Ketahui 10 Cara Mengatasi Stres dan Depresi yang Mudah Dilakukan!

Sumbersehat.com – Cara mengatasi stres dan depresi harus diketahui semua orang agar mereka tidak melakukan sesuatu yang merugikan. Mengelola stres baik untuk kesehatan secara keseluruhan maupun kesehatan jantung. Stres kronis meningkatkan kadar hormon kortisol.

Kadar kortisol yang tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol, trigliserida, kadar glukosa darah dan tekanan darah yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung. Nah, berikut ini cara mengelola stres kerja atau stres karena hal lainnya yang perlu anda simak!

Inilah Cara Mengatasi Stres dan Depresi

Berikut adalah 10 cara mengobati stres pikiran secara positif dan melindungi kesehatan jantung Anda:

Tetaplah aktif setiap hari

American Heart Association merekomendasikan 150 menit olahraga setiap minggu atau cukup 20 menit perhari. Olahraga akan melepaskan endorfin yang baik dan membantu menghilangkan stres. Temukan aktivitas olahraga yang Anda sukai dan lakukan secara rutin.

Pergi ke lingkungan baru

Melihat lingkungan yang baru merupakan cara mengatasi stres dan depresi. Jika Anda merasa stres atau kewalahan, ambil 5-10 menit untuk mengubah lingkungan Anda. Mungkin Anda perlu berjalan menjauh dari tempat Anda dan pergi ke luar atau pergi untuk beristirahat dan membuat secangkir teh.

Konsumsi teh herbal

Minum teh herbal seperti teh hijau juga termasuk cara mengelola stres kerja atau stres lainnya. Teh hijau tidak hanya mengandung anti-oksidan kuat yang melawan kerusakan sel. Tetapi juga mengandung asam amino L-theanine yang memberikan keadaan kesadaran yang tenang.

Tingkatkan mood anda dengan musik

Mendengarkan musik dapat memiliki efek positif pada suasana hati dan mengurangi kadar stres Anda. Anda mungkin bisa tenang dengan musik yang upbeat untuk membantu Anda merasa lebih positif. Atau mungkin musik klasik yang menenangkan akan membantu Anda merasa lebih santai.

Bersyukurlah

Selalu bersyukur kepada Sang Pencipta merupakan cara mengatasi stres dan depresi yang paling utama. Seringkali stres datang dari ketidakmampuan mengejar cita-cita atau harapan. Setiap hari ingatkan diri Anda tentang apa yang benar-benar penting yaitu bersyukur. Luangkan waktu untuk menghargai orang dan hal-hal yang anda miliki.

Olah napas

Perasaan stres bisa datang kapan saja dan latihan olah napas adalah cara mengobati stres pikiran yang tepat. Oleh pernapasan mampu membantu memperlambat detak jantung dan menstabilkan atau menurunkan tekanan darah Anda. Cobalah teknik pernapasan 4-7-8 saat Anda merasa stres.

  • Tempatkan ujung lidah Anda tepat di belakang jaringan pada gigi depan atas Anda. Biarkan di sana sepanjang latihan.
  • Buang napas sepenuhnya melalui mulut Anda
  • Tutup mulut Anda dan tarik napas melalui hidung pada hitungan ke-4
  • Tahan napas Anda selama 7 kali hitungan
  • Buang napas sepenuhnya melalui mulut Anda pada hitungan ke-8
  • Ulangi proses ini sebanyak 3 kali

Mandi Hangat

Stres dapat menyebabkan otot tegang dan sakit. Berendam di pemandian air hangat merupakan cara mengatasi stres dan depresi dengan cepat. Langkah ini membantu meredakan ketegangan otot dan memberi Anda kesempatan untuk rileks.

Cemilan

Walaupun bukan cara yang positif untuk mengatasi stres, tapi makan cemilan bisa memberi energi sehingga Anda lebih mampu mengatasi stres. Ketika Anda lapar, tampaknya pekerjaan apapun sulit diselesaikan, maka makanlah. Luangkan 5 menit untuk istirahat dan camilan yang sehat untuk jantung.

Cobalah irisan apel dengan satu sendok makan mentega almond dan taburan kayu manis. Memilih cemilan sehat menjadi langkah terbaik bagi anda dalam mengatasi stres karena itu sekaligus menjaga kesehatan jantung.

Keluh kesah ke sahabat dan keluarga

Keluarkan unek-unek anda pada keluarga maupun orang terdekat. Mereka akan bisa merangkul anda, sehingga stres bisa berkurang dan akhirnya menurunkan risiko kardiovaskular.
Menulis

Saat anda stres, tak ada salahnya untuk menyiapkan buku dan alat tulis. Cobalah tulis keluh kesah anda dan keluarkan semua ganjalan yang ada di hati itu. Itu merupakan cara mengatasi stres dan depresi yang sering dilakukan banyak orang. Menulis bisa menjadi pelampiasan di saat anda tidak sedang bersama orang terdekat.

Berdoa dan beribadah

Cara mengobati stres pikiran terbaik adalah beribadah dan berdoa kepada Tuhan. Karena hanya Tuhan yang mengerti kita dan sebaik-baiknya tempat berkeluh-kesah.

Demikianlan cara mengatasi stres dan depresi yang bisa anda pilih. Temukan metode yang paling cocok untuk Anda dan jadikan itu bagian dari rutinitas harian Anda.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *