11 Cara Mengatasi Luka Bernanah yang Ampuh Secara Medis dan Alami

sumbersehat.com – Cara mengatasi luka bernanah dapat dilakukan sendiri di rumah. Luka yang tak kunjung sembuh, malah mengeluarkan cairan putih atau hijau kekuning-kuningan. Itu disebut dengan luka bernanah. Biasanya, luka ini terjadi karena karena terlalu kencang menggaruk area yang gatal sehingga terjadi infeksi dan bernanah.

Atau bisa juga terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang melemah, dan mengidap penyakit lain seperti diabetes, paru-paru, hati dan lain-lain. Selain itu, bisa jadi karena terjadi luka kembali di area yang sama dan jangka penyembuhannya menjadi lebih lama lagi. Anda perlu berhati-hati dengan kondisi seperti ini.

cara mengatasi luka bernanah
luka bernanah

Bagaimana Luka Bisa Bernanah?

Keluarnya suatu cairan ketika terluka, adalah hal yang normal. Akan tetapi, jika cairan tersebut berubah warna dan mempunyai tekstur yang kental, maka ini sudah dipastikan akan parah. Kondisi cairan tersebut berwarna putih susu, kuning, bahkan sampai berwarna hijau dan menimbulkan tidak sedap, maka luka terkena infeksi.

Fungsi medis dan pengobatan alami dalam mengobati luka ini sangat diperlukan, dan Anda perlu tahu cara mengatasi luka bernanah ini. Berikut langkah-langkah tepat dalam mengatasi luka bernanah agar cepat kering dan sembuh. Simak dan lakukan dengan tepat ya!

Daftar Obat Untuk Mengatasi Luka Bernanah Secara Medis

Pengobatan dalam medis memang kadang diperlukan, misalnya untuk meredakan nyeri yang disertai dengan luka. Sebagian besar obat luka tersedia dalam beberapa macam yang digunakan untuk di luar tubuh. Biasanya, menggunakan langkah medis akan mempercepat luka kering. Berikut obat yang perlu Anda ketahui untuk cara mengatasi luka bernanah.

1. Gunakan Obat Pembalut Luka (Wound dressing)

Pertama, cara mengatasi luka bernanah adalah dengan membalut luka dengan pembalut yang sudah mengandung obat. Pembalut luka ini biasanya digunakan agar luka cepat mengering. Salah satu manfaatnya agar menyerap kelebihan darah atau cairan lain, seperti nanah. Pembalut luka tersedia dalam beberapa bentuk seperti pembalut, plester, atau gel.

Ada jenis pembalut luka seperti hydrocolloid, hydrogel, alginat, dan pembalut busa. Mempunyai fungsi berbeda dalam penangan luka. Namun, semua jenis tersebut berperan dalam mempercepat luka kering dan sembuh. Produk lainnya yang berfungsi sebagai pembalut luka adalah dengan menggunakan kolagen. Pembalut kolagen ini akan mendorong proses penyembuhan luka dari jaringan dermis.

Kolagen membantu menghilangkan jaringan mati, membantu menyatukan tepian luka, dan meregenerasi sel-sel kulit baru pada luka agar lebih efektif. Kolagen salah satu protein yang menyusun tubuh manusia dan melengkapi kurang lebih 30% protein dalam tubuh. Serat kolagen ini berperan dalam struktur organik pembangun tulang, sendi, gigi, otot dan kulit.

2. Gunakan Antiseptik dan Antimikroba

Cara mengatasi luka bernanah, selain menggunakan pembalut luka tetapi bisa juga memakai salep atau gel yang mengandung antiseptik dan antimikroba. Beberapa obat ini diantaranya, Cadexomer iodine dan Povidone iodine. Cadexomer iodine biasanya digunakan untuk luka yang terbuka, luka yang tak kunjung sembuh dan luka yang sudah terkena infeksi. Obat ini mendukung pertumbuhan sel dalam proses perbaikan luka. Sedangkan Povidone iodine ini berbentuk cairan maupun salep, biasanya digunakan untuk jenis luka ringan, sayat, gores dan luka bakar.

3. Obat Antibiotik

Obat antibiotik biasanya tersedia dalam bentuk salep atau gel, serta penggunaan obat ini untuk luka sayat, gores maupun luka bakar. Obat ini bekerja untuk menghentikan pertumbuhan bakteri sebelum terjadinya infeksi. Saat ini banyak obat antibiotik yang beredar di pasaran. Obat antibiotik di pasaran ini mengandung campuran bahan seperti zat bacitracin, neomycin, silver sulfadiazine atau kombinasi zat-zat tertentu. Anda perlu mendapatkan resep dokter dalam penggunaan obat ini.

Inilah Cara Alami untuk Mengatasi Luka Bernanah

Cara mengatasi luka bernanah ternyata tak hanya dengan pengobatan medis, Anda bisa gunakan bahan alami untuk proses penyembuhannya. Berikut bahan alami untuk mengatasi luka, terutama untuk mencegah luka agar tidak bernanah dan cepat sembuh:

1. Kunyit

Dipercaya sudah terbukti sebagai obat yang menyembuhkan luka terbuka, tanaman kunyit ini sudah dipakai selama bertahun-tahun. Bahan ini mengandung antibiotik dan antiseptik yang berguna dalam pengobatan. Berdasarkan penelitian, curcumin pada kunyit ini membantu dalam penyembuhan luka dengan memodulasi kolagen. Kunyit dapat menghentikan pendarahan pada luka terbuka. Konsumsi dengan meminum sari kunyit sebelum tidur untuk memaksimalkan penyembuhan luka.

2. Bawang putih dan Lidah Buaya

Selain untuk bumbu dapur, bawang putih dapat membantu proses penyembuhan luka, terutama mencegah adanya nanah sehingga menjadi infeksi nantinya. Bawang putih juga membantu tubuh untuk meningkatkan pertahanan terhadap infeksi. Selain bawang putih, lidah buaya pun berperan dalam hal yang sama. Lidah buaya bisa jadi salah satu cara mengatasi luka bernanah, karena ekstrak didalamnya terdapat fitokimia dan antiperadangan. Sehingga, mudah dalam proses penyembuhan pada luka terbuka dan mengurangi rasa sakit.

3. Minyak Kelapa

Siapa yang tak kenal dengan pohon seribu manfaat? Tentu, pohon kelapa. Bagian dari tanaman ini, bisa diproduksi menjadi apa saja dan salah satunya bisa menjadi minyak kelapa. Minyak kelapa ini bisa membantu meringankan rasa sakit pada luka dan mencegah adanya infeksi. Ini karena minyak kelapa mempunyai peran dalam antiperadangan dan antibakteri. Cara menggunakannya dengan mengoleskan minyak kelapa pada area yang terluka, gunakan sebanyak 2-3 kali sehari.

Cara Mengobati Luka Bernanah Sesuai Tempatnya

Berikut ini cara mengatasi luka bernanah yang tepat dan cepat, diantaranya adalah:

1. Cara Mengobati Luka Bernanah di Lutut

Luka yang terjadi, jika mengeluarkan cairan berwarna putih itu adalah hal yang normal. Luka bernanah ini disebabkan karena adanya infeksi bakteri Staphylococcus dan memaksa tubuh untuk mengeluarkan sel darah putih. Sel darah putih ini bekerja untuk melawan bakteri penyebab infeksi tersebut. Anda perlu melakukan cara mengatasi luka bernanah sebagai pertolongan awal dengan mudah dan aman. Untuk mengatasinya, berikut cara mengobati luka bernanah di lutut :

2. Bersihkan area luka

Ketika Anda terluka, langkah awal dengan membersihkan area yang terluka. Basuh area luka dengan kapas halus yang sudah dibasahi air bersih yang dicampurkan antiseptik. Antiseptik ampuh dalam membunuh kuman dan bakteri. Dengan demikian, bakteri penyebab nanah akan perlahan hilang.

3. Kompres dengan Air Hangat

Setelah membersihkan area luka, kompres dengan air hangat. Siapkan handuk dan baskom yang berisi air hangat. Basuh handuk dengan air tersebut lalu peras agar tidak terlalu basah. Kompres luka durasi 5 menit, agar luka nanah tersebut perlahan mengering.

4. Jangan memencet area abses

Cara mengatasi luka bernanah selanjutnya, yaitu jangan pernah memencet abses dengan tangan. Karena akan memperparah luka tersebut. Abses yang dipencet akan menimbulkan luka baru dan infeksi. Jika abses ini lebih parah, Anda harus melakukan pengobatan medis.

5. Cara Menghilangkan Nanah di Jari Tangan

Jika Anda mengalami pembengkakan dan bernanah di bagian jari, ini disebut dengan Paronikia. Penyakit tersebut merupakan infeksi yang terjadi pada kulit sekitar kuku tangan atau kaki, dan disebabkan oleh bakteri atau jamur. Hal ini, bisa menyebabkan infeksi dan menimbulkan bengkak, kemerahan, bernanah dan nyeri. Maka dari itu, Anda harus tahu cara mengatasi luka bernanah di area tersebut. Berikut ini cara menghilangkan nanah di jari tangan :

  • Lindungi kuku dengan jangan melepaskan bagian kuku yang alami, kecuali kuku palsu yang terinfeksi.
  • Rendam bagian jari tangan atau kaki dengan menggunakan air hangat 3-4 kali dalam sehari selama 20 menit.
  • Jika pembengkakan disertai nanah, maka diperlukan pengobatan medis dengan menggunakan antibiotik sesuai resep dokter.
  • Konsumsi obat pereda nyeri.
  • Jaga kebersihan tangan dan kaki.
  • Jangan menggunakan sepatu atau sandal yang sempit, jika infeksi terletak pada kuku kaki.
  • Hindari kontak dengan bahan iritasi atau zat kimia

Nah, demikianlah tips dan cara mengatasi luka bernanah. Pentingnya untuk menjaga kesehatan diri dan tetap berhati-hati dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Jika kita ceroboh, kemungkinan besar akan terjadi luka pada bagian tertentu pada tubuh. Apabila terjadi infeksi, biasanya luka akan mengeluarkan nanah, dan Anda perlu tahu cara mengatasi luka bernanah. Penggunaan bahan alami di atas, perlu Anda lakukan secara cermat dan terus konsultasikan mengenai luka tersebut pada dokter yang ahli.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *