7 Cara Mengatasi Nyeri Haid Paling Mudah Tanpa Obat, Wanita Wajib Baca!

By

Nyeri haid adalah salah satu masalah yang sering sekali dialami wanita. Biasanya nyeri haid ini terjadi pada hari 1-2 haid, biasanya terasa nyeri pada perut bagian bawah. Beberapa wanita ada yang sampai pingsan karena menahan rasa sakitnya. Maka dari itu, penting sekali rasanya kamu para wanita memahami cara mengatasi nyeri haid ini.

Ada banyak kok cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasinya mulai dari dengan menggunakan obat ataupun tanpa menggunakan obat. Nah, berikut ini adalah 7 tips cara atasi nyeri haid pada wanita dengan menggunakan cara alami tanpa obat.

Apa Sih Penyebab Nyeri Haid?

Sebelum memahami cara mengatasi nyeri haid dengan baik, terlebih dahulu kamu harus tahu faktor penyebabnya agar kamu bisa mengatasi dan menghindarinya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan ras nyeri pada saat wanita haid. Biasanya dialami oleh beberapa wanita, seperti berikut:

1. Kontraksi Dinding Rahim

Masalah paling umum ditemukan wanita yang mengalami keram atau sakit pada area perut saat haid adalah karena adanya kontraksi pada dinding rahim. Pada saat haid biasanya terjadi peluruhan pada dinding rahim yang memicu kontraksi. Kontraksi akan menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim. Hingga suplai darah dan oksigen ke rahim terputus hingga menimbulkan rasa nyeri.

2. Volume Haid yang Lebih Banyak

Selain terjadinya kontraksi pada dinding rahim, masalah nyeri haid juga sering dialami wanita karena volume haid yang terlalu banyak. Hal ini akan menguras semua darah dari rahim keluar. Hal ini juga bisa menyebabkan rasa nyeri, umumnya hal ini terjadi pada saat pertama haid.

3. Menstruasi Pertama Sebelum 11 Tahun

Wanita yang baru pertama kali mengalami haid utamanya mereka yang berusia dibawah 11 tahun akan mengalami rasa sakit yang luar biasa saat pertama haid. Namun hal ini tentu tidak terjadi pada semua wanita. Hal dikarenakan  proses penyesuaian dinding rahim.

4. Berat Badan Berlebih

Salah satu faktor lain yang menyebabkan tidak lancar dan sakitnya haid adalah karena berat badan berlebih. Orang yang memiliki berat bada berlebih akan lebih sering mengalami gangguan nyeri saat haid. Hal ini biasanya dikarenakan penyempitan dinding rahim dan keluarnya darah sehingga menimbulkan rasa sakit.

5. Sering Konsumsi Rokok

Rokok memang tidak ada bagus-bagusnya bagi kesehatan tubuh. Banyak sekali masalah kesehatan yang dialami wanita akibat konsumsi rokok, salah satunya adalah sakitnya merasa sakit pada perut ada saat haid.

6. Minuman Beralkohol

Selai rokok, alkohol juga menjadi salah satu jenis faktor penyebab nyeri pada saat haid. Alkohol dapat mengakibatkan tidak lancar nya darah haid yang keluar. Sehingga akan menimbulkan rasa sakit pada dinding rahim wanita haid.

7. Belum Pernah Hamil

Wanita yang masih gadis biasanya memang sering  mengalami sakit saat haid. Hal ini karena dinding rahim mereka belum melebar layaknya orang yang sudah melahirkan. Sehingga sering kali terjadi gesekan dinding rahim yang membuat perut terasa sakit.

Lantas Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Haid?

Nyeri haid bukan hanya akan mengurangi gerak dan aktivitas harian saja, melainkan juga akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Jika terus dibiarkan tentu kamu tidak akan merasa betah bukan? Ada banyak kok cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi nyeri haid. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Banyak-Banyak Minum Air Putih

Air putih memang memiliki banyak sekali khasiat, bukan hanya untuk kesehatan harian saja, melainkan juga dapat digunakan ketikan kamu mengalami rasa sakit saat haid. Memenuhi kebutuhan cairan saat kamu haid adalah hal yang penting dilakukan.

Kekurangan cairan bisa menambah risiko rasa sakit perut karena haid. Minum air putih mungkin tidak akan menyembuhkan rasa sakitnya, namun bisa meminimalisir ras sakit itu.

2. Kompres dengan Air Hangat Di Botol

Selain dapat dilakukan dengan meminum air dengan porsi yang banyak, kamu juga bisa menggunakan air hangat untuk mengurangi rasa sakit akibat nyeri haid. Cara mengatasi nyeri haid ini juga cukup sederhana kamu cukup memasukkan air hangat ke dalam botol, lalu kamu tempelkan air hangat tersebut tepat di perut yang terasa sakit.

3. Gunakan Minyak Esensial

Menurut beberapa hasil penelitian minyak esensial memiliki khasiat yang cukup bagus, salah satunya dapat digunakan untuk meredakan sakit pada saat haid. Wanita yang mengalami masalah sakit haid dapat diatasi dengan mudah dengan menggunakan minyak esensial.

Beberapa jenis minyak esensial yang berasal dari cengkeh, kayu manis dan lavender adalah jenis yang bagus untuk meredakan sakti haid. Selain bisa meredakan sakit haid, minyak esensial ini juga bisa meningkatkan rileksasi saat kamu haid.

4. Lakukan Pijatan Halus

Cara mengatasi nyeri haid paling sederhana dan paling mudah dilakukan oleh semua orang adalah dengan cara melakukan pijatan halus di sekitar perut yang terasa sakit. Namun jangan sampai salah pijat, lakukan dengan baik pijatannya. Pijatan ini dapat melemaskan otot-otot perut agar lemas dan tidak tegang.

5. Konsumsi Jamu Kunyit Asam

Kunyit memang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan wanita,terutama bagi mereka yang mengalami sakit saat menstruasi. Jamu kunyit asam merupakan salah satu perpaduan sempurna yang bisa kamu konsumsi saat kamu mengalami masalah tidak lancar ata sakit saat haid. Kandungan kurmumin dalam kunyit akan membantu mengatasi rasa sakit pada perut.

Hal ini karena kurmin akan menghambat produksi prostaglandin berlebih pada rahim sehingga dapat menekan dan mengurangi rasa sakit di perut. Namun buat kamu yang memiliki sakit mag sebaiknya hindari ini, karena jamu kunyit asam akan menimbulkan efek samping berupa naiknya asam lambung.

6. Berobat Ke Akupuntur

Saat kamu merasakan nyeri haid, salah satu teknik pengobatan yang bisa dan tepat kamu gunakan adalah akupuntur. Akupuntur menjadi salah satu cara mengatasi nyeri haid paling tepat. Akupuntur akan memperbaiki siklus haid dengan sangat baik dan mengurangi rasa sakit akibat haid.

7. Gerakan Badan  dengan Olahraga Ringan

Cara berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah nyeri haid adalah dengan menggerakkan badan. Kamu bisa melakukan olahraga ringan di rumah. Dengan melakukan beberapa gerakan kecil maka tubuh akan memproduksi endorfin yang dapat meredakan sakit pada area perut.

8. Ganti Pola Makan

Merubah pola makan juga bisa menjadi salah satu cara terbaik yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah nyeri pada saat haid. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung omega 3, sayur-sayuran, protein dan kacang-kacangan lainnya. Selain itu, cukupi juga kebutuhan cairan tubuh dengan baik.

Jika ke 8 cara mengatasi nyeri haid diatas ini masih tidak mempan juga, maka kamu bisa menggunakan obat pereda nyeri atau lebih bagusnya kamu lakukan konsultasi dengan dokter yang ahli di bidangnya. Dengan demikian maka sakit haid kamu akan teratasi dengan baik dan kamu bisa jalani aktivitas yang normal kembali seperti sediakala.

Tinggalkan komentar