6 Cara Mengatasi Sakit Punggung Bagian Bawah dengan Mudah

By

Sumbersehat.com – Cara mengatasi sakit punggung bagian bawah bisa anda lakukan di rumah maupun kantor. Penyebab sakit punggung beragam, seperti jarang bergerak dan duduk dalam jangka waktu yang lama. Akibatnya, otot tubuh lemah dan sendi yang menghubungkan antar tulang menjadi kaku.

Apakah Anda saat ini sedang mengalami hal serupa? Ada banyak cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk meredakan rasa sakit punggung. Berikut cara menghilangkan sakit punggung bawah yang ampuh dan mudah dilakukan dimana saja!

Inilah Cara Mengatasi Sakit Punggung Bagian Bawah

Cukup melakukan beberapa cara menghilangkan sakit punggung bawah, anda bisa merasakan punggung kembali normal. Langkah-langkahnya adalah :

Tubuh dalam Kondisi Extension in Standing

Cara mengatasi sakit punggung bagian bawah pertama adalah dengan melakukan extension in standing. Saat bekerja, sesekali kondisikan tubuh anda dalam posisi ini dengan cara berdiri dan meregangkan kaki selebar pinggul.

Lutut sedikit diturunkan atau ditekuk, tangan diletakkan di atas pinggul, dan tangan berada pada kantong belakang. Kondisikan leher, punggung, dan kepala bagian belakang ke arah depan membentuk lengkungan. Lakukan beberapa saat dan rasakan tarikan pada bagian punggung.

Baca juga : 7 Cara Mengobati Sakit Lutut, Alami dan Cukup Ampuh!

Manfaatkan Waktu Istirahat dengan Mencari Posisi yang Nyaman

Mengubah posisi tidur juga termasuk cara menghilangkan sakit punggung bawah. Banyak orang yang mengalami susah tidur karena posisi yang salah. Posisi tidur yang salah secar aterus-menerus membuat sakit punggung semakin parah sehingga kualitas tidur Anda menjadi rendah.

Sewaktu anda istirahat, cari posisi tidur yang nyaman, salah satunya dengan posisi miring. Pinggul dan lutut dalam kondisi sedikit tertekuk sehingga tubuh terasa lebih rileks. Pada bagian bawah diantara dua lutut, sematkan bantal empuk dengan tangan memeluk bantal.

Kompres Dingin atau Panas pada Area Punggung

Mengompres area yang sakit dengan menggunakan es dapat mengurangi rasa nyeri. Sedangkan kompres panas mampu mengendurkan otot-otot tubuh yang kaku. Waktu yang ideal dalam proses kompres dingin dan panas dilakukan selama 15 menit.

Lakukan cara mengatasi sakit punggung bagian bawah ini secara rutin sampai sakit punggung hilang. Anda bisa memanfaatkan botol minum yang diisi dengan air es maupun air panas selama di kantor.

Sebagai catatan, kulit dan saraf bisa rusak apabila bersentuhan langsung dengan benda yang panas dan dingin. Untuk itu gunakan penghalang berupa kain seperti handuk di antara botol Mdengan kulit punggung. Apabila berada di rumah, Anda dapat mandi air hangat atau dingin sesuai kebutuhan.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Kalsium dan Vitamin D

Rasa nyeri pada punggung bisa disebabkan oleh adanya kekurangan kalsium dan vitamin D dalam tubuh. Kalsium diketahui berfungsi dalam menjaga kekuatan tulang dan mencehag osteoporosis.

Sementara vitamin D berguna untuk menjaga jumlah fosfor dalam darah dan kalsium. Klasium dan fosfor yang akan bekerja dalam kesehatan tulang. Cara mengatasi sakit punggung bagian bawah dengan asupan nutrisi yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung keduanya.

Ada banyak jenis makanan yang mudah Anda peroleh, diantaranya yoghurt, brokoli, keju, telur, dan kacang almond. Bahan makan tersebut dapat diolah menjadi ebrbagai jenis makanan yang enak dan menyehatkan.

Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri

Cara mengatasi sakit punggung bagian bawah berikutnya, dengan konsumsi obat seperti antidepresan dan ibuprofen. Obat-obatan ini tidak direkomenadikan untuk dikonsumsi sehari-hari, ada baiknya menjadi pilihan terakhir jika sakit punggung telah mengganggu dan bersifat kronik.

Anda juga sebaiknya mengkonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumi obat pereda nyeri agar sesuai aturan. Sebab, obat pereda nyeri yang dikonsumsi berlebihan juga tidak baik.

Baca juga : 5 Manfaat Bunga Kitolod yang Ampuh Obati Beberapa Penyakit!

Kenakan alas kaki yang nyaman

Ada hubungannya alas kaki dengan sakit punggung bagian bawah. Untuk meredakan sakit ini, anda harus memakai alas kaki yang tepat. Jika anda wanita, kurang penggunaan high heels. Mengurangi pemakaian alas kaki seperti ini dapat menjadi cara menghilangkan sakit punggung bawah yang tepat.

Itulah 6 cara mengatasi sakit punggung bagian bawah yang bisa Anda jalankan. Apabila semua cara tersebut tidak memberikan efek positif terhadap rasa nyeri Anda, sebaiknya periksakan ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan pemeriksaan dan terapi sampai sakit punggung Anda membaik.

Nantikan informasi kesehatan dan penyakit serta bahan herbal, simak terus artikel-artikel dari Sumber Sehat.

Tinggalkan komentar