Terapkan 9 Cara Mengatasi Pusing Kepala Ini untuk Aktivitas Lancar

sumbersehat.com – Cara mengatasi pusing kepala tidak melulu dapat dilakukan hanya dengan minum obat. Pusing kepala memang sudah sangat umum dialami oleh kebanyakan orang. Namun, apabila Anda mengalaminya jangan sampai menyepelekan karena bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Sehingga dapat mengganggu dan merusak aktivitas yang sedang Anda jalankan.

Pusing kepala dapat datang secara mendadak ataupun bertahap dan bisa menyerang dimana saja dan kapan saja. Untuk mengatasinya memang bisa menggunakan obat, tetapi ketahuilah bahwa sebagian orang yang mengalami pusing disebabkan karena terlalu banyak konsumsi obat. Oleh karena itu, ketika sakit kepala mulai menghampiri, Anda bisa menerapkan cara menghilangkan sakit kepala berdenyut tanpa obat ini.

cara mengatasi pusing kepala
pusing kepala

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Pusing Kepala

Ada beberapa cara mengobati pusing kepala yang bisa Anda lakukan tanpa perlu pergi ke dokter ataupun membeli obat di apotek. Penasaran bagaimana caranya? Silahkan simak artikel ini hingga tuntas:

1. Mengonsumsi kentang rebus

Ada seorang ahli yang mengatakan bahwa kandungan kalium dapat membantu meredakan nyeri secara alami. Termasuk nyeri pada bagian kepala atau pusing kepala sehingga apabila tubuh kekurangan kalium, maka akan mudah mengalami sakit kepala.

Nah, kandungan kalium tinggi yang sangat bermanfaat untuk sakit pusing kepala terdapat dalam kentang. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki kentang di rumah, cara mengatasi pusing kepala ini cocok untuk dicoba. Untuk mengonsumsinya, silahkan Anda rebus kentang terlebih dahulu kemudian Anda bisa langsung memakannya.

2. Kurangi konsumsi kafein, garam, dan alkohol

Apabila Anda terlalu banyak mengonsumsi kafein, garam, dan alkohol maka dapat membuat kondisi pusing Anda menjadi semakin parah. Sebab, ketiganya memiliki sifat diuretik, dimana mampu membuat buang air kecil menjadi lebih meningkat sehingga membuat tubuh kekurangan cairan.

Apabila tubuh mengalami banyak kehilangan cairan tubuh, maka tentu hal ini bisa berdampak pada semakin memburuknya pusing yang Anda alami. Selain itu, Anda juga perlu menghindari merokok karena rokok juga dapat membuat pusing kepala Anda menjadi lebih buruk. Mengurangi konsumsi ketiga kandungan tersebut merupakan cara mengatasi pusing kepala yang jarang diperhatikan.

3. Berolahraga

Cara mengobati pusing kepala dapat Anda lakukan dengan melakukan olahraga kecil. Apabila Anda dapat rutin berolahraga,maka tentunya tubuh Anda akan menjadi fit dan masih banyak lagi efek kesehatan dari berolahraga. Diantaranya yaitu mampu membantu meningkatkan imunitas tubuh dan memperlancar aliran darah. Selain itu, olahraga juga bisa membuat badan merasa lebih rileks sehingga bisa membantu mencegah dan mengurangi gejala sakit kepala atau pusing.

4. Cukupi kebutuhan tidur

Salah satu penyebab yang seringkali dialami seseorang ialah karena Anda begadang atau kebutuhan waktu tidur yang belum terpenuhi. Oleh karena itu, cara mengatasi pusing kepala berdenyut ini sangat penting untuk Anda lakukan supaya pusing dapat mereda. Tinggalkanlah sebentar aktivitas yang Anda lakukan dan mulailah untuk beristirahat dengan tenang sejenak.

Hal tersebut tentu dapat membantu meredakan pusing kepala yang Anda alami. Selain bisa menyebabkan sakit kepala, kurang tidur juga bisa menurunkan sistem imun serta kesulitan dalam mengontrol emosi. Jadi, cukupi kebutuhan tidur Anda dengan tidur selama 6-8 jam perhari.

5. Jahe

Rempah jahe ini dari dulu sudah dikenal kaya akan manfaat, salah satunya yaitu dapat membantu mengatasi pusing kepala. Ada sebuah penelitian menunjukkan bahwa ternyata jahe manfaatnya hampir mirip dengan obat sakit kepala nyut-nyutan atau migrain yang biasanya dijual di pasaran.

Cara mengatasi sakit kepala mendadak dengan menggunakan jahe, yaitu dengan membuatnya sebagai wedang jahe. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan jahe pada menu makanan sehari-hari atau langsung mengonsumsi jahe dalam bentuk suplemen.

6. Cabai rawit

Satu bahan dapur yang memiliki rasa pedas ini ternyata juga Anda jadikan salah satu cara mengatasi pusing kepala. Hal ini dikarenakan cabai rawit memiliki senyawa capsaicin yang dinilai efektif untuk membantu meredakan sakit kepala yang Anda alami. Cara mengonsumsi cabai rawit untuk mengatasi pusing kepala dapat Anda lakukan dengan cara menggigitnya. Supaya lebih nikmat, alangkah baiknya jika Anda makan bersama dengan tahu goreng atau makanan lainnya.

7. Istirahat di ruangan gelap

Apabila Anda merasa pusing atau sakit kepala, maka cobalah untuk menerapkan cara mengatasi pusing kepala yang satu ini.. matikan lampu ruangan atau kamar, dengan beristirahat di tempat yang redup atau gelap dapat membantu memulihkan sakit kepala yang menyerang.

Cahaya yang sangat terang seperti cahaya lampu, cahaya layar laptop atau handphone, dan lain sebagainya bisa memperparah kondisi sakit kepala migrain. Apabila Anda sedang berada di luar ruangan, maka Anda bisa memakai kacamata hitam.

8. Pijat-pijat kepala

Cara mengatasi pusing kepala selanjutnya, Anda bisa melakukannya dengan cara memijat pada 6 titik di tubuh Anda. Pijatlah pada bagian 6 titik pada bagian tubuh tersebut secara berulang-ulang hingga rasa pusing Anda mulai mereda. Berikut ialah bagian tubuh yang dimaksud, yaitu:

  • Pertama yaitu diantara ibu jari tangan dengan jari telunjuk, pijat-pijat selama kurang lebih 10 detik .
  • Kedua yaitu, pijatlah pada bagian pergelangan kaki Anda sembari menekannya. Lakukan selama 5 detik kemudian pijatlah dengan cara memutar-mutar sambil menekannya.
  • Ketiga, pijatlah bagian tekak tulang hidung Anda secara perlahan dan sedikit memberi tekanan selama 10 detik.
  • Keempat, gunakan jari telunjuk Anda untuk memijat area tengkuk leher Anda. Lakukan cara menghilangkan sakit kepala berdenyut ini selama 10 detik.
  • Kelima, pijat bahu dan pangkal leher dengan perlahan sembari menekannya selama 1 menit. Untuk melakukan cara mengatasi sakit kepala mendadak yang satu ini, Anda bisa memnta bantuan kepada orang lain, seperti keluarga atau teman dekat.
  • Keenam, pijatlah bagian pelipis Anda menggunakan jari tangan Anda dengan teknik memutar.
  • Kompres dengan air dingin atau hangat

Cara mengatasi pusing kepala yang satu ini tentu sangat mudah Anda terapkan di rumah. Untuk membantu mengatasi pusing kepala yang Anda alami, cobalah untuk mengompres kepala dengan menggunakan cara kompres dingin atau hangat.
Baik kompres dingin atau kompres hangat, keduanya sama dapat membantu meredakan pusing. Jika Anda memilih menggunakan air dingin, maka jangan lupa untuk melapisinya dengan kain atau handuk.

9. Mengonsumsi air putih

Bisa saja pusing atau sakit kepala yang Anda alami terjadi karena Anda mengalami dehidrasi. Para ahli mengatakan bahwa apabila tubuh mengalami dehidrasi, maka bisa menimblkan pembuluh darah pada otak kesulitan mengontrol cairan di dalam tubuh. Nah, hal itulah yang bisa menyebabkan Anda mengalami sakit kepala.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menerapkan cara mengatasi pusing kepala dengan memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Minumlah air putih setidaknya minimal 8 kali dalam sehari supaya tidak mengalami dehidrasi.

Itulah beberapa cara mengatasi pusing kepala yang bisa Anda terapkan saat sakit kepala menyerang. Namun, apabila dengan mencoba cara di atas masih belum berhasil dan sakit kepala Anda tidak kunjung sembuh atau semakin parah. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah ada suatu kondisi medis tertentu yang menyebabkan kepala Anda pusing secara terus-menerus.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *