Ketahui 4 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan yang Ampuh, Happy Sampai Tujuan!

sumbersehat.com – Cara mengatasi mabuk perjalanan banyak dicari oleh para orang tua yang hendak bepergian jauh bersama anak-anaknya. Hal tersebut menjadi penting sebab ada sumber yang menyebutkan bahwa mabuk perjalanan sering dialami oleh anak-anak, lansia dan ibu hamil. Namun benarkah demikian? Pada kenyataannya, keluhan mabuk perjalanan ini juga dialami oleh sebagian kecil orang tanpa memandang usia.

Beberapa orang secara genetik mengalami gejala mabuk perjalanan hampir di setiap trip, baik jarak dekat ataupun jauh. Banyak pula yang berusaha mengkonsumsi obat anti mabuk perjalanan untuk mengantisipasi ketidaknyamanan akibat mabuk. Sayangnya, banyak yang kurang memahami cara kerjanya dan kapan waktu yang tepat untuk meminumnya. So, mari simak ulasan cara mengatasi mabuk perjalanan berikut supaya perjalanan menyenangkan.

cara mengatasi mabuk perjalanan
cara mengatasi mabuk perjalanan

Inilah Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan yang Ampuh

Beberapa cara mengatasi mabuk perjalanan berikut dapat Anda terapkan ketika akan atau sedang melaju di atas kendaraan beratap:

1. Mengkonsumsi Snack dan Minuman Bersoda

Orang-orang yang acap kali mengalami gangguan berupa mabuk perjalanan mungkin sudah paham tentang ‘a yes’ dan ‘a no’ tentang makanan yang cocok saat mabuk. Hal ini bisa saja bervariasi, mengingat selera orang yang berbeda – beda. Namun, ada tips cara mengatasi mabuk perjalanan bus yang dapat Anda coba berkaitan dengan konsumsi makanan. Coba diingat lagi, bagaimana perasaan Anda ketika mencium aroma mie instan di dalam kendaraan?

Aroma gurih dari mie instan hampir tidak pernah membuat seseorang tak tergoda, terutama ketika sedang berada di dalam kendaraan. Nah, contoh kecil tersebut dapat Anda pertimbangkan sebagai cara mengatasi mabuk perjalanan. Kita semua tentu tahu bahwa diperlukan proses setidaknya beberapa menit untuk mengolah mie instan. Jadi, Anda dapat mengganti makanan tersebut dengan snack.

Snack yang memiliki cita rasa asin dan gurih niscaya dapat memanjakan lidah Anda selama perjalanan, sehingga terbebas dari keluhan mabuk. Gejala mabuk perjalanan yang pertama dirasakan biasanya pusing dan mual, betul? Nah, minuman bersoda akan dapat membantu Anda mengeluarkan gas dalam tubuh melalui sendawa. Sehingga, sensasi plong akan dirasakan.

2. Minumlah Obat Anti Mabuk

Sudah dibahas sekilas di paragraf pembuka tentang tips agar tidak mabuk perjalanan saat naik bus. Salah satu tips yang juga banyak disarankan oleh semua orang kepada ‘pelanggan’ mabuk perjalanan adalah dengan mengkonsumsi obat anti nyamuk. Sebenarnya tips ini sangatlah tepat, hanya jika dilakukan dengan benar. Kesalahan yang banyak dilakukan dalam mengkonsumsi obat anti mabuk adalah waktu meminumnya.

Kapan saat yang tepat untuk mengkonsumsi obat anti mabuk? Silakan untuk mengkonsumsi obat anti mabuk sekitar 1 atau 2 jam sebelum melakukan perjalanan. Obat anti mabuk akan bereaksi dalam tubuh Anda dengan memberikan rasa kantuk. Jadi, obat mabuk perjalanan ini lebih fokus ke pencegahan, karena jika dikonsumsi sudah dalam keadaan mabuk maka tidak bekerja optimal.

3. Bekali Diri dengan Wedang Jahe

Cara mengatasi mabuk perjalanan yang sering ditandai dengan perut mual dan hendak muntah dapat diperoleh salah satunya dengan pemanfaatan jahe. Rempah ajaib yang dikenal memiliki sifat panas ini sangat baik dikonsumsi dalam segala kondisi. Satu diantara beberapa situasi yang cocok untuk mengkonsumsi jahe adalah ketika perut terasa mual akibat mabuk perjalanan. Rasa hangat alami dari jahe mampu memberikan sensasi rileks pada perut.

Anda dapat menyiapkan bekal berupa wedang jahe ketika hendak melakukan perjalanan. Bagaimana cara membuat wedang jahe yang mudah? Anda hanya perlu menyiapkan rimpang jahe, air bersih dan gula merah secukupnya, serta sedikit garam untuk menguatkan rasa. Anda tentu dapat menaksir jumlah dari masing – masing bahan yang disebutkan tadi. Selain obat mabuk perjalanan di apotik, Anda juga perlu mencoba tips ini sebagai alternatif.

Jahe yang sudah dibersihkan kemudian diparut atau diserut hingga menjadi partikel yang lebih kecil. Anda dapat langsung menjadikan panci sebagai wadah parutan jahe ini, kemudian tambahkan air secukupnya. Pastikan bahwa warna air berubah menyerupai warna jahe, yang berarti konsentrasi jahe sudah cukup untuk dijadikan wedang. Rebus dengan api sedang, biarkan mendidih dan campurkan perasa berupa gula dan sejumput garam sesuai selera.

Jangan lupa untuk mengoreksi rasa, ya. Hal ini bertujuan agar ketika diminum nanti wedang jahe memiliki cita rasa yang pas. Setelah mendidih, biarkan hingga dingin lalu kemudian disaring dan ditempatkan pada botol minum. Jika cara mengatasi mabuk perjalanan ini dirasa terlalu rumit, Anda dapat mengganti wedang jahe dengan olahan lainnya. Contoh yang mudah didapatkan adalah permen jahe.

3. Oleskan Minyak Angin yang Hangat

Minyak kayu putih, minyak telon atau balsem merupakan contoh produk yang dapat Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi mabuk perjalanan. Selain aromanya yang menenangkan, sensasi hangat dari beberapa bahan tersebut mampu meredakan keluhan-keluhan ketika mengalami mabuk perjalanan. Jika mabuk yang dialami sudah lumayan berat, kehangatan minyak tersebut dapat digunakan untuk memijat bagian yang dibutuhkan.

Saat terasa mual, dorongan untuk muntah juga begitu besar. Jika sudah demikian, alangkah baiknya untuk memijat bagian leher dengan minyak angin, kemudian muntahkan saja. Dengan membiarkan muntah, biasanya tubuh akan terasa lebih ringan. Minyak angin yang dioleskan ke bagian pelipis dan dahi juga dipercaya berkhasiat sebagai cara menghilangkan pusing setelah mabuk perjalanan.

4. Jangan Abaikan Sirkulasi Udara Kendaraan yang Tidak Lancar

Sebagian orang sensitif terhadap air conditioner (AC) yang saat ini banyak memfasilitasi kendaraan bermotor. Udara dingin dari AC ini dipercaya memicu gejala masuk angin yang kemudian menjadi penyebab mabuk perjalanan. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki riwayat mabuk perjalanan, usakan untuk memperhatikan hal – hal kecil tersebut. Jika yang dikendarai adalah mobil pribadi, maka sebaiknya buka jendela pada pintu mobil.

Tak jarang seseorang yang mengalami mabuk perjalanan disebabkan oleh aroma dari mobil itu sendiri yang menurutnya menyengat. Maka dari itu, cara mengatasi mabuk perjalanan yang sederhana adalah dengan membiarkan pintu mobil terbuka. Dengan demikian, sirkulasi udara dalam mobil akan lebih lancar jika dibandingkan dengan mengandalkan AC saja. Mudah, ya?

Bagaimana cara mengatasi mabuk perjalanan jika berada pada kendaraan umum ber-AC? Well, jika tak ada pilihan lain maka sebaiknya lindungi diri Anda dari faktor – faktor luar dengan proteksi ekstra. Silakan tutup lubang AC yang ada di atas tempat duduk Anda. Jangan lupa untuk membekali diri dengan penutup tubuh yang tebal agar terlindungi dari dinginnya AC. Oleskan juga minyak angin untuk menjaga tubuh Anda tetap hangat.

Ada pendapat orang tua yang mengatakan bahwa cara mengatasi mabuk perjalanan adalah dengan menutup pusar dengan plester. Bisa menggunakan plester luka biasa, atau koyo yang umumnya mampu memberikan rasa hangat. Prinsip dari saran ini hampir sama dengan bahasan sebelumnya, yaitu menghindari masuk angin. Tak ada salahnya untuk mencoba, bukan? Semoga bermanfaat, ya!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *