Ketahui 7 Cara Mengatasi Keputihan Berlebihan untuk Bebas Beraktivitas

sumbersehat.com – Cara mengatasi keputihan berlebihan tak hanya ‘perlu’ diketahui, tetapi ‘wajib’. Terutama bagi Anda yang mengalami keluhan di area kewanitaan, sehingga mempengaruhi produktivitas harian. Sebenarnya apa sih penyebab keputihan yang tidak normal pada wanita? Secara umum, faktor pemicu keputihan ada lebih dari satu. Bakteri dan jamur adalah dua di antara beberapa penyebab keputihan yang tidak normal dan mengganggu.

Keputihan pada dasarnya adalah produk yang secara alami dihasilkan dari organ intim wanita. Produk dari adanya sistem pertahanan vagina ini sebenarnya normal dialami oleh semua wanita, dari remaja hingga menopause. Pembahasan kali ini adalah tentang cara mengobati keputihan abnormal, yang mana sering kali mengganggu aktivitas sehari – hari.

cara mengatasi keputihan berlebihan
keputihan berlebihan

Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan Berlebihan?

Satu di antara abnormalitas keputihan adalah penyebab keputihan berbau yang wajib Anda ketahui cara mengatasinya. Yuk, simak uraian cara mengatasi keputihan berlebihan berikut:

1. Kenakan Celana Dalam Berbahan Katun

Adakah dari Anda yang masih sering membiarkan vagina basah begitu saja setelah buang air? Sisa – sisa air yang menempel akibat membasuh organ intim merupakan tempat yang disukai mikroorganisme. Kebiasaan mengeringkan area kewanitaan menggunakan tisu merupakan salah satu cara mengatasi keputihan berlebihan. Bisa dibayangkan, bukan? betapa bahagianya ‘mereka’ bermain – main di lahan yang lembab dan basah.

Nah, selain mengeringkan kulit dengan tisu, bahan celana dalam yang Anda pilih juga sangat perlu diperhatikan. Selain air sisa cebokan yang dibahas tadi, keringat akibat aktivitas sehari – hari juga dapat memicu ‘kelembaban berlebih’. Maka dari itu, pilihlah bahan celana dalam yang mudah menyerap air dan keringat. Gunakanlah celana dalam berbahan katun sebagai cara mengatasi keputihan setiap hari.

2. Menjaga Kebersihan Organ Intim

Poin ini merupakan kunci utama cara mengatasi keputihan berlebihan yang termasuk ke kategori tidak normal. Bagaimana cara membedakan keputihan normal dan tidak normal? Keputihan normal yang secara umum dialami oleh semua wanita tidaklah berbau dan berwarna bening. Sedangkan keputihan yang tergolong tidak normal terlihat memiliki warna tertentu, terasa gatal serta berbau tidak sedap.

Tak sedikit ditemui kasus seseorang yang berusaha mengobati dirinya ke dokter untuk memperoleh cara mengatasi keputihan berlebihan. Hasil yang didapat sementara baik, keluhan berkurang, bahkan bisa dikatakan sembuh. Namun, beberapa waktu setelahnya diketahui bahwa orang tersebut mengeluh lagi tentang keputihan yang sama. bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi?

Well, bisa dipastikan bahwa orang tersebut tidak menjaga kebersihan organ intimnya dengan baik. Membersihkan tidak harus selalu harus menggunakan sabun, lho ya? Sabun pembersih vagina yang banyak didengungkan iklannya di layar televisi ternyata tidak begitu dianjurkan untuk pemakaian rutin. Klaim yang disampaikan tentang membunuh bakteri dan lain – lain, justru berpotensi menghilangkan mikroorganisme baik yang hidup pada vagina Anda.

Vagina Anda sesungguhnya mampu membersihkan saluran reproduksi secara alami. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa keputihan ini merupakan produk dari sistem pertahanan vagina. Sudah jelas, bukan? Jadi, kontaminasi dari organisme lain lah yang sebenarnya menjadi penyebab keputihan tidak normal, sehingga diperlukan cara mengatasi keputihan berlebihan.

Kebersihan organ intim dapat Anda rawat dengan tetap menjaganya agar tetap pada kondisi kering. Anda dapat memulainya dengan mengganti celana dalam minimal dua kali sehari, serta selalu mengeringkan vagina dengan tisu setelah bercebok. Eits, tak hanya vagina saja, ya, tetapi juga area sekitarnya. Dengan memperhatikan cara mengatasi keputihan setiap hari tersebut dan beberapa tips lain berikut, niscaya keputihan tak normal gone.

3. Carilah Celana Dalam Berukuran ‘Pas’

Selain bahan celana dalam yang menyerap air dan keringat, ukuran yang ‘pas’ juga sangat perlu diperhatikan sebagai cara mengatasi keputihan berlebihan. Kondisi pemakaian celana dalam yang terlalu ketat dapat memicu penyebab keputihan, contohnya adalah jamur. Jamur akan tumbuh pada bungkusan tempe yang ketat, bukan? Nah, begitu pula vagina Anda, hampir mirip dengan perumpamaan demikian.

Vagina Anda juga memerlukan sirkulasi udara yang lancar agar tidak mengganggu proses ‘bernapas’. Maka dari itu, memilih celana dalam yang pas atau tidak longgar termasuk cara mengatasi keputihan abnormal yang ampuh. Selain terhindar dari abnormalitas keputihan, gerak Anda dalam keseharian juga akan lebih nyaman dan bebas.

4. Konsumsi Makanan dan Minuman yang Mengandung Bakteri Baik

Berkorelasi dengan kemungkinan terbunuhnya bakteri baik akibat sabun cuci vagina, Anda sebaiknya juga menjaga ekosistem mikroorganisme baik dalam tubuh. Tidak ada kata terlambat selagi Anda mau mencoba. Anda dapat memulai kebiasaan baru sebagai cara mengatasi keputihan berlebihan dengan mengkonsumsi minuman atau makanan yang kaya akan bakteri baik, misalnya yoghurt.

5. Pisahkan Celana Dalam dan Baju saat Mencuci Pakaian

Oleh karena sensitivitas organ intim yang tinggi, maka diperlukan juga perlakuan ekstra terhadap segala hal yang berhubungan dengannya. Satu item yang berfungsi sebagai pelindung vagina terluar adalah celana dalam. Selain memperhatikan cara memilih bahan dan ukuran celana dalam, metode membersihkannya juga sangat perlu diterapkan. Cara menghilangkan keputihan pada remaja biasanya luput dari hal ini.

Banyaknya aktivitas di luar rumah kadang tak disadari mampu mengundang partikel asing yang menempel pada pakaian Anda. Jika pakaian tersebut Anda cuci bersamaan dengan celana dalam, tentu bisa dibayangkan kemungkinan apa saja yang bisa terjadi. Untuk meminimalisir kemungkinan terburuk, cara mengatasi keputihan berlebihan yang mudah adalah dengan memisah celana dalam dan pakaian luar ketika dicuci.

6. Gantilah Pembalut dan Panty Liner secara Rutin

Bagi Anda yang gemar mengenakan panty liner, mulai sekarang cobalah untuk memperhatikan lama pemakaiannya. Jangan sampai pemakaian tersebut yang awalnya untuk menjaga kebersihan, justru mengundang resiko lain pemicu keputihan. Cara mengatasi keputihan berlebihan dapat Anda lakukan dengan mengganti panty liner dengan rutin. Jangan membiarkannya hingga berwarna kekuningan.

Banyak juga wanita yang memilih untuk mengganti pembalut ketika darah menstruasi dirasa penuh. Apakah kebiasaan tersebut dibenarkan? Tentu tidak. Biasakan untuk mengganti pembalut setiap 4 hingga 6 jam sekali. Jangan biarkan vagina terlalu lama bersentuhan dengan kelembaban akibat menumpuknya darah pada pembalut. Dengan demikian, cara mengatasi keputihan abnormal niscaya akan bekerja optimal.

7. Penggunaan Bahan Antiseptik Alami

Bagaimana dengan saran agar membasuh vagina menggunakan rebusan air daun sirih? Yap, air daun sirih dikenal bersifat antiseptik. Pengobatan herbal semacam ini dalam satu sisi dianjurkan, namun di sisi lain juga perlu memperhatikan kemungkinan yang bisa terjadi. Cara mengatasi keputihan dengan daun sirih yang satu ini dapat Anda coba lakukan di rumah, namun jangan setiap hari, ya. Mengapa demikian?

Penggunaan antiseptik terlalu banyak berpotensi menyebabkan kulit kering, yang eventually menjadikannya rentan terhadap infeksi. Perlu diingat lagi bahwa di kulit manusia juga hidup beragam mikroorganisme baik yang berperan salah satunya adalah menjaga kelembaban. So, cara mengatasi keputihan berlebihan menggunakan rebusan air daun sirih ini bisa Anda coba. Namun, cukup dua minggu sekali saja, ya!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara mengatasi pusing kepala

Terapkan 9 Cara Mengatasi Pusing Kepala Ini untuk Aktivitas Lancar

sumbersehat.com – Cara mengatasi pusing kepala tidak melulu dapat dilakukan hanya dengan minum obat. Pusing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *