9 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi yang Alami dan Cepat Sembuh

sumbersehat.com – Cara mengatasi perut kembung pada bayi bisa dilakukan supaya bayi tidur dengan nyenyak dan tidak rewel. Perut kembung tentunya membuat bayi tidak nyaman sehingga menjadi rewel ataupun sering menangis. Pada umumnya, bayi yang berumur satu hingga tiga bulan sering mengalami perut kembung karena saluran pencernaannya belum berfungsi dengan baik, walaupun si bayi hanya minum ASI atau susu formula.

Setelah 6 bulan dan mulai MPASI, bayi biasanya mengalami perut kembung karena mulai konsumsi makanan yang cukup padat. Ketika saluran pencernaan dipenuhi oleh gas, maka perut bayi akan kembung. Bayi biasanya tidak bisa mengeluarkan gas dari dalam perutnya dengan mudah sehingga dia butuh bantuan untuk mengeluarkannya. Nah, berikut ini cara mengatasi perut kembung pada bayi!

Cara mengatasi perut kembung pada bayi
perut kembung pada bayi

Inilah Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Ada beberapa cara mengobati perut kembung pada bayi yang bisa Anda lakukan di rumah, diantaranya adalah:

1. Gerakkan Kaki Bayi Seperti Menggowes Sepeda

Salah satu tanda perut kembung pada bayi adalah perutnya bila dipegang terasa agak keras dan sering buang angin. Selain itu, bayi akan rewel dan menangis, bahkan sering menggeliat dan melengkungkan punggungnya ke belakang atau mengangkat kedua kakinya. Berbagai aksi atau tingkah bayi ini bisa diperlihatkan untuk memberi tahu kepada orang tuanya kalau dia sedang merasakan kembung atau rasa sakit lainnya.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi ini dilakukan dengan cara merebahkan bayi di kasur dengan posisi telentang. Kemudian, angkat dan gerakkan kedua kakinya seperti mengendarai sepeda. Tindakan ini bisa mengeluarkan gas dari perut bayi sehingga bayi bisa tidur dengan nyenyak. Orangtua harus lebih peka terhadap tingkah laku bayi karena bayi belum bisa mengkomunikasikan apa yang dirasa dengan berbicara.

2. Pijat Perut Bayi

Cara mengatasi perut kembung pada bayi selanjutnya adalah memijat perut bayi searah jarum jam dengan perlahan. Lakukan gerakan ini dengan posisi tidur telentang seperti cara sebelumnya. Bayi akan merasa nyaman dan mungkin tertidur. Bila orang dewasa saja senang ketika dipijat, bayi juga sangat suka karena sakit yang dirasakannya bisa hilang.

Selain perut, pijat juga anggota tubuh lainnya seperti punggung dan dada. Pakailah minyak telon atau kayu putih untuk menghangatkan tubuh bayi. Pemijatan sebaiknya dilakukan satu jam setelah bayi menyusu agar bayi tidak mual apalagi muntah. Bayi kembung dan mencret juga bisa teratasi dengan cara yang lembut ini.

3. Gosoklah Perut Bayi dengan Lembut

Cara mengatasi perut kembung pada bayi berikutnya adalah menggosok perut bayi dengan lembut. Tepuklah perut bayi dengan lembut, lalu gosok perut bayi supaya perutnya terasa hangat. Cara ini membantu bayi sering buang angin sehingga perutnya tidak kembung lagi. Gosoklah perut bayi dari punggung ke pusar. Berikan sedikit tekanan ketika tangan ibu mendekati pusar. Kulit dan struktur tubuh bayi masih sangat rentan sehingga orangtua harus berhati-hati.

4. Tepuklah Punggung Bayi dengan Lembut

Bayi kembung dan mencret biasanya terjadi karena ada angin yang terperangkap di dalam perut. Hal ini terjadi umumnya setelah bayi minum susu formula atau ASI, bahkan setelah makan (MPASI). Makanan atau minuman yang dikonsumsinya bisa menyebabkan bayi sulit bersendawa sehingga perutnya kembung. Cara mengatasi perut kembung pada bayi dalam kondisi seperni ini adalah dengan mengusap punggung bayi dengan menempatkannya di atas kedua paha ibu dengan posisi telungkup atau perut menghadap ke bawah.

5. Ubah Posisi Menyusui

Cara mengatasi perut kembung pada bayi ini dilakukan dengan cara memperbaiki posisi menyusui, baik secara langsung atau melalui botol. Ubah posisi kepala bayi lebih tinggi dari perutnya sehingga susu akan lebih mudah masuk ke perut. Posisi ini biasanya membuat bayi lebih nyaman dan tidak merasa tertekan ketika menyusu. Hal ini juga membuat udara menuju ke atas sehingga bayi bisa bersendawa. Pakailah bantal menyusui untuk memudahkan ibu menyusui dan rasanya pasti lebih nyaman.

Ibu juga harus sering mengecek agar tidak ada udara terperangkap di puting atau botol susu. Bayi sebaiknya disusui sebelum dia merasa lapar lalu menangis. Hal ini akan mengurangi kemungkinan perut kembung akibat masuk angin. Bayi yang menangis karena kelaparan akan cenderung menelan angin atau udara lebih banyak bersamaan dengan susu atau makanan masuk ke perutnya.

6. Buat Bayi Bersendawa

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang satu ini pastinya telah diketahui, yakni membuat bayi bersendawa setelah menyusu. Gendonglah bayi dengan posisi tubuhnya berdiri menghadap ibu. Posisikan perutnya menempel di dada ibu, lalu tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut sehingga bayi akan bersendawa.

Bersendawa bisa membuat perut bayi yang kembung menjadi hilang. Jika bayi tidak bersendawa setelah ditepuk-tepuk punggungnya, tidurkan bayi dengan posisi tengkurap selama beberapa menit supaya perutnya tertekan dan gas keluar dari perutnya. Setelah itu, coba lagi tepuk-tepuk punggungnya hingga angin atau gas keluar melalui sendawa atau kentut.

7. Mandikan Bayi dengan Air Hangat

Air hangat sangat baik untuk semua orang terutama bayi. Air hangat juga membantu perut bayi menjadi lebih nyaman. Cara mengatasi perut kembung pada bayi ini bisa dilakukan untuk bayi yang baru lahir dan bayi yang telah berumur beberapa bulan. Mandikan bayi dengan air hangat dan baluri perutnya dengan minyak kayu putih atau telon sehingga bayi merasa hangat.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengompres perut dan punggung bayi dengan handuk yang sudah direndam dalam air hangat. Bahkan, bayi yang berusia di atas 6 bulan dan sudah mulai makan MPASI bisa diberi minum air hangat. Cara seperti ini bisa membantu bayi menjadi lebih nyaman karena perutnya tidak kembung lagi.

8. Posisikan Bayi Tengkurap Cukup Lama

Jika bayi sudah bisa tengkurap, perut kembung yang dirasakan oleh bayi bisa diatasi dengan lebih mudah. Cara mengatasi perut kembung pada bayi ini bisa membuat bayi sendawa atau kentut sehingga angin di perutnya akan hilang. Bagaimana caranya? Biarkan bayi tengkurap lebih lama dan amati sikap bayi. Apakah dia merasa sakit dengan memasang wajah yang aneh atau justru merasa nyaman?

Perut bayi kembung dan berbunyi akan hilang dengan sendirinya apabila posisi bayi tidur tengkurap. Posisi ini akan membantu gas di perut mendapatkan tekanan dari berat badan bayi. Setelah itu, bayi akan buang angin atau bersendawa yang menandakan gas atau angin telah keluar dari perut. Ajaklah bayi berkomunikasi supaya dia membuka mulutnya. Hal ini juga bisa membuat angin atau gas keluar dari perutnya.

9. Biarkan bayi bergerak aktif

Ketika perut bayi kembung dan berbunyi, gerakan bayi tidak boleh dibatasi karena berbagai gerakan itu sesuai dengan pola perkembangan bayi dan kemampuan fisik bayi. Bayi sebaiknya tidak terlalu sering digendong karena bisa menyebabkan bayi menjadi kurang aktif. Ajaklah bayi bermain atau belajar sesuai dengan kondisi fisiknya. Berbagai gerakan ini juga bisa membantunya untuk bersendawa.

Itulah cara mengatasi perut kembung pada bayi yang bisa dicoba oleh para ibu. Jangan langsung panik ketika bayi kembung karena hal ini sangat lumrah terjadi. Yuk, merawat buah hati dengan kasih sayang!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

4 Alasan Kamu Mengalami Maag dan Sakit Kepala Bersamaan, Jarang Orang Sadari

4 Alasan Kamu Mengalami Maag dan Sakit Kepala Bersamaan, Jarang Orang Sadari

Maag dan sakit kepala terkadang dirasakan bersamaan oleh beberapa orang. Tapi, apakah hal tersebut bisa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.