5 Cara Mengatasi Sakit Leher dengan Mudah dan Ampuh di Rumah

By

Sumbersehat.com – Cara mengatasi sakit leher bisa dilakukan sendiri di rumah. Bisanya, sakit leher bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, terkadang mengganggu kegiatan Anda sehari-hari, bahkan bisa berdampak terhadap kesehatan tubuh Anda.

Kebanyakan orang tidak tahan dengan sakit leher karena bisa menyebar ke area lain. Kondisi ini menyebabkan pergerakan kepala dan leher menjadi terbatas. Meskipun bukan penyakit medis serius, Anda tentu saja ingin menghilangkan rasa sakit leher dengan cepat, bukan? Maka, ikuti cara mengatasi sakit leher di rumah berikut!

Inilah Cara Mengatasi Sakit Leher Secara Sederhana dan Ampuh

Anda bisa melakukan beberapa upaya untuk menangani sakit leher dan pundak sebelah kanan maupun kiri. Langkah-langkahnya adalah:

Berhenti Menjalankan Aktivitas Berat

Saat sakit leher, ada baiknya Anda berhenti menjalankan aktivitas berat untuk mengurangi peradangan. Aktivitas berat seperti olahraga bisa membuat Anda cedera yang berdampak terhadap leher yang terasa sakit. Supaya tidak tambah parah, sebaiknya Anda fokus pada cara mengatasi sakit leher dan pundak sebelah kanan maupun kiri terlebih dahulu.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil dengan Aman

Kompres Leher dengan Air Dingin dan Panas

Cara mengatasi sakit leher saat menoleh atau bergerak selanjutnya adalah mengompres leher dengan air dingin dan panas. Pertama, Anda kompres area leher yang sakit dengan handuk atau kain yang berisi es batu. Apabila handuk sudah tidak terasa dingin, isi es batu kembali selama beberapa kali sesuai kebutuhan Anda.

Lakukan selama tiga hari berturut-turut dan selanjutnya kompres leher dengan air panas. Caranya, air panas dimasukkan ke dalam botol dan tempelkan pada leher. Jangan lupa letakkan selembar kain sebagai alas botol air panas.

Tujuan cara mengatasi sakit leher dengan kompres dingin adalah melindungi kerusakan jaringan kulit dari panas. Anda juga bisa menggunakan botol yang berisi air hangat dan bisa Anda langsung tempelkan di atas leher.

Lakukan Senam Leher

Senam leher merupakan gerakan peregangan yang fokus pada area leher. Gerakan sederhana yang bisa coba dengan memiringkan leher ke samping kiri, kanan, atas, bawah, dan berputar. Anda bisa melakukan gerakan ini di rumah, kantor, area tunggu transportasi, dan di dalam transportasi umum.

Lakukan secara rutin hingga leher terasa rileks dan mudah digerakkan kembali. Lakukan gerakan ini secara perlahan dan bergantian, jangan langsung memaksakan leher untuk melakukan terlalu banyak gerakan.

Pijat Leher dengan Benar

Memijat leher dengan tepat adalah cara mengatasi sakit leher dan pundak sebelah kanan yang biasa dilakukan para orang tuah. Hanya dengan pijatan, sakit leher Anda bisa berkurang bahkan sembuh. Apabila Anda tidak bisa memijat leher sendiri, minta bantuan orang lain atau terapis profesional.

Baca juga : Begini 6 Cara Membuat Jamu untuk Diet dengan Bahan Alami

Tambahkan penggunaan minyak esensial agar pijatan semakin nyaman dan tentu membuat Anda semakin rileks dan hangat. Anda bisa memilih minyak esensial dengan aroma tea tree, lavender, peppermint, dan petitgrain.

Gunakan Bantal Khusus

Cara mengatasi sakit leher yang terakhir adalah menggunakan bantal yang tidak keras dan tidak terlalu tinggi. Bantal yang keras biasanya menyebabkan leher terasa kaku dan sakit. Begitu juga dengan penggunaan bantal yang tinggi bisa mengakibatkan leher tertekuk dan sakit.

Lantas, berapa tinggi bantal yang ideal? Tinggi bantal ideal berdasarkan lekukan leher saat tidur miring dengan posisi tulang leher sejajar dengan kasur. Setiap orang memiliki tinggi bantal yang berbeda-beda tergantung lekukan lehernya. Akan tetapi, secara umum tinggi bantal untuk wanita antara 1 sampai 3 cm dan pria 2 sampai 5 cm.

Sementara itu, rekomendasi material bantal dengan kualitas baik adalah memory foam yang dapat menyesuaikan posisi tidur dan bentuk kepala Anda. Kualitas bantal dan ketinggian kepala memang bisa mempengaruhi kesehatan leher dan pundak saat anda tidur. Jadi, pertimbangkan cara mengatasi sakit leher ini untuk diterapkan setiap hari.

Itulah cara mengatasi sakit leher saat menoleh atau bergerak yang dapat Anda lakukan di rumah. Namun, jika Anda sudah menjalankan semua cara tersebut dan leher masih terasa sakit, segera periksakan ke dokter. Walaupun terdengar berlebihan, Anda harus waspada terhadap kondisi kesehatan.

Tinggalkan komentar