5 Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil dengan Aman

Sumbersehat.com – Cara mengatasi sakit punggung saat hamil merupakan langkah yang harus diketahui oleh setiap ibu hamil. Sebab, sakit punggung ini dialami oleh semua ibu hamil dan pastinya itu bisa membuat bumil kesakitan. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali hamil, momen ini menjadi sesuatu hal yang baru.

Posisi janin berada dalam rahim, sehingga terjadi perubahan-perubahan pada tubuh Anda. Lalu, bagaimana cara mengatasi nyeri punggung saat hamil? Kabar baiknya, Anda bisa mengatasi sendiri atau dengan bantuan orang lain dengan aman dan mudah di rumah. Ikuti langkah-langkah ini!

Inilah Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Adapun cara mengatasi sakit penggung saat hamil adalah dengan :

Kompres Punggung dengan Air Dingin dan Panas

Cara mengatasi nyeri punggung saat hamil yang pertama dengan kompres air dingin dan pnas secara bergantian. Dilansir dari Jurnal Sehat Masada, kompres dingin diketahui bisa menurunkan kecepatan hantaran saraf sehingga memperlambat aliran pesan atau rangsangan rasa nyeri.

Baca juga : 6 Cara Mengatasi Anak Muntah Karena Masuk Angin Tanpa Obat

Sedangkan kompres panas dapat menghentikan peradangan dan relaksasi otot. Caranya, kompres punggung dengan menggunakan handuk yang berisi es batu. Letakkan handuk di atas punggung selama 20 menit dan lakukan beberapa kali dalam sehari.

Setelah tiga hari, kompres area punggung yang terasa sakit dengan botol berisi air panas. Jangan tempelkan botol air panas langsung di atas kulit karena dapat merusak jaringan. Aplikasikan cara mengatasi sakit punggung saat hamil ini dapat anda lakukan saat mau tidur atau saat santai.

Memperbaiki Postur Tubuh

Selama hamil, janin akan semakin besar sehingga membuat Anda lebih nyaman untuk duduk dengan cara membungkuk. Padahal, posisi tubuh yang membungkuk saat duduk membuat perut Anda terasa tertekan yang menyebabkan punggung semakin sakit.

Oleh karena itu, memperbaiki postur tubuh dalam beraktivitas sehari-hari adalah cara mengatasi nyeri punggung yang tepat. Mulai saat ini, ubah postur tubuh Anda dengan duduk tegap. Saat berdiri dan berjalan juga usahakan tubuh selalu pada posisi tegap. 

Pijat Punggung

Melakukan pemijatan pada area punggung bisa menjadi cara mengatasi punggung sakit saat hamil. Anda tentu saja tidak bisa melakukannya sendiri, minta bantuan pasangan untuk memberikan pijatan di semua area punggung. Cara lainnya dengan menggunakan jasa maternity massage yang datang ke rumah Anda.

Pilih jasa pijat dengan terapis profesional sehingga kesehatan Anda tetap terjaga. Jika anda tinggal di kota-kota besar, tentu tidak sulit mencari jasa terapis profesional ini. Namun, jika di kota kecil atau area pedesaan, anda bisa memanggil tukang pijat yang sudah biasa memijat ibu hamil.

Tidur Miring

Selanjutnya, cara mengatasi sakit punggung saat hamil adalah dengan tidur miring. Jika selama ini Anda tidur dengan posisi telentang, mulailah tidur dengan posisi miring ke kiri. Tak hanya mengurasi rasa sakit punggung, tidur miring ke kiri diketahui dapat melancarkan aliran darah ke plasenta janin.

Sebaliknya, tidur miring ke kanan tidak diajurkan karena bisa menghambat aliran darah ke plasenta janin. Caranya, tekuk kedua lutut dan diikuti oleh tangan yang miring searah posisi tubuh. Selipkan bantal yang empuk di kedua lutut sehingga terhimpit dan menopang perut yang semakin besar.

Baca juga : Begini 6 Cara Membuat Jamu untuk Diet dengan Bahan Alami

Punggung terasa lebih rileks dan Anda pun bisa tidur dengan nyenyak. Terapkan, cara mengatasi nyeri punggung saat hamil ini dengan berkonsultasi pada dokter kandungan anda. Mintalah saran dokter agar anda bisa menentukan posisi miring yang tepat sesuai perkembangan bayi.

Olahraga

Gerakan tubuh saat berolahraga membantu otot Anda tidak kaku dan merupakan cara mengatasi sakit punggung saat hamil. Jika dilakukan secara rutin, keluhan sakit punggung saat hamil berkurang.

Anda bisa menjalankan berbagai olahraga yang aman saat hamil, antara lain yoga, pilates, senam, jalan kaki, dan renang. Agar terjamin keamanannya, gunakan instruktur profesional yang membimbing Anda berolahraga.

Anda dapat menjalankan 5 cara mengatasi sakit punggung saat hamil tersebut secara aman dan mudah. Jika terjadi sakit punggung yang berkepanjangan, segera periksakan ke dokter kandungan langganan Anda. Jangan abaikan keluhan-keluhan yang mengganggu dan berkelanjutan selama masalah kehamilan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *