Ketahui 13 Cara Mengatasi Sakit Kepala yang Ampuh!

By

Sumbersehat.com – Cara mengatasi sakit kepala, cukup gampang-gampang susah. Karena, anda harus rajin berlatih dan mengubah pola hidup. Hampir semua orang pernah merasakan sakit kepala. Beban yang terasa berat membuat stres dan menyebabkan sakit kepala hampir setiap hari.

Apabila dibiarkan saja, kesehatan fisik akan terganggu sehingga produktivitas turun. Agar sakit kepala berkurang, tentunya Anda harus menemukan cara yang tepat. Selain dengan obat, ada beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan. Berikut cara mengatasi sakit kepala setiap hari karena stres selain obat.

Inilah Cara Mengatasi Sakit Kepala yang Ampuh

Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk cara menghilangkan sakit kepala dengan cepat, meliputi:

Yoga dengan Berbagai Gerakan Sederhana

Saat Anda menjalankan gerakan yoga, napas ditarik dengan pelan, tenang, dan dalam. Tarikan napas tersebut dapat menurunkan ketegangan otot-otot tubuh. Begitu juga saat anda menggerakkan bagian tubuh lain seperti leher, tulang belakang, dan bahu, kondisi ini menyebabkan lancarnya aliran darah.

Stres menjadi berkurang dan akibatnya rasa sakit kepala menurun. Ada banyak gerakan sederhana dalam yoga yang membantu dalam cara meredakan sakit kepala. Diantaranya cat pose, eagle pose, seated forward bend, child’s pose, legs up the wall pose, kness-to-chest pose, seated spinal twist, head to knee pose, dan corpse pose.

Gerakan yoga tersebut bisa anda dapatkan dengan mudah melalui Youtube atau Instagram. Akan lebih baik lagi jika Anda bergabung dengan kelas yoga sehingga mendapatkan pengarahan dari instruktur. Lakukan cara mengatasi sakit kepala ini secara rutin, maka bisa membuat anda jauh dari sakit kepala.

Baca juga : Inilah 21 Manfaat Temu Putih, Ampuh Mengobati Berbagai Penyakit

Pijat relaksasi

Pijatan pada bagian tubuh tertentu diyakini bisa meredakan sakit kepala karena stres. Ada baiknya untuk dilakukan oleh ahli pijat yang sudah mendapatkan sertifikat pelatihan. Hal ini dikarenakan pijat tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Niat hati ingin sembuh dari sakit kepala, yang terjadi sebaliknya. Pastinya, anda tidak ingin sakit kepala bertambah parahkan?

Ada beberapa titik bagian tubuh yang dipijat diketahui sebagai cara menghilangkan sakit kepala. Diantaranya telapak tangan, pergelangan kaki, tengkuk leher, tulang hidung, pengkal leher, dan pelipis. Walaupun Anda tahu titik-titik pijat untuk meredakan sakit kepala, ada baiknya agar menggunakan jasa terapis bersertifikat.

Minum Teh

Kebiasaan minum teh ternyata menjadi salah satu cara mengatasi sakit kepala setiap hari yang disebabkan oleh stres. Dilansir dari Health Line, ada banyak pilihan jenis teh yang dapat menenangkan pikiran karena stres.

Anda bisa coba konsumsi teh peppermint, chamomile, lavender, kava, valerian, gotu kola, lemon balm, passionflower, green tea, ashwagandha, dan sebagainya. Secangkir teh dapat menurunkan tingkat kecemasan sehingga lenih tenang dan rileks.

Mencium Aroma dari Tanaman

Cara menghilangkan sakit kepala lain adalah dengan mencium aroma dari tanaman tertentu. Bahkan, berdasarkan penelitian Akio Nakamura dari Jepang, cara ini sudah dilakukan sejak zaman dahulu dalam mengurasi stres dan depresi.

Gunakan aroma tanaman seperti lavender dalam bentuk lavender oil. Lavender oil dapat dimanfaatkan dengan cara mencium langsung dari kemasan, meneteskan pada diffuser, maupun sebagai minyak saat pijat.

Baca juga : Penyakit Addison, Inilah Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Konsumsi Yoghurt

Yoghurt merupakan minuman fermentasi dengan bahan dasar susu. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa makanan yang mengandung bakteri (probiotik) meningkatkan kesehatan mental, fungsi otak, dan menurunkan tingkat stres. Sehingga, tepat sekali mengonsumsi yoghurt sebagai cara mengatasi sakit kepala.

Selain menurunkan tingkat stres, kandungan bakteri baik dalam yoghurt juga membantu dalam melancarkan pencernaan tubuh. Tetapi ada beberapa kondisi seseorang tidak dapat mengkonsumsi minuman fermantasi ini. Apabila ada gangguan kesehatan, jangan paksakan mengkonsumsi yoghurt.

Tak hanya itu, masih ada cara menghilangkan sakit kepala lainnya yaitu :

  • Minum air putih yang cukup setiap hari
  • Usap-usapkan es batu yang dibalut dengan kain ke bagian kepala yang sakit
  • Makan kentang rebus bisa dijadikan cara mengatasi sakit kepala
  • Konsumsi pisang secara rutin juga bisa meredakan sakit kepala
  • Makan dan minum bahan-bahan yang mengandung mint
  • Mengoleskan minyak kayu putih atau minyak angin
  • Hirup uap minyak kayu putih yang dicampur dengan air hangat
  • Makan biji wijen

Itulah beberapa cara mengatasi sakit kepala setiap hari karean stres. Selain cara di atas, Anda juga harus mengatur stres dengan baik. Stres setiap hari tentu saja tidak baik dan bisa mendatangkan berbagai penyakit. Untuk mendapatkan info terkait kesehatan dan penyakit, follow terus Sumber Sehat.

Tinggalkan komentar