11 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Secara Alami Dan Tanpa Obat

sumbersehat.com – Cara mengatasi mual saat hamil merupakan salah satu PR tersendiri. Pasalnya, selain identik dengan nyidam, ibu hamil seringkali mengalami mual dan muntah atau yang biasa dikenal dengan istilah morning sickness. Uniknya, meski dinamakan “morning sickness” tetapi gejala ini tidak terikat waktu secara pasti.

Pada beberapa ibu hamil, mual dan muntah dapat terjadi kapan saja. Selain karena faktor hormonal di dalam tubuh yang melonjak, ternyata juga dapat disebabkan oleh faktor lain. Mulai dari bau masakan, aroma tubuh suami, atau hal-hal lain yang tiba-tiba mengganggu indera penciuman.

cara mengatasi mual saat hamil

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Tanpa Obat

Mual selama masa kehamilan memang tidak dapat dihindari, kecuali pada beberapa orang yang memang mengalami kehamilan “ngebo”. Namun, bukan berarti hal ini tidak dapat diatasi atau diminimalisir. Berikut adalah beberapa cara mengatasi mual saat hamil yang dapat dicoba:

Jaga Asupan Cairan

Bagi ibu hamil, cairan tubuh merupakan hal penting yang harus dijaga dengan baik. Selain untuk alasan kesehatan, asupan cairan juga dapat meminimalisir rasa mual. Ingat, hindari untuk mengonsumsi jenis minuman yang manis, terlalu dingin, mengandung kafein, serta alkohol.

Air putih tetap lebih baik atau pilih minuman yang elektrolit untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Beberapa jenis minuman elektrolit yang dianjurkan, yaitu jus buah, air kelapa, produk minuman elektrolit, atau larutan gula galam buatan sendiri. Cara mengatasi mual saat hamil tak hanya jitu, tetapi juga memberikan kenikmatan tersendiri.

Pilih Makanan

Cara mengatasi mual saat hamil dengan lebih selektif terhadap makanan adalah salah satu langkah yang dapat dicoba. Pilihlah jenis makanan yang kaya akan protein, rendah lemak, serta mudah dicerna. Seperti yogurt, sayuran segar, buah-buahan, pasta, roti gandum, biji-bijian, dan lain-lain.

Olah makanan tersebut dengan bumbu dan rasa yang tidak terlalu tajam, serta makanlah saat makanan sudah dingin (suhu ruang). Hal ini untuk menghindari rasa yang terlalu menguar, sehingga memicu rasa mual. Selain itu, hindari makanan berlemak, berminyak, dan berasa pedas, karena dapat membuat perut menjadi tidak nyaman atau bahkan iritasi.

Ubah Porsi Makan

Rasanya memang agak malas, saat perut diisi tetapi malah terasa mual dan ingin muntah. Meski demikian, jangan selalu diikuti keinginan tersebut, karena perut yang tidak terisi justru akan memperparah rasa mual. Oleh karena itu, tetaplah makan tetapi ubah porsinya.

Makanlah dalam porsi kecil tetapi lakukan sering, serta jangan tunggu rasa lapar sampai datang. Sebaiknya buat jam makan, misal setiap tiga atau empat jam sekali. Mengunyah makanan secara perlahan juga cara mengatasi mual saat hamil yang patut ditiru, karena terbukti dapat mengurangi naiknya asam lambung.

Hirup Udara Segar

Orang tua dulu sering sekali menyarankan ibu hamil untuk memperbanyak jalan kaki di pagi hari. Selain menguatkan kandungan dan melancarkan proses persalinan, aktivitas ini juga salah satu cara untuk mengatasi mual saat hamil. Mendapatkan udara segar juga harus diwujudkan di rumah, yaitu dengan memberikan ventilasi yang cukup.

Perbanyak Istirahat

Beberapa ibu hamil memang ada yang mengalami masalah kesulitan tidur, terutama saat sudah masuk trimester ketiga. Namun, sejak awal kehamilan pun waktu istirahat juga harus diperhatikan dengan baik. Usahakan untuk tetap tidur minimal 8 jam pada malam hari, dan tidur siang meskipun hanya sebentar.

Selain itu, saat bangun jangan terburu-buru untuk langsung beranjak dari tempat tidur dan langsung beraktivitas. Lakukanlah secara bertahap, tinggikan bantal di kepala lalu bersantailah sejenak. Setelah itu, cobalah untuk duduk, berdiri, baru berjalan. Memang sedikit ribet, tetapi cara mengatasi mual saat hamil ini terbukti efeknya.

Olahraga Ringan

Masih ada segelintir orang yang berpikir, saat hamil maka olahraga harus dihentikan. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena ternyata olahraga juga menjadi cara tepat mengatasi mual saat hamil. Namun, hindari olahraga yang terlalu berat dan menguras tenaga banyak.

Pilih olahraga ringan dengan intensitas rendah, seperti berjalan kaki, berlari kecil, atau berenang. Tidak perlu terlalu lama, cukup 20 menit per hari terbukti ampuh melepaskan hormon endorfin pada ibu hamil. Namun, alangkah lebih baik jika melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan untuk memastikan kondisi kehamilan.

Hindari Stres

Stres merupakan salah satu penyebab terbesar perasaan mual pada ibu hamil. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari stres, rasa cemas, atau beban di pikiran. Jika bekerja, sediakan sedikit waktu untuk me-refresh diri, baik dengan berjalan-jalan di luar kantor atau mendengarkan musik.

Meditasi menjadi salah satu cara paling tepat untuk mengurangi stres pada ibu hamil, tambahkan aromaterapi untuk menambah kesan rileks. Cobalah minyak esensial beraroma seperti spearmint, peppermint, lemon, atau aroma lain yang segar. Selain meredakan stres, langkah ini juga dapat dijadikan sebagai cara mengatasi mual saat hamil.

Bagaimana ini terjadi? Menurut seorang ahli gizi di Boston, mencium aroma yang segar dapat menurunkan kadar hormon estrogen. Hormon inilah yang bertanggung jawab dalam mengendalikan kinerja indera penciuman. Cara mengatasi mual saat hamil muda yang satu ini sangat disarankan, terutama bagi yang memiliki kadar estogren tinggi.

Makan Sesuatu yang Asam

Ibu hamil sangat identik dengan rujak atau buah-buahan dengan rasa yang masam, salah satunya yaitu mangga muda. Ternyata, kebiasaan tersebut juga termasuk ke dalam kategori cara mengatasi mual saat hamil. Makanlah sesuatu seperti permen asam maupun air lemon, sementara untuk mangga muda harus tetap perhatikan porsinya.

Sering Ngemil

Seperti yang sudah disinggung di atas, makanlah sedikit tetapi sering untuk menghindari perut yang kosong atau bahkan terlalu penuh. Kedua hal ini sama-sama memicu rasa mual pada ibu hamil, hingga memicu rasa begah dan tidak nyaman. Namun, ada satu hal yang juga harus diperhatikan, yaitu kandungan gizi.

Jangan karena harus sering-sering makan, lantas selalu memasukkan karbohidrat ke dalam tubuh. Hal ini justru dapat menimbulkan berat badan berlebih dan akan lebih sulit lagi, jika harus menjalani diet semasa hamil. Oleh karena itu, selingi dengan camilan sehat, seperti buah, kacang kering, sereal, granola bar, dan lain-lain.

Akupresur

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa akupresur juga dapat dijadikan solusi dalam cara mengatasi mual saat hamil. Memberikan tekanan pada titik-titik tertentu terbukti mampu mengurangi gejala rasa mual dan muntah. Jika sedang hamil, maka titik akupuntur yang dapat ditekan berada di sekitar pergelangan tangan. Lakukan secara perlahan dan hati-hati.

Bicarakan dengan Orang-orang Terdekat

Jangan sok kuat dengan menganggap mampu mengatasi hal ini sendiri, karena mungkin saja pemicu tersebut datang dari orang-orang di sekitar. Misal, bau parfum yang terlalu menyengat atau bau masakan yang mengganggu indera penciuman. Utarakan ini kepada mereka agar gejala mual dapat diminimalisir.

Jika 11 cara mengatasi mual saat hamil di atas belum juga kunjung meredakan, segera periksakan ke dokter spesialis kandungan. Sebab, mual yang berlebihan juga dapat memengaruhi kondisi kesehatan ibu dan janin. Ingat, jangan sembarangan membeli obat mual di warung, pastikan obat harus dalam pengawasan dokter.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara minum buah zuriat untuk promil

Mau Tahu Cara Minum Buah Zuriat untuk Promil? Simak Yuk!

sumbersehat.com – Cara minum buah zuriat untuk promil, menarik untuk dibahas. Karena buah yang hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *