8 Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat, Coba Yuk!

sumbersehat.com – Cara mengatasi sakit kepala sebelah tanpa obat, sangat penting untuk diketahui. Pasalnya, penggunaan obat bebas atau tanpa resep dokter bukanlah hal yang bijak. Terlebih jika obat-obatan tersebut digunakan dalam jangka waktu lama, maka kemungkinan risiko lain semakin besar.

Hal yang harus diketahui terlebih dahulu adalah penyebab sakit kepala sebelah yang dialami. Apakah dari pola hidup yang kurang teratur, stres, ataukah memang efek samping atas kondisi kesehatan tertentu. Jika masih tergolong ringan, maka cara mengatasi sakit kepala sebelah tanpa obat dapat diterapkan.

cara mengatasi sakit kepala sebelah
sakit kepala sebelah

inilah Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah yang Harus Diketahui

Sakit kepala sebelah dikatakan ringan, jika timbulnya tidak disebabkan oleh suatu penyakit yang serius. Melainkan hanya disebabkan oleh penggunaan kacamata yang salah ukuran, kurang tidur, penutup kepala yang terlalu ketat, atau suara bising. Cirinya, terasa berdenyut nyeri tetapi hanya di area tertentu saja. Jika hal ini terjadi, maka segera terapkan langkah awal cara menyembuhkan sakit kepala sebelah, yaitu :

1. Minum air putih

Percaya atau tidak, kekurangan asupan air putih dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala sebelah. Sehingga langkah pertama cara untuk mengatasi sakit kepala sebelah yang patut dicoba adalah minum air putih lebih banyak. Minimal 8 gelas per hari dan dapat ditingkatkan, jika sakit kepala sebelah mulai menyerang.

2. Atur Nafas atau Relaksasi

Cara mengatasi sakit kepala sebelah berikutnya adalah dengan mengatur nafas. Caranya, kondisikan diri sampai merasa nyaman dan rileks. Lalu tarik napas selama beberapa hitungan, tahan sebentar, dan hembuskan perlahan. Lakukan beberapa kali, sampai tubuh benar-benar santai dan sakit kepala mulai berkurang. Seandainya berada di rumah dan memiliki waktu luang, maka meditasi dapat menjadi langkah kedua. Mendengarkan musik berirama lembut dan pelan terbukti mampu membantu pikiran dan tubuh menjadi rileks kembali.

3. Peregangan atau Stretching

Cara menyembuhkan sakit kepala sebelah selanjutnya adalah melakukan peregangan sederhana. Sakit kepala sebelah mungkin saja timbul akibat kondisi otot di pundak dan punggung tegang dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, peregangan sangat cocok untuk mengatasinya. Cara mengatasi sakit kepala sebelah dengan peregangan, yaitu cukup dengan menggelengkan kepala ke arah kanan, tahan selama beberapa saat. Rasakan sampai urat-urat terasa tertarik, lalu lepaskan.

Istirahat sebentar, ganti ke arah kiri, atas dan bawah dengan cara yang sama. Lakukan secara bergantian dalam beberapa set. Selain menggelengkan kepala, peregangan juga dapat dilakukan dengan mengangkat bahu atau memutar-mutar persendiannya. Jika ingin melakukan stretching yang lebih lengkap, dapat mengikuti tutorial yang ada di kanal Youtube.

4. Aromaterapi

Ingin tubuh kembali rileks? Cara menyembuhkan sakit kepala sebelah dengan aromaterapi dapat dipertimbangkan. Selain dihirup, minyak aromaterapi juga dapat dioleskan ke bagian tubuh yang mengalami ketegangan, seperti di leher, dahi, atau bahu. Pilihlah aromaterapi yang menenangkan, seperti eucalyptus, peppermint, atau lavender.

5. Mandi Air Hangat atau Berendam

Air hangat dapat dijadikan alternatif cara mengatasi sakit kepala sebelah secara alami. Karena air hangat dapat mengendurkan saraf-saraf otot yang tegang, apalagi jika ditambah dengan minyak esensial, seperti chamomile, lavender, dan lain-lain. Minyak esensial ini dipercaya mampu merangsang kadar hormon serotonin di dalam tubuh. Yaitu hormon yang berkaitan erat terhadap suasana hati, mood, atau kebahagiaan. Jika memiliki bathup di rumah, maka berendam di dalam air hangat akan terasa sangat menenangkan.

6. Pijatan

Memberikan pijatan di area bahu, punggung, kepala, leher, dan pelipis dapat dijadikan sebagai salah satu cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri. Tambahkan minyak pijat dengan sedikit minyak esensial, lalu lakukan pijatan ringan selama kurang lebih 30 menit. Mintalah seseorang untuk memijat area yang sulit dijangkau.

7. Kompres Dingin

Mengompres dingin pada area leher atau kepala juga dapat mengurangi sakit kepala sebelah. Hal ini dikarenakan kompres dingin dapat membantu untuk mengurangi peradangan, menyempitkan pembuluh darah, serta memperlambat konduksi saraf. Cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri yang satu ini banyak diterapkan. Selain ampuh, caranya juga sangat mudah. Cukup gunakan es batu untuk mengompres bagian dahi, leher, dan bahu selama kurang lebih 15 menit. Beri jeda selama 15 menit, lalu lanjutkan kompresan ke bagian yang lain.

8. Kompres Hangat

Jika tidak kuat merasakan sensasi kompres dingin, maka kompres hangat juga boleh dilakukan. Terutama jika sakit kepala sebelah yang dirasakan juga disertai dengan otot leher yang tegang. Maka meletakkan bantalan hangat di bagian tengkuk menjadi cara menyembuhkan sakit kepala sebelah yang sangat menenangkan.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah dengan Makanan

Selain menggunakan beberapa cara mengatasi sakit kepala sebelah di atas, cara alami pun tidak ada salahnya dicoba. Mungkin memang tidak langsung terasa efeknya, tetapi cukup efektif untuk mengurangi kadarnya. Berikut adalah jenis bahan makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi.

1. Jahe

Sensasi hangat dari jahe dapat mengurangi peradangan pembuluh darah yang ada di kepala. Selain itu, jahe juga dapat mengatasi rasa mual yang biasanya menyertai sakit kepala sebelah. Cara mengatasi sakit kepala sebelah dengan jahe cukup beragam, boleh dibuat minuman jahe, dalam bentuk permen, maupun dioleskan.

2. Kafein

Siapa sangka, kandungan kafein di dalam teh atau kopi ternyata dapat mengurangi gejala sakit kepala sebelah. Meskipun demikian, jangan mengonsumsinya terlalu banyak, karena justru dapat menyebabkan sakit kepala.

3. Cuka Apel

Di dalam sari cuka apel mengandung kalium yang cukup tinggi, sehingga dapat meringankan dan mencegah sakit kepala sebelah. Cara mengatasi sakit kepala sebelah dengan cuka apel, yaitu dengan mencampurkan 1 sdm cuka apel ke dalam segelas air, lalu tambahan 1 sdt madu.

4. Teh Herbal

Teh herbal seperti teh jahe, chamomile, peppermint, krisan, atau teh lavender juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi sakit kepala sebelah. Kegunaan teh herbal sebenarnya bukan rahasia lagi, mulai dari mengatasi keluhan sakit kepala, memberikan efek relaksasi, hingga membuat tidur lebih nyenyak. Caranya sama dengan menyeduh minuman teh pada umumnya, minumlah selagi hangat.

5. Kentang

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung banyak kalium. Zat inilah yang dipercaya dapat mengurangi sakit kepala sebelah. Untuk hasil yang lebih maksimal, konsumsi kentang dengan cara direbus saja.

6. Pisang

Sakit kepala sebelah dapat ditimbulkan akibat kekurangan magnesium di dalam tubuh. Oleh karena itu, cara mengatasi sakit kepala sebelah yang tepat adalah dengan mengonsumsi bahan makanan yang tinggi magnesium. Seperti pisang, wijen, almond, kacang mete, telur, dan lain-lain.

7. Telur dan Ikan

Telur dan beragam jenis ikan mengandung lemak omega-3 yang dapat dijadikan sebagai obat alami sakit kepala sebelah. Manfaat lain dari lemak omega-3 adalah mengurangi efek yang ditimbulkan akibat peradangan di dalam tubuh.

Demikian sederet langkah awal cara mengatasi sakit kepala sebelah, beserta dengan jenis asupan yang diperlukan. Imbangi dengan banyak-banyak istirahat dan jauhi perangkat elektronik, seperti televisi dan gadget. Karena efek samping dari blue light dapat menyebabkan kepala menjadi lebih pusing. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara mengatasi pusing kepala

Terapkan 9 Cara Mengatasi Pusing Kepala Ini untuk Aktivitas Lancar

sumbersehat.com – Cara mengatasi pusing kepala tidak melulu dapat dilakukan hanya dengan minum obat. Pusing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *