8 Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Batuk, Pertolongan Pertama yang Ampuh!

sumbersehat.com – Cara mengatasi sesak nafas karena batuk bisa dilakukan secara alami. Kondisi sesak nafas yang diderita seseorang akan membuat kondisi sulit dan tidak menyenangkan. Oleh sebab itu untuk menolong sesak nafas harus adanya alat atau obat yang membantu untuk mengendalikan nafas. Termasuk cara-cara yang alami tanpa mengkonsumsi obat berbahan kimia.

Perlu diketahui sebelumnya sesak nafas karena batuk disebabkan oleh kurangnya udara yang masuk kedalam paru-paru. Disamping itu, yang seharusnya pasokan udara untuk keluar masuk paru-paru cukup malah tidak imbang. Apalagi didukung kondisi seseorang sedang tidak sehat seperti sedang batuk. Hal tersebut malah menjadi pemicu sesak nafas yang semakin berat.

cara mengatasi sesak nafas karena batuk
sesak nafas dan batuk

Pertolongan Pertama Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Batuk

berikut akan kami sajikan langkah-langkah mudah mengatasi sesak nafas karena batuk. Tanpa menggunakan obat berbahan kimia, diantaranya:

1. Menyandar ke dinding

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk yang pertama adalah dengan menyandar ke dinding. Saat kondisi sesak nafas naik maka baik untuk anda melakukan rileks tubuh. Dengan cara berdiri dan bersandar ke dinding, hal tersebut dilakukan untuk membantu membuka paru-paru. Ketika posisi paru-paru baik maka mudah untuk oksigen masuk kedalam paru-paru. Setelah itu, udara akan disaring dan yang kotor akan dikeluarkan.

Cara mudah melakukan terapi bersandar ke dinding adalah menempelkan pinggul anda dan buka kaki anda. Kaki yang terbuka baik hanya selebar tangan dan bahu anda. Lakukan hal tersebut di samping dua paha anda. Serta condongkan badan untuk maju kedepan. Selain itu, langkah ini juga baik untuk merilekskan leher dengan berdiri serta tangan bertumpu di meja.

2. Duduk dengan membungkuk

Kondisi sesak saat batuk dapat diredakan dengan terapi rileks badan satu ini. Yaitu memposisikan duduk dan sedikit membungkuk. Seseorang yang mengalami batuk dicampur batuk baik melakukan cara ini. Duduklah pada kusi dan tempelkan kaki pada lantai serta condongan dada ke depan. Letakkan siku pada lutut atau bisa dengan tangan menahan dagu anda.

Dari situlah otot-otot akan kembali normal setelah badan diajak aktivitas seharian. Setelah konsidis normal oksigen akan mudah masuk dan udara kotor akan mudah dikeluarkan. Jadi, sangat mudah untuk mengembalikan nafas normal bukan? Selain cara mengatasi sesak nafas karena batuk tersebut. yang dapat dilakukan adalah meletakkan kepala di atas meja. Dan meletakkan bantal untuk sangga kepala agar lebih nyaman.

3. Berkumur dengan air garam

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk yang sangat mudah dilakukan adalah dengan berkumur dengan air garam. Garam dapur dapat merangsang keluarnya lendir-lendir yang ada di dada dan paru-paru. Oleh karena itu berkumur dengan air hangat dicampur garam aman dilakukan untuk penderita batuk dan sesak.

Garam dapat menjebak virus dan bakteri penyebab batuk yang anda derita. Disaat anda batuk dan disitu dahak akan keluar, jangan sampai menelannya lagi namun segera keluarkan dahak tersebut. Jadi, paru-paru akan tetap sehat tanpa peradangan akibat banyak nya dahak kotor yang menempel di dinding paru-paru anda.

4. Meminum ramuan air jeruk

Ini adalah tradisi orang jawa yang menggunakan bahan seadanya dan rempah-rempah untuk mengobati segala penyakit. Kali ini cara mengatasi sesak nafas karena batuk adalah dengan membuat ramuan jeruk untuk diminum. Bagi orang jawa ramuan jeruk akan ditambah kecap atau dicampur madu. Aduk sampai rata dan minum tiga kali dalam sehari.

Jeruk yang kaya dengan kandungan antimikroba dapat membantu dan memulihkan tubuh yang telah terinfeksi kuman. Jadi baik sekali manfaat jeruk untuk kesehatan. Tidak hanya meredakan batuk dan gatal tenggorokan saja. Tapi air perasan jeruk dapat menyembuhkan penyakit lain seperti demam dan menghilangkan jerawat.

Perlu diingat cara mengatasi sesak nafas karena batuk dengan ramuan jeruk boleh dilakukan. Jika seorang penderita tidak mengalami atau mempunyai riwayat penyakit lambung dan maag. Karena jika sekali ramuan ini masuk dan penyakit lambung dan perut kambuh. Malah akan menjadikan penyakit komplikasi pada tubuh. Dan berakibat fatal pada kesehatan tubuh anda.

5. Berbaring yang santai

Banyak orang yang gugup menghadapi masalah sesak. Namun, jangan terlalu gugup karena malah menjadi pemicu asam lambung naik dan sesak nafas akan semakin parah. Jadi cara mengatasi sesak nafas karena batuk selanjutnya adalah dengan berbaring santai. Bagaimana yang dilakukan?, yaitu meletakkan bantal di antara kaki dan kepala lebih ditinggikan.

Bisa juga dengan memposisikan tidur dengan terlentang dan kepala tetap ditinggikan dengan alas tumpukan bantal. perlu diperhatikan, posisi antara lutut dan bantal harus sejajar dengan bantal ditaruh dibawah lutut anda. Hal tersebut baik dilakukan untuk membantu pernapasan ringan dan meredakan sesak nafas tersebut.

6. Tutup mulut saat menghirup oksigen

Berikutnya, cara mengatasi sesak nafas karena batuk adalah tarik nafas dengan menutup telinga. Ini merupakan suatu terapi yang familiar dilakukan untuk meredakan sesak nafas ataupun batuk berdahak. Jadi langkah yang harus dilakukan menutup mulut anda ketika bernafas dan keluarkan secara cepat lewat mulut anda. Hal tersebut ditujukan untuk membantu keluarnya kotoran-kotoran yang menyumbat pernafasan.

Rileks kan otot leher serta bahu terlebih dahulu. Maka laju pernafasan akan lambat sehingga nafas akan semakin jauh lebih ringan. Apalagi langkah ini dilakukan dengan cara membungkukkan, dengan dibarengi mengakat benda berat, dan menaiki tangga. Pasti akan membantu menstabilkan pernafasan. Khususnya kuman karena batuk akan cepat keluar.

7. Pernafasan teknik diafragma

Apakah bisa teknik ini dilakukan saat kondisi batuk?, jawabnya bisa-bisa saja. Caranya sangat mudah diingat yaitu dengan anda duduk di kursi, lalu melenturkan lutut, leher, bahu, dan kepala anda. Taruhlah tangan cukup satu saja di atas perut, rasakan sensasi perut bergerak saat proses pernapasan tersebut.

Jangan lupa kencangkan otot perut saat melakukan penghembusan nafas. Maksudnya Buang nafas dengan pelan dari mulut dan posisikan mulut monyong. Jadi, cara mengatasi sesak nafas karena batuk kali ini dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Lebih baik jika melakukan penekanan yang lebih saat proses melepaskan nafas. Lakukan terapi ini dipagi hari saat kondisi udara tidak dibarengi dengan polusi.

8. Minum air hangat

Jika anda sedang batuk sebaiknya anda meminum minuman yang hangat-hangat. Hindari air es ataupun makan makanan yang dingin-dingin. Karena hal tersebut akan memperburuk kondisi paru-paru anda. Misalnya minum kopi dan tetap menjaga pola hidup sehat.

Sebenarnya batuk itu adalah untuk membantu pernafasan baik. Namun, ketika dua ini saling bentrok dan malah membuat kondisi semakin parah. Bisa jadi banyak bakteri yang sudah menempel pada sistem pernapasan manusia. Jadi cara mengatasi sesak nafas karena batuk di atas adalah langkah pertama dan sebaiknya cepat dilakukan. Untuk mencegah kondisi semakin memburuk dan infeksi pada leher dan sistem pernafasan lainnya.

Cara diatas bisa dilakukan dengan campuran, maksudnya selagi terapi diatas dapat meredakan sesak akibat batuk boleh dilakukan secara bersamaan. Misalnya setelah meminum ramuan jeruk dan berkumur dengan air garam. Boleh lanjut melakukan terapi dengan duduk santai, membungkuk, dan menyandar di dinding. Usahakan jika kondisi sesak carilah oksigen dan hiruplah oksigen dari mulut dan keluarkan dari hidung.

Semoga artikel cara mengatasi sesak nafas karena batuk ini bisa menambah wawasan dan juga bisa dipraktekkan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat pagi hari

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Dapat Mencegah Penyakit Jantung

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Dapat Mencegah Penyakit Jantung – Penyakit mematikan seperti jantung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *