Ampuh! 7 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat, Aman dan Alami

Sakit kepala memang bukanlah jenis penyakit yang mematikan. Namun jika kamu mengalaminya, tentu akan sangat merasa terganggu, apalagi jika terjadi saat di jam kerja. Bukan hanya mood yang akan rusak melainkan konsentrasi dan pekerjaan. Cara mengatasi sakit kepala yang sering orang lakukan adalah dengan minum obat sakit kepala, padahal ini bukanlah pilihan yang tepat.

Konsumsi obat sakit kepala cenderung memberikan efek samping, baik jangka pendek ataupun jangka panjang. Apalagi biasanya obat sakit kepala itu sering memiliki dosis yang tinggi. Lalu bagaimana cara atasi sakit kepala yang aman? Temukan jawabannya di bawah.

Apa yang Menyebabkan Sakit Kepala?

Sakit kepala adalah jenis penyakit yang hampir dialami oleh semua orang. Ada banyak faktor penyebab sakit kepala mulai dari pikiran, faktor lingkungan hingga masalah saraf yang ada pada organ tubuh. Adapun beberapa faktor spesifik yang menyebabkan sakit kepala diantaranya adalah:

1) Gangguan Pada Otot Leher dan Kepala

Gangguan otot pada leher dan kepala bisa menjadi salah satu faktor pemicu masalah sakit kepala. Masalah ini biasanya memicu terjadinya sakit kepala primer seperti sakit kepala tegang, migraine dan sakit kepala cluster. Sakit kepala jenis ini memang murni di sebabkan oleh gangguan otot pada bagian kepala bukan di bagian lainnya.

2) Aktivitas Obat Kimia di Otak

Bahan kimia memang sering kali menimbulkan masalah, terutama bagi syarat-syarat di kepala. Jika kamu mengonsumsi obat-obatan tertentu yang bisa memicu masalah kendala di syarat otak maka sakit kepala adalah salah satu akibatnya.

3) Penyumbatan Pembuluh Darah

Penyumbatan pembuluh darah di otak merupakan salah satu penyebab sakit kepala yang juga sering dialami oleh beberapa orang. Sakit kepala yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah ini masuk ke dalam kategori sakit kepala sekunder.

4) Kurang Cairan

Cairan memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk bekerja, tidak terkecuali oleh otak. Kekurangan cairan juga bisa menyebabkan masalah ada otak dan kepala. Salah satu masalah yang sering dialami orang yang mengalami sakit kepala adalah karena kekurangan cairan. Sehingga otaknya tidak bisa bekerja dengan baik. Suplai oksigen ke otak akan terhambat jika seseorang kekurangan cairan.

5) Keracunan Karbon Monoksida

Ini merupakan salah satu faktor eksternal. Keracunan karbon monoksida dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini karena terjadinya gangguan pada syarat di kepala yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit yang cukup parah.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat

Obat memang bisa mengatasi masalah sakit kepala dengan cepat, namun cenderung akan menimbulkan banyak masalah dan kontra indikasi. Apalagi bagi kamu yang memiliki alergi terhadap jenis obat-obat tertentu. Salah satu cara mengatasi masalah sakit kepala ini adalah dengan mengobati nya menggunakan cara alami atau tradisional, seperti:

1) Kompres dengan Es  Batu

Kompres kepala dengan menggunakan es batu adalah salah satu pilihan sederhana yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah sakit kepala. Rasa dingin pada es batu dapat menenangkan syaraf-syaraf di kepala dengan lebih cepat.

Urat syaraf yang tegang akan kembali normal jika dikompres dengan menggunakan es batu. Lakukan hal ini selama kurang lebih 15 menit saja.

2) Istirahat di Tempat Sunyi dan Gelap

Cara mengatasi sakit kepala adalah dengan istirahat yang cukup. Melakukan relaksasi adalah pilihan yang tepat saat kamu mengalami sakit kepala. Suasana yang tepat, sunyi, sepi dan gelap bisa lebih mudah menenangkan hati dan pikiran kamu  dengan lebih mudah. Sehingga syarat di kepala akan rileks dengan lebih cepat.

Secara perlahan sakit kepala kamu akan hilang dengan sendirinya. Saat di ruangan gelap kamu pejamkan mata kamu dan tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Lakukan hal ini sampai kamu benar-benar merasa lebih baik.

3) Pijat Bagian Pelipis

Cara ketiga yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah sakit kepala adalah dengan cara memijat-mijat pada bagian pelipis. Ini adalah salah satu syarat yang membuat kau sakit kepala. Saat sakit kepala, urat pada bagian pelipis ini akan menegang.

Maka dari itu, untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan cara memijat pada area pelipis. Dengan cara ini maka urat tegang kamu akan sedikit lebih terasa lentur dan nyaman.

4) Minum Kopi

Bagi sebagian orang ini mungkin terasa aneh, sakit kepala kok malah minum kopi. Namun sebenarnya hal ini memang patut di coba. Karena kopi merupakan sumber kafein paling tinggi, selain itu rasa hangatnya juga akan membantu rileksasi lebih baik ketimbang pakai cara yang lain.

Menurut beberapa ahli menyebutkan bahwa kafein dalam kopi ini mampu mengatasi syaraf-syaraf yang tegang akibat terlalu tinggi pikiran yang bisa akibatkan pusing pada kepala. Kopi dapat dengan baik menurunkan ketegangan syaraf-syaraf tersebut dengan baik. Maka tidak salah jika salah satu cara mengatasi sakit kepala dapat dengan menggunakan kopi.

5) Minum Campuran Jahe dan Madu

Jahe memang sudah dikenal sejak lama dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit kepala. Orang tua jaman dulu sering konsumsi jahe sebagai obat sakit kepala atau digunakan untuk obat kompres saat kepala terasa sakit.

Nah, kamu juga bisa menggunakan jahe untuk meredakan sakit kepala dengan cara meminum air rebusannya yang dicampur dengan madu agar terasa lebih nikmat. Air jahe yang hangat dan madu dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat syarat lebih tenang.

6) Makan Kentang Rebus

Sakit kepala makan kentang? Apa korelasinya? Ternyata menurut hasil studi Dr George Obikoya yang merupakan seorang ahli vitamin menyatakan bahwa kalium pada kentang dapat meredakan rasa nyeri. Orang yang sakit kepala adalah mereka yang kekurangan kalium di tubuhnya. Menurutnya, cara mengatasi sakit kepala ini sangat bagus bahkan lebih disarankan.

Kentang merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung kalium cukup tinggi. Mengkonsumsi kentang rebus adalah salah satu pilihan paling tepat kamu lakukan. Kebutuhan kalium tubuh akan tercukupi dan rasa sakit di kepala perlahan akan hilang.

7) Tidur yang Cukup

Tidur adalah salah satu cara paling tepat digunakan untuk mengatasi masalah sakit kepala. Orang yang kurang istirahat biasanya memang sering mengalami sakit kepala. Syaraf-syaraf di kepalanya akan mudah tegang.

Kekurangan istirahat bisa membuat seseorang merasa depresi dan emosi yang tidak stabil. Istirahat dengan mencukupi kebutuhan waktu tidur adalah Keputusan yang paling tepat. Saat sakit kepala, tidur bisa membuat otak lebih rileks dan tidak bekerja dengan berat.

8) Lakukan Meditasi

Sakit kepala terjadi karena pikiran terlalu tegang dan otak terlalu berpikir keras. Meditasi adalah salah satu cara mengatasi sakit kepala paling dianjurkan. Dengan melakukan meditasi maka syaraf-syaraf pada kepala akan sedikit lebih rileks dan lebih tenang.

Lakukan meditasi di tempat yang tenang dan jauh dari keramaian. Lebih nyaman lagi anda bisa sambil mendengarkan musik rileksasi agar otak lebih mudah merespon suasana sekitar. Lakukan dengan baik, tarik nafas dalam-dalam dan hempaskan secara perlahan. Dengan demikian maka sakit kepala akan hilang dengan mudah tanpa harus mengkonsumsi obat yang cenderung ada efek sampingnya.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Penyebab telapak tangan bengkak sering disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya karena faktor peradangan, penumpukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *