Ikuti 6 Cara Mengatasi Tangan Pegal yang Cepat, Dijamin Aktivitas Lancar!

sumbersehat.com – Cara mengatasi tangan pegal yang diakibatkan banyak faktor menjadi begitu penting dipelajari demi menunjang kelancaran aktivitas sehari – hari. Sering mengangkat beban berat, telalu lama berkegiatan monoton dan berolahraga pada kondisi tertentu merupakan tiga dari beberapa penyebab tangan pegal yang sering dijumpai. Kegiatan monoton yang dimaksud adalah seperti bekerja di depan komputer atau menulis dengan intensitas tinggi.

Alangkah baiknya untuk mencegah hal yang belum terjadi, tetapi jika sudah terlanjur maka hal yang perlu dipelajari adalah cara mengatasi tangan pegal. Anggaplah bahwa hal ini adalah sesuatu yang wajar, mengingat kegiatan manusia memang tak lepas dari kedinamisan. Tak perlu gusar, ya. Di bawah ini ada sejumlah tips yang dapat Anda coba untuk mengatasi keluhan tangan pegal sebelah kiri atau kanan.

 cara mengatasi tangan pegal
cara mengatasi tangan pegal

Inilah Cara Mengatasi Tangan Pegal yang Mudah dan Efektif

Anda dapat mencoba beberapa tips berikut dengan atau tanpa bantuan orang lain sebagai cara menghilangkan pegal di tangan kanan maupun kiri ini:

1. Stretching atau Peregangan

Peregangan otot yang meliputi beberapa teknik sesungguhnya sangat disarankan agar dilakukan rutin sebelum dan sesudah berolahraga. Workout yang berisi gerakan – gerakan ringan sekalipun dapat beresiko menimbulkan nyeri otot pasca latihan. Maka dari itu, cara mengatasi tangan pegal sekaligus mencegahnya terjadi lagi adalah dengan melakukan stretching.

Nyeri otot atau pegal yang timbul pada tangan dapat disebabkan oleh gerakan workout seperti push-up dengan intensitas yang lebih dari biasanya. Maksudnya adalah bahwa jika Anda terbiasa push-up sebanyak 20 kali sehari, kemudian suatu waktu memutuskan untuk melakukannya sebanyak 30 kali. Nah, pada saat seperti itulah tangan Anda akan merasa pegal setelah sekitar 8 jam sesudahnya, sehingga diperlukan cara mengatasi tangan pegal.

Selain intensitas olahraga yang lebih dari biasanya, gerakan baru yang sebelumnya tidak pernah dilakukan juga dapat memicu pegal di bagian tangan. Jika gerakan baru tersebut berhubungan dengan bagian tubuh lainnya, maka perlu juga mengetahui cara menghilangkan pegal-pegal di kaki. Jadi, tak perlu repot mencari obat pegal linu seluruh badan. Anda hanya perlu lebih disiplin melakukan stretching atau peregangan. Semangat!

2. Kompres Bagian yang Pegal

Ciri fisik yang sering kali timbul ketika Anda merasakan pegal pada tangan adalah terasa keras ketika disentuh. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi otot kaku akibat aktivitas yang terbilang berat. Satu teknik mudah cara mengatasi tangan pegal adalah dengan memberikan perlakuan transfer suhu tertentu melalui pengompresan. Material yang Anda butuhkan hanyalah wadah anti bocor, kain berdaya serap tinggi, air panas dan air es.

Mengapa harus dua jenis air dengan suhu berlawanan? Well, tips ini mengacu pada satu sumber yang menyatakan bahwa terdapat hasil penelitian yang related dengan hal ini. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa pengompresan menggunakan air panas dan air dingin secara bergantian dapat membantu menyembuhkan cedera otot. Cara mengatasi tangan pegal dengan teknik ini juga sekaligus melancarkan peredaran darah, loh.

3. Berikan Pijatan untuk Relaksasi Otot

Metode penyembuhan tradisional yang sudah sangat populer sebagai cara mengatasi tangan pegal adalah pijat. Pemijatan pada bagian tubuh yang dikeluhkan dapat dilakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain. Jika salah satu tangan saja yang merasa pegal, maka tangan yang lainnya dapat membantu memberikan perlakuan berupa pemijatan pada daerah terkait. Mudah sekali, bukan?

Rasa yang ditimbulkan dari pemijatan ini relatif bisa langsung dirasakan oleh para penderita tangan pegal. Sensasi nyaman beriringan dengan nyeri yang mendalam ternyata merupakan proses penyembuhan hingga akhirnya rasa pegal berangsur membaik. Dapat dikatakan bahwa pemijatan ini merupakan cara menghilangkan pegal-pegal diseluruh tubuh paling favorit bagi sebagian besar orang.

Ketika Anda memilih untuk mendapatkan jasa pijat dari ahlinya, sudah semestinya tak pusing memikirkan bahan apa saja yang digunakan. Namun bagaimana jika cara mengatasi tangan pegal dipilih dengan melakukan pijat mandiri? Anda hanya perlu menyiapkan bahan – bahan yang kiranya cocok untuk membaluri kulit Anda, seperti krim atau minyak gosok. Hal tersebut opsional, ya. Anda juga sebenarnya bisa memijat dengan tangan kosong, kok.

4. Konsumsi Cukup Air Putih dan Jamu

Selain perlakuan dari luar tubuh seperti yang dibahas sebelumnya, pemenuhan nutrien dari dalam juga sangat penting, loh. Satu bahan yang kandungannya mendominasi tubuh manusia adalah air. Maka dari itu, mengkonsumsi air putih 8-10 gelas per hari sangat dianjurkan untuk orang dewasa agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Kebiasaan ini sebenarnya bukan cara mengatasi tangan pegal satu – satunya, namun lebih sebagai syarat percepatan pemulihan.

Jika diperlukan, Anda juga bisa mengkonsumsi jamu tradisional yang diperuntukkan bagi orang – orang yang mengalami pegal. Anda dapat meramunya sendiri atau membelinya dari penjual yang trusted. Selain siap dengan rasa jamu yang relatif ‘beragam’, Anda juga sebaiknya yakin dan percaya bahwa yang nanti dikonsumsi adalah obat alami untuk mengatasi tangan pegal.

5. Istirahatkan Tubuh dari Olahraga Ekstrim

Acap kali seseorang yang bernafsu dalam hal besar justru mengabaikan hal – hal kecil yang seharusnya tak dilakukan. Contohnya adalah ketika Anda memiliki goal untuk menurunkan berat badan dalam kurun waktu tertentu, maka yang dilakukan adalah olahraga gila – gilaan. Apakah hal tersebut dibenarkan? Well, ingat pesan tetua bahwa ‘segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik’.

Sudah disebutkan pada poin pertama bahwa intensitas olahraga yang lebih dari biasanya akan memicu pegal pada tangan dan bagian lainnya. Maka dari itu, salah satu cara mengatasi tangan pegal akibat olahraga berlebihan adalah dengan memperbaiki pola sebelumnya. Jika olahraga yang Anda pilih termasuk ke kategori berat dan intens, hendaknya berikan jeda agar tidak dilakukan setiap hari.

Satu tips dari seorang ahli terkait hal ini agar Anda terhindar dari nyeri otot adalah dengan melakukan olahraga secara bertahap. Anda sebaiknya mengawali olahraga dengan porsi yang kecil, lalu kemudian ditambah sedikit demi sedikit hingga akhirnya mampu mengambil porsi yang lebih besar. Dengan demikian, cara mengatasi tangan pegal niscaya dapat dicegah. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

6. Cobalah Dengarkan Tubuh Anda

Ternyata tidak semua jenis olahraga cocok untuk setiap orang, mengingat kekuatan dan kelemahan masing – masing individu tidaklah sama. Maka dari itu, cobalah untuk memilah dan memilih dari berbagai perspektif untuk menentukan jenis olahraga terbaik untuk tubuh Anda. Adakah hubungannya dengan cara mengatasi tangan pegal? Yap, olahraga yang tidak cocok dengan tubuh Anda akan lebih beresiko menyebabkan cedera otot di tangan.

Selain jenis olahraga yang dipilih, teknik pelaksanaan juga sangat perlu diperhatikan, ya. Intensitas olahraga tinggi dibarengi dengan teknik yang salah akan semakin beresiko dalam menyebabkan cedera otot. Sehingga, cara mengatasi badan pegal saat bangun tidur sangat dibutuhkan. Jangan lupa untuk mengkonsumi makanan kaya gizi untuk mengimbangi aktivitas tubuh Anda. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *