5 Cara Mengatasi Radang Usus Buntu, Tanpa Operasi!

Sumbersehat.com – Cara mengatasi radang usus buntu bukan hal yang sulit, tapi juga bukan hal yang mudah. Radang usus buntu atau apendisitis merupakan kondisi ketika usus yang buntu (appendix) mengalami peradangan.

Penanganan yang tidak cepat bisa menyebabkan peradangan makin parah dan berisiko terjadi infeksi. Nah, untuk mengatasinya,ada cara mengatasi radang usus buntu secara alami, lho.

Namun, anda harus memastikan bahwa anda benar-benar mengalami radang usus buntu dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. Gejala radang usus buntu antara lain nyeri pada perut di sisi kanan bawah, mengalami diare, serta demam.

Diagnosa Radang Usus Buntu

Untuk memastikan gejala usus buntu, anda perlu ke dokter. Dokter akan melakukan beberapa tes untuk mengetahui benarkah penyakit yang anda derita itu radang usus buntu atau tidak. Jika sudah tahu, dokter biasanya akan menyarankan untuk melakukan tindakan operasi.

Namun, apabila anda keberatan, anda bisa melakukan cara-cara alami untuk mengatasi radang usus buntu. Ketahui juga yuk, cara mengatasi radang usus buntu secara alami!

Baca juga : 5 Cara Mudah Membuat Ramuan untuk Radang Usus Besar

Inilah Cara Mengatasi Radang Usus Buntu Alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk membuat ramuan herbal usus buntu, diantaranya:

Konsumsi bawang putih

Gejala apendisitis dapat dikurangi dengan mengonsumsi bawang putih. Hal ini berkat adanya zat antiinflamasi pada bawang putih yang bisa membantu menurunkan radang. Selain itu, sakit perut, muntah, dan mual juga dapat disembuhkan dengan menggunakan bawang putih.

Cara mengatasi radang usus bunting dengan bawang putih ialah dengan mengonsumsi bawang putih mentah sebanyak 2-3 siung. Makanlah saat perut masih dalam keadaan belum terisi. Jika terganggu dengan rasanya sakit, anda tetap dapat menyiasatinya dengan mencampurkan bawang putih dengan masakan.

Manfaatkan minyak jarak

Radang usus buntu dapat dicegah dengan memanfaatkan minyak jarak. Minyak jarak dapat membantu mencegah penyumbatan pada usus buntu yang bisa menyebabkan peradangan. Cara mengobati radang usus buntu dengan minyak jarak adalah menghirup aroma minyak jarak.

Anda cukup berbaring di atas tempat tidur dengan beralaskan handuk. Kemudian, tuang minyak jarak sebanyak 2 sendok di atas perut anda. Selanjutnya, letakkan kain flanel yang sudah dilipat di atas area perut yang sudah diolesi minyak. Ulangi sebanyak 2-3 kali dalam seminggu agar memperoleh hasilnya.

Baca juga : 4 Ramuan Herbal untuk Syaraf Kejepit, Apa Saja Itu?

Gunakan jahe

Selain mudah ditemukan, jahe ternyata memiliki manfaat positif bagi penderita radang usus buntu, lho. Kandungan antiradang pada jahe dinilai mampu mengurangi gejala radang usus buntu serta nyeri perut.

Ada dua cara mengatasi radang usus buntu dengan jahe. Pertama, anda bisa meminum air teh jahe sebanyak 2-3 kali sehari. Kedua, pakailah minyak jahe untuk memijat bagian bawah perut. Lakukan pemijatan beberapa kali sehari supaya mendapatkan hasil yang nyata.

Coba konsumsi teh daun mint

Cara mengobati radang usus buntu lainnya yaitu dengan mengonsumsi teh daun mint. Menurut penelitian Journal of PeriAnesthesia Nursing, gangguan pencernaan dan sindrom iritasi usus dapat diatasi menggunakan daun dan minyak esensial mint.

Tidak hanya itu, daun mint memiliki aroma yang mampu meredakan sensasi mual sebagai efek dari radang usus buntu. Penggunaannya pun mudah. Rebus daun mint sebanyak 3-4 helai selama 5 hingga 10 menit. Setelah mendidih, tuang air saringan rebusan daun mint dan tambahkan madu asli. Minum selagi masih hangat.

Baca juga : 6 Manfaat Minyak Adas, Bisa Meningkatkan Kesehatan Anda!

Gunakan kelabat

Kelabat termasuk tanaman obat herbal, salah satunya sebagai cara mengatasi radang usus buntu secara alami. Kelabat berfungsi menghilangkan rasa sakit dengan cara mencegah terbentuknya lendir dan nanah dalam usus buntu.

Cara mengonsumsi kelabat sangatlah mudah. Ambil dua sendok biji kelabat, kemudian rebus menggunakan 1 liter air selama 30 menit. Saring air rebusannya lalu minum. Anda dapat meminumnya sebanyak 2 kali sehari untuk cara mengobati radang usus buntu.

Nah, 5 cara mengatasi radang usus buntu di atas tentunya dapat dijadikan alternatif bagi anda yang menghindari operasi. Gunakan bahan-bahan yang sekiranya mudah anda temukan dan konsumsilah secara teratur, ya. Semoga cepat sembuh!

Alangkah baiknya jika anda memadukan dua pengobatan yaitu pengobatan dokter dan pengobatan alami. Konsultasikan dulu tentang cara minum dan jarak waktu minum obat yang tepat pada dokter. Dapatkan info kesehatan dan penyakit penting lainnya di Sumber Sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara menghilangkan sesak di dada

11 Cara Menghilangkan Sesak di Dada yang Cepat Sembuhkan dan Mudah Dilakukan

sumbersehat.com – Cara menghilangkan sesak di dada mungkin menjadi hal yang belum diketahui oleh beberapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *