7 Cara Mengatasi Nyeri Punggung Mudah dan Aman

Cara Mengatasi Nyeri Punggung – Salah satu penyakit yang paling umum diderita oleh masyarakat adalah nyeri punggung. Sebagian orang pasti pernah mengalami nyeri punggung setidaknya satu kali dalam seumur hidupnya. Namun, nyeri punggung dapat dicegah dan juga dapat diredakan.

Nyeri yang terjadi pada punggung dapat terjadi pada bagian punggung mana saja. Namun ada area yang paling sering terkena nyeri punggung adalah punggung pada bagian bawah. Hal tersebut terjadi karena punggung pada bagian bawah menopang sebagian besar berat badan anda.

Penyebab Terjadinya Nyeri Pada Punggung

Sebelum saya bahas tentang cara mengatasi nyeri punggung, terlebih dahulu saya akan jelaskan penyebab nyeri punggung. Nyeri punggung yang datang secara tiba-tiba dan biasanya berlangsung tidak lebih dari enam minggu dapat diakibatkan karena jatuh atau mengangkat beban yang berat.

Selain itu juga dapat terjadi saat anda bergerak secara tiba-tiba, duduk dalam waktu yang lama dengan satu posisi. Namun, apabila anda mengalami sakit punggung yang tidak wajar seperti nyeri punggung pada umumnya akibat dari cedera atau kecelakaan, maka anda harus memeriksakan ke dokter.

Pada kondisi nyeri punggung pada umumnya dapat mempengaruhi otot atau regangan ligamen, hal tersebut biasanya karena mengangkat beban yang terlalu berat atau melakukan gerakan secara tiba-tiba. selain itu ada penyebab nyeri punggung seperti karena radang sendi, skoliososis dan juga osteoporosis.

Biasanya nyeri pada punggung ditandai dengan munculnya gejala nyeri seperti sakit otot pada sekitar punggung, nyeri yang terasa tajam dan semakin memburuk saat anda membungkuk, mengangkat, berjalan, berdiri dan akan membaik apabila anda berbaring.

Cara mengatasi nyeri punggung biasanya dapat berangsur membaik dengan melakukan perawatan di rumah dan melakukan perawatan diri, nyeri tersebut dapat sembuh setelah beberapa minggu. Apabila anda telah melakukan perawatan di rumah setelah beberapa minggu tidak berangsur membaik, maka anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Cara Mengatasi Nyeri Punggung

Untuk cara mengatasi nyeri punggung, anda dapat melakukan perawatan mandiri di rumah. Hal tersebut cukup mudah untuk anda lakukan sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang ada pada punggung anda.

Saat anda mengalami nyeri punggung akibat aktivitas yang biasanya ada lakukan sehari-hari, maka anda dapat melakukan perawatan ini tanpa menggunakan resep dokter. Selain mudah untuk dilakukan, cara ini juga termasuk ampuh untuk mengurangi nyeri punggung anda. Anda dapat coba cara mengatasi nyeri punggung secara alami dengan beberapa cara berikut ini.

1. Pijat Punggung

Pijat merupakan satu hal yang sering dilakukan oleh masyarakat saat mengalami berbagai macam penyakit yang terjadi pada bagian tubuh tertentu seperti punggung. Anda hanya perlu melakukan pijat secara teratur di rumah ataupun di pusat kesehatan.

Pijat dapat mengurangi nyeri yang anda derita, mengendurkan otot, mengurangi stres dan juga dapat mendorong tubuh untuk memproduksi lebih banyak hormon endorfin. Dengan melakukan pijat, anda dapat mengurangi nyeri pada punggung anda dan akan berangsur membaik.

2. Melakukan Peregangan

Sebagian orang dituntut untuk duduk lebih lama di kursi sepanjang hari untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun untuk belajar. Hal tersebut apabila dilakukan dengan kurun waktu yang relatif lama, maka dapat menyebabkan nyeri pada punggung anda.

Untuk menghindari dan juga mengatasi nyeri pada punggung karena duduk terlalu lama, anda dapat melakukan peregangan tubuh sekitar 20 menit, anda juga jangan mempertahankan posisi duduk yang sama dengan terlalu lama. Untuk melakukan peregangan, anda dapat dapat berdiri meregangkan tubuh, punggung, kaki dan juga lengan anda. Selian itu, olahraga ringan juga dapat membantu mengendurkan otot anda.

3. Mengompres Punggung

Saat anda mengalami nyeri punggung, waktu sakit yang lebih serius terjadi pada saat bangun di pagi hari, dalam waktu tersebut anda akan merasakan sakit dan kaku pada area punggung anda. Bahkan dalam keadaan yang lebih parah, anda tidak dapat bangun untuk duduk.

Untuk menguangi rasa nyeri pada punggung, anda dapat mencoba untuk mengompres dengan kompres panas pada bagian bawah punggung anda saat anda berbaring terlentang atau anda dapat menempatkan pada bagian atas punggung anda saat berbaring telungkup.

Panas yang terdapat pada kompres tersebut dapat membantu untuk menghangatkan otot, meredakan kekakuan, dan darah anda dapat mengalir ke punggung dengan lebih mudah. Namun perlu diketahui bahwa kompres yang anda gunakan pastikan tidak terlalu panas, agar tidak merusak jaringan kulit anda.

4. Mengubah Posisi Tidur

Posisi tidur anda tentunya dapat mempengaruhi kondisi pada nyeri punggung. Ada beberapa posisi yang dapat mengurangi rasa sakit pada punggung ataupun sebaliknya dapat meningkatkan rasa nyeri pada punggung. Apabila anda terbiasa tidur telentang, anda dapat mencoba dengan menempatkan bantal di bawah lutut anda.

Untuk itu anda perlu untuk mencoba dan mencari tahu posisi mana yang paling baik anda lakukan. Tidur dengan posisi bersandar dapat membantu anda untuk mengurangi nyeri pada punggung. Selain itu, anda juga dapat mencoba untuk tidur di kursi atau tempat tidur khusus untuk sokongan yang jauh lebih baik.

5. Tetap Aktif Untung Bergerak

Pada umumnya orang yang mengalami nyeri pada punggung hanya ingin untuk beristirahat atau berbaring hingga sakit yang dialami dapat berkurang. Padahal, bergerak aktif dengan melakukan aktivitas ringan akan jauh lebih cepat untuk menyembuhkan nyeri pada punggung.

Anda dapat bergerak dengan aktivitas ringan seperti  melakukan jalan kaki. Dan hindari untuk tidak mengangkat beban berat dan juga aktivitas yang berat.

6. Melakukan Yoga Tertawa

Yoga tertawa adalah salah satu jenis yoga yang dapat membantu untuk memperbaiki kondisi kesehatan dengan cara tertawa. Saat anda tertawa, tubuh dapat menghasilkan lebih banyak oksigen, dapat mengurangi stres dan juga dapat memproduksi lebih banyak hormon endorfin atau hormon yang membantu meredakan nyeri secara alami.

Selain itu yoga tertawa merupakan salah satu aktivitas berupa latihan fisik yang ringan. Anda dapat mencoba latihan yoga tertawa apabila latihan lain untuk mengurangi nyeri punggung terlalu sulit dan juga menyakitkan bagi punggung anda.

7. Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri

Salah satu cara yang termasuk ampuh untuk mengobati nyeri adalah dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri. Anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol untuk meredakan nyeri anda.

Namun perlu anda ingat, bahwa anda tidak boleh mengkonsumsi obat pereda nyeri tersebut terlalu sering, karena efek samping yang didapatkan dari obat tersebut seperti penyakit maag, ganggungan pada fungsi ginjal ataupun alergi. Anda hanya perlu mengkonsumsi obat yang secukupnya sesuai dengan dosis dan anjuran yang sudah tertera.

Ulasan di atas merupakan cara mengatasi nyeri punggung yang mudah untuk anda lakukan di rumah. Pastikan setelah anda mengikuti berbagai cara untuk mengatasi nyeri punggung, anda menghindari untuk melakukan aktifitas yang berat, mengangkat beban berat dan duduk terlalu lama. Semoga ulasan di atas dapat membantu anda, selamat mencoba.

About Alvindayu

Check Also

cara menghilangkan sesak di dada

11 Cara Menghilangkan Sesak di Dada yang Cepat Sembuhkan dan Mudah Dilakukan

sumbersehat.com – Cara menghilangkan sesak di dada mungkin menjadi hal yang belum diketahui oleh beberapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *