang. Maksudnya ialah makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, dan air. Fungsi makanan sehat sebagai penghasil energi, zat pengatur serta zat pembangun bagi tubuh manusia. Nah, berikut ini penjelasan tentang mengatur pola makan yang tepat!

cara mengatur makanan sehat
makanan sehat

Inilah Beberapa Cara Mengatur Makanan Sehat

Umumnya makanan sehat dengan gizi yang seimbang tersaji dalam menu empat sehat lima sempurna. Maka dari itu Anda perlu mengetahui cara mengatur makanan sehat yang benar. Berikut ini beberapa cara mengatur pola makan sehari-hari:

1. Konsumsi Karbohidrat

Salah satu cara mengatur makanan sehat yaitu dengan asupan karbohidrat yang cukup. Umumnya warga Indonesia memakan nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Nasi merupakan makanan yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat memiliki peran penting bagi tubuh. Selain nasi, Anda bisa memakan umbi-umbian seperti, ubi, kentang, gandum, jagung, dan singkong untuk mencukupi karbohidrat bagi tubuh Anda. Jadi tak usah risau jika ada yang kurang disukai, bisa memilih makanan sesuai selera Anda.

2. Penuhi Kadar Protein Bagi Tubuh

Protein merupakan suatu kebutuhan bagi tubuh. Selain mengonsumsi karbohidrat, Anda bisa memilih makanan yang mengandung protein, untuk cara mengatur makanan sehat sehari-hari. Salah satu sumber protein yang sangat disarankan adalah ikan, telur, tempe, dan makanan lainnya yang mengandung protein penting.

Perlu diketahui makanan yang mengandung protein memiliki peran sebagai sumber energi sama dengan karbohidrat. Selain itu, bisa untuk membentuk antibodi yang berperan melawan infeksi bakteri atau virus. Maka dari itu sangat disarankan mengonsumsi makanan berprotein untuk mempertahankan kekebalan tubuh Anda.

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Cara mengatur makanan sehat selanjutnya yaitu dengan memperbanyak makan buah dan sayur. Pilihlah buah dan sayur yang berwarna dan Anda sukai. Buah dan sayur selain menyehatkan bagi pencernaan, juga sebagai penyerapan nutrisi bagi tubuh yang optimal. Pastikan sebelum Anda memakannya terlebih dahulu dicuci hingga bersih agar terasa segar. Makan buah dan sayur bisa menjadi makanan cemilan pengganti bagi tubuh, karena tubuh akan merasa kenyang.

4. Minum Air Mineral

Air mineral sangat berperan penting dalam menjaga cairan tubuh. Memperbanyak minum air mineral adalah salah satu cara mengatur makanan sehat. Setelah makan, Anda perlu minum air putih untuk melancarkan arus makanan yang sudah dimakan. Pedoman Gizi Seimbang sangat menganjurkan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari atau sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing. Ini sangat berguna bagi tubuh termasuk bagi peningkatan kerja otak Anda.

5. Minum Susu

Perlu diketahui dalam cara mengatur makanan sehat, Anda bisa mengonsumsi susu setiap hari. Susu merupakan nutrisi yang seimbang bagi tubuh. Oleh karena itu, susu dapat mengandung protein, kalsium, kalium, fosfor, yodium, vitamin B2 dan vitamin B12. Susu mempunyai banyak manfaat salah satunya untuk perkembangan otak. Maka sangat disarankan mengonsumsi minum susu, baik itu susu sapi, susu kambing dan lain sebagainya untuk semua kalangan.

6. Jangan Berlebihan Konsumsi MSG

MSG merupakan penyedap rasa yang disukai banyak orang. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan darah tinggi atau bisa juga obesitas. Tentu ini kurang baik untuk tubuh. Agar tubuh tetap sehat terjaga, maka alangkah lebih baiknya Anda bisa mengurangi pemakaian MSG (monosodium glutamate) dalam makanan. Maka dari itu, ini bisa dijadikan cara mengatur makanan sehat untuk tubuh Anda.

7. Rancang Menu Makan

Membuat menu rancang yang berbeda setiap hari bisa dijadikan cara mengatur pola makan sehari-hari bagi Anda. Anda tidak akan merasa bosan dan berselera untuk makan. Tentu menunya sangat disarankan yang mengandung gizi seimbang seperti sayuran, lauk pauk, dan buah-buahan yang berbeda setiap harinya. Bila perlu, Anda catat jadwal menu makan setiap harinya.

8. Kurangi Konsumsi Gula Putih

Gula putih merupakan bahan pemanis yang terbuat dari tebu. Banyak orang menyukai dan mengonsumsinya untuk minum teh manis atau kopi. Gula putih yang disebut gula pasir ini sejatinya adalah karbohidrat kompleks saat masih dalam bentuk aslinya yaitu tebu. Namun, setelah diproses, menjadi karbohidrat sederhana yang bisa menimbulkan masalah bagi tubuh. Beberapa pakar nutrisi telah menyebutkan gula putih sebagai racun, bukan pemanis.

Gula putih jika dikonsumsi setiap hari akan menghasilkan keasaman tubuh yang tinggi. Efeknya jika asupan gula tinggi bisa menyebabkan osteoporosis dan gigi berlubang. Sudah lebih dari tujuh puluh penyakit yang dipicu karena terlalu banyak mengonsumsi gula pasir. Oleh karena itu, cara mengatur makanan sehat kurangi konsumsi gula putih.

9. Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang

Salah satu cara mengatur pola makan sehari-hari ialah dengan menerapkan makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang. Sebetulnya, makan bukan sekedar memberi asupan energi bagi tubuh. Oleh karena itu, setiap makanan yang masuk ke perut akan mempengaruhi suasana hati. Jika makan terlalu berlebihan akan menimbulkan rasa kantuk juga malas bergerak atau beraktivitas kembali. Maka dari itu sangat disarankan untuk menerapkan salah satu sunnah Rasul ini.

10. Makan Sambil Duduk

Cara mengatur makanan sehat adalah makan sambil duduk. Hal ini merupakan sunnah Rasulullah. Secara medis makan dan minum sambil duduk itu lebih baik daripada berdiri atau tiduran. Tentu sunnah Rasulullah sudah pasti benar, karena beliau adalah dokter berbagai penyakit luar dalam. Manfaat yang didapat dari makan minum sambil duduk agar membantu menyehatkan ginjal. Selain itu, akan memberi efek segar, nikmat, dan tenang jika sambil duduk.

11. Menjilati Tangan Setelah Makan

Cara mengatur makanan sehat selanjutnya ialah menjilati tangan setelah makan. Ini juga merupakan salah satu sunnah Rasulullah. Bukan main, tentu terdapat banyak hikmah di dalamnya. Oleh karena itu sesungguhnya makanan yang dimakan mengandung berkah, dan tak tahu letak berkahnya di mana. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk menjilati tangan setelah makan. Hikmahnya, agar tidak tumbuh kesombongan dalam diri yang meremehkan makanan.

Nah, itulah 11 cara mengatur makanan sehat yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain dinilai bermanfaat, cara-cara tersebut juga terdapat sunnah-sunnah Rasulullah yang sangat efektif untuk diterapkan sebagai referensi resep utama. Tidak perlu Anda khawatir lagi dalam kesehatan, cukup lakukan dan terapkan segala hal yang Anda butuhkan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *