6 Cara Mengatasi Maag Tanpa Obat dan Cukup Ampuh!

sumbersehat.com – Cara mengatasi maag tanpa obat sering dilirik penderita maag akhir-akhir ini, pasalnya trik tersebut sangat mudah diterapkan dimana saja. Bingung dengan maag Anda yang sering kambuh , tapi tak tahu cara mengatasinya ? Tenang, ada banyak solusi untuk Anda dalam artikel ini. Banyak yang ingin mengatasi maag dengan cara-cara sederhana tapi masih tak tahu triknya.

Ketika asam lambung naik dan gejala-gejala maag mulai kambuh Anda cukup menerapkan cara mengatasi maag tanpa obat. Kelebihan cara ini selain mudah hingga bisa dilakukan kapan dan dimana saja, Anda juga bebas dari efek samping pengkonsumsian obat-obat. Tak perlu repot-repot merogoh dompet untuk pergi ke apotek lagi. Mau tahu caranya? Simak Yuk!

cara mengatasi maag tanpa obat
maag dan bahan alami

Inilah Beragam Cara Mengatasi Maag Tanpa Obat

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan saat maag mulai kambuh namun tak ingin mengkonsumsi obat apapun, yuk perhatikan beberapa trik dan tips cara mengatasi maag tanpa obat berikut ini:

1. Perhatikan Pola dan Porsi Makan Anda

Cara mengatasi maag tanpa obat yang pertama adalah melakukan pola makan sehat dengan mengatur porsi makan. Asam lambung atau bahasa ilmiahnya gastroesophageal reflux disease (GERD) dikenal sebagai penyakit umum yang bisa menyerang siapa saja. Biasanya Anda mengira asam lambung naik disebabkan oleh kebiasaan telat makan.

Padahal ada banyak faktor lain yang bisa membuat maag kambuh. Mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar merupakan faktor lain penyebab asam lambung naik hal ini dikarenakan terlalu banyak tekanan pada Sfingter esophagus. Sfingter esofagus sendiri adalah otot yang bertugas mengatur buka tutup makanan yang akan turun ke perut.

Pada saat Anda mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar otot Sfingter esofagus malah bekerja lebih keras karena banyaknya makanan yang masuk. Hal ini menyebabkan isi makanan yang ada diperut tersebut bocor hingga kembali lagi ke saluran kerongkongan.

Isi perut atau asam lambung yang naik ke atas tersebutlah akan membuat maag Anda kambuh secara tiba-tiba. Untuk cara mengatasi maag tanpa obat tersebut, mulailah mengkonsumsi makanan secara sedikit saja. Bahkan jika Anda sedang dalam keadaan sangat lapar, batasi porsi tersebut dengan memasukkan makanan sedikit-sedikit namun secara berkala.

Jangan lupa untuk menghindari minuman berkarbonat serta makanan yang berminyak atau digoreng. Karena hal ini menjadi salah satu pemicu lambung membuat asam lambung dalam jumlah banyak dan meningkatkan resiko maag Anda kambuh.

2. Hindari Makan Cemilan Diantara Waktu Makan

Selain porsi makan yang harus diatur, pola makan Anda juga harus dijaga. Beberapa pantangan yang harus dilakukan sebagai cara mengatasi maag tanpa obat lainnya adalah menghindari konsumsi cemilan diantara waktu makan Anda. Kebiasaan lain seringnya berbaring saat setelah makan dan makan tengah malam.

Hal tersebut sejatinya membuat makanan yang sedang di tampung perut bisa bocor dari otot Sfingter esophagus. Pada saat Anda makan tengah malam dan akan tidur setelah itu gravitasi yang ada dalam perut menjadi hilang hal inilah yang membuat perut tidak bisa mengontrol makanan masuk.

3. Mengunyah Permen Karet

Cara mengatasi maag tanpa obat lain yang perlu Anda ketahui adalah mengunyah permen karet ,Yap ! bagi Anda yang suka mengunyah permen karet, hal ini bisa menjadi solusi. Cukup permen karet selama 30 menit dipercaya mampu menghilangkan gejala asam lambung. Mengapa begitu? Itu karena proses pengunyahan permen karet akan meningkatkan pelepasan laju air liur.

Dari peningkatan laju air liur inilah asam lambung yang ada di perut bisa dibersihkan dengan cepat. Riset tentang mengunyah permen karet bisa menjadi cara mengatasi maag secara total telah melalui penelitian dari jurnal internasional dari Dental Research.

Sehingga Anda tak perlu cemas lagi maag tiba-tiba kambuh cukup memulai kebiasaan baru mengunyah dan menghisap permen karet selama 30 menit. Namun disarankan Anda mengunyah permen karet bebas gula untuk mengurangi asam lambung naik ke kerongkongan.

4. Minum Air Putih Secara Cukup

Siapa yang tak tahu peran air putih sangat penting bagi dunia kesehatan?. air putih tidak hanya dipercaya mempunyai banyak manfaat mengatasi dehidrasi namun menyembuhkan berbagai penyakit. Bagi Anda yang selalu minum air putih sesuai porsi yaitu minimal 2 liter atau 8 gelas per hari. Cara mengatasi maag tanpa obat juga bisa dilakukan dengan kontrol air putih.

Tahukah Anda, konsumsi air putih perlu dikontrol saat menderita penyakit maag ? Faktanya kekurangan air putih malah mampu meningkatkan volume asam lambung dan berpotensi membuat maag Anda kambuh. Hal ini akan membuat Anda sering bersendawa, sakit perut bahkan mual.

Tapi masalah lain datang ketika Anda minum air dalam jumlah banyak terlebih saat makan, hal tersebut akan memicu asam menjadi naik karena makanan sulit dicerna. Tidak hanya itu, Anda juga perlu waspada saat minum air dingin.

Efek air dingin, membuat kita menjadi cepat haus, akibatnya perut akan mudah kembung dan hal inilah yang seringkali memicu asam lambung naik. Hal ini juga sama ketika Anda mengkonsumsi minuman berkarbonasi, alkohol, kopi minuman bersoda atau bahkan minuman yang punya rasa asam.

5. Tarik Nafas Secara Dalam

Cara mengatasi maag tanpa obat yang satu ini cukup unik, terlebih sangat simple untuk diterapkan sehari-hari. Anda hanya perlu mengontrol diri dengan menarik nafas dalam-dalam dan mengumpulkan sebanyak mungkin oksigen ketika bernafas.

Akibatnya kadar udara yang terdapat dalam tubuh Anda akan mengontrol asam lambung dan mencegahnya naik. Hal ini disebabkan kadar udara bisa membuat otot-otot di bawah kerongkongan menjadi kuat. Menarik nafas dalam-dalam akan sangat efektif membantu Anda sebagai cara mengatasi maag kambuh secara alami.

6. Berhenti Merokok

Kiat terakhir cara mengatasi maag tanpa obat, jika Anda adalah seorang perokok aktif dan menderita asam lambung. Kebiasaan Anda akan sangat merugikan tidak hanya bagi kesehatan paru-paru namun kondisi asam lambung Anda. Asam lambung yang naik berpotensi mengalami tukak lambung hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Untuk menghindari akibat buruk maag kronis, mulailah berhenti merokok.

Mencoba berhenti merokok bukan perkara yang mudah. Namun jika telah mempunyai riwayat maag kebiasaan merokok akan memperparah penyakit Anda. Kandungan nikotin yang ada pada rokok karena menyebabkan kecanduan ketika dikonsumsi dapat menaikkan volume asam lambung.

Efek rileks yang ditimbulkan nikotin ikut mempengaruhi otot Sfingter esophagus yang mana sangat berbahaya dan menimbulkan asam lambung. Hal di atas adalah cara mengatasi maag kambuh tiba-tiba. Ternyata Anda hanya butuh sedikit usaha untuk bisa membuat tubuh menjadi sehat. Tak perlu menghabiskan uang untuk investasi kesehatan, cukup terapkan gaya hidup sehat.

Demikianlah cara mengatasi maag tanpa obat yang bisa Anda terapkan di rumah. Namun, bila maag tidak kunjung sembuh dalam waktu yang cukup lama, lebih baik konsultasikan kepada dokter. Anda bisa mengimbangi pengobatan dokter dengan obat sakit maag alami.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

gaya hidup sehat alami

9 Tips Untuk Anda Yang Ingin Menerapkan Gaya Hidup Sehat Alami dengan Benar

9 Tips Untuk Anda Yang Ingin Menerapkan Gaya Hidup Sehat Alami dengan Benar. Sehat tidaknya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *