5 Cara Mengatasi Menggigil Pada Ibu Hamil dengan Mudah

Semasa kehamilan, ibu hamil sering mengalami perubahan suhu dan kerap kali merasakan kedinginan. Lalu, apakah hal tersebut wajar? Berikut adalah penyebab kedinginan pada ibu hamil yang bisa menjawab pertanyaan tadi disertai penjelasan tentang cara mengatasi menggigil pada ibu hamil dengan cepat dan mudah tanpa efek samping.

1. Penyebab Ibu Hamil Menggigil atau Kedinginan

Ada beberapa alasan penting terkait ibu hamil bisa mengalami perubahan suhu yang drastis hingga merasakan kedinginan. Inilah beberapa alasan atau penyebab dari rasa dingin yang dirasakan oleh ibu yang sedang mengandung.

Tubuh Ibu terlalu pasif

Sebelum membicarakan cara mengatasi menggigil pada ibu hamil, kamu harus tahu dulu beberapa penyebab hal tersebut terjadi. Pertama, terkait kondisi tubuh si Ibu yang memang terlalu pasif atau jarang bergerak.

Ketika ibu menjadi pasif, maka anggota gerak ibu hamil juga menjadi kurang. Ketika hal itu terjadi maka kemampuan tubuh dalam memproduksi panas tubuh secara alami akan berkurang. Untuk menghindarinya, maka ibu hamil disarankan tetap melakukan olahraga ringan seperti senam hamil dan jalan kaki.

Perubahan hormone

Penyebab rasa dingin pada ibu hamil yang kedua adalah karena terjadi perubahan hormone selama kehamilan. Ketika hamil, hormone progesterone dan estrogen tubuh menjadi kacau. Ketika hal tersebut terjadi, maka tubuh ibu hamil tersebut akan menggigil

Apalagi jika saat mengandung si ibu mengalami rasa stress dan tekanan maka cara kerja hormone bisa menjadi lebih kacau. Cara menanganinya bisa dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan tetap menjaga pola hidup sehat.

Pengaruh lingkungan

Pengaruh lingkungan juga berpengaruh besar dalam rasa dingin yang dirasakan ibu hamil. Misalnya saja lingkungan  di dalam ruangan. Suatu ketika si ibu hamil ini terlalu lama di ruangan ber-AC sehingga kondisi tubuh si ibu tidak bisa mentolerir lagi rasa dingin yang diterima, akhirnya membuat si ibu hamil tersebut menggigil.

Kejadian lainnya, misalnya dari faktor lingkungan di luar ruangan yaitu terjadi hujan terus – menerus dan angin kencang. Meski sang ibu di rumah dan tidak kehujanan, tetap saja suhu di lingkungan akan berubah menjadi lebih dingin karena hujan angin yang terus menerus. Ibu hamil akan lebih sensitive terhadap perubahan suhu.

Ibu terkena flu

Penyebab ibu hamil menggigil adalah karena terkena flu. Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Gejala yang ditimbulkan bisa berupa tubuh menjadi dingin atau demam, pusing, bersin terus menerus dan ingusan.

Ketika ibu terkena flu maka sebaiknya cairan dalam tubuh harus benar – benar terpenuhi jika perlu ditambah asupan vitamin C. Kemudian tubuh juga harus dalam keadaan hangat, jadi ibu hamil tersebut perlu menggunakan jaket atau tidur menggunakan selimut.

Adanya infeksi saluran kemih

Penyebab yang kelima yaitu ibu hamil tersebut terkena infeksi saluran kemih. Semua ibu hamil bisa beresiko terkena infeksi saluran kemih karena banyak dari mereka yang menahan kencing karena merasa tidak nyaman bolak – balik ke kamar mandi dengan kondisi perut besar.

Ketika hal tersebut sering dilakukan, maka bakteri penyebab infeksi akan menjalar pada tubuh dan akan timbul gejala berupa kedinginan. Jika semakin parah, ibu hamil tersebut akan menggigil kedinginan.

2. Cara Mengatasinya

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, kita bisa membicarakan mengenai cara mengatasi menggigil pada ibu hamil. Berikut adalah beberapa caranya dan bisa kamu sebarkan kepada orang terkasih.

Sekuat tenaga menahan agar tidak menggigil

Ketika kedinginan, biasanya ibu hamil ingin menggigil atau merupakan reaksi wajar dari tubuh. Tapi, sebenarnya hal tersebut tak baik dilakukan karena nanti dalam pikiran tubuh tersebut malah menganggap rasa dingin itu hal yang wajar.

Kemudian, ketika ibu hamil tersebut menggigil maka si tubuh tidak bisa menghasilkan suhu hangat seperti biasanya. Cara agar bisa menghindari dari menggigil adalah cobalah lebih sering makan permen atau lebih sering ngobrol. Sehingga mulut tersebut sibuk dan lupa untuk menggigil.

Makan dengan porsi lebih banyak dan lebih sering

Cara mengatasi menggigil pada ibu hamil selanjutnya adalah dengan makan porsi lebih besar dan lebih sering. Kita semua tahu bahwa makanan merupakan penghasil energy utama dalam tubuh, jika tidak asupan maka tubuh akan lemah.

Apalagi jika kamu kedinginan dan menggigil lalu tidak makan maka masalahnya akan merembet ke masalah lain seperti menjadi demam, flu dan penyakit lainnya. Makanan berupa karbohidrat dan lemak juga berfungsi sebagai penghangat tubuh. Jadi, ketika menggigil lalu makan banyak maka rasa dingin akan merkurang dan menggigil pada ibu hamil tidak akan terjadi.

Meminum lebih banyak air

Cara selanjutnya adalah dengan meminum banyak air putih atau air hangat. Air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh, apalagi komposisi terbanyak bagi tubuh adalah cairan. Jadi, pastikan kebutuhan cairan ibu hamil dapat terpenuhi.

Tak hanya air putih, ibu hamil juga bisa menghilangkan menggigil dengan mengkonsumsi air hangat. Air hangat disini bisa dari rese papa saja misal menggunakan teh hangat, susu teh madu jahet hangat, dan lainnya.

Jika ibu hamil sering lupa dalam mengkonsumsi air maka sebaiknya dibuat jadwal atau mengatur alarm ketika saatnya sudah harus minum. Misalnya 2 gelas di pagi hari, 1 gelas menjelang siang, 2 gelas saat makan siang, 1 gelas menjelang sore, 2 gelas saat makan malam dan 1 gelas menjelang tidur. Dengan begitu, ketersediaan cairan dalam tubuh bisa membantu menghangatkan tubuh karena metabolism tubuh lancar.

Usahakan untuk tetap kering

Cara mengatasi menggigil pada ibu hamil yang keempat adalah untuk menjaga tubuh tetap kering. Ketika tubuh basah biasanya rasa dingin akan langsung menjalar di sekujur tubuh. Ibu hamil bisa basah misalnya ketika sudah ke kamar mandi dan tidak sengaja menumpahkan air.

Jika rasa dinginnya sudah parah, bahkan ibu hail sebaiknya tidak mandi dulu. Namun, jika memaksa, ya boleh mandi tapi harus menggunakan air hangat dan selanjutnya langsung dikeringka menggunakan handuk dilanjutkan dengan mengoleskan minyak kayu putih misalnya.

Sesuaikan pakaian

Cara mengatasi menggigil pada ibu hamil yang terakhir adalah menyesuaikan pakaian sesuai kondisi. Misal, ketika ibu hamil akan keluar rumah menggunakan motor maka pastikan memakai sarung tangan dan jaket.

Lalu ketika tidur menggunakan AC sepanjang malam maka gunakan selimut tebal. Mungkin sebagian dari ibu hamil merasa kuat akan AC seperti biasanya, tapi ketika mengandung perasaan tersebut bisa berubah karena ibu hamil menjadi sangat peka dan sensitive terhadap lingkungan terutama suhu. Jika tubuh tidak bisa mentolerir rasa dinginnya maka si ibu hamil bisa saja langsung menggigil.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi menggigil pada ibu hamil. Ketika masa kehamilan, sebenarnya ibu akan lebih repot karena harus menjaga dirinya dengan ekstra karena kondisi sang ibu akan mempengaruhi kondisi pertumbuhan sang janin.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

olahraga sehat pagi hari

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Dapat Mencegah Penyakit Jantung

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Dapat Mencegah Penyakit Jantung – Penyakit mematikan seperti jantung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *