11 Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah, Kaki Halus Jalanpun Nyaman

sumbersehat.com – Cara mengatasi kaki pecah-pecah ternyata sangatlah sederhana dan mudah untuk Anda terapkan supaya kaki tetap terlihat halus. Kaki pecah-pecah sebenarnya merupakan masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Penyebabnya pun ada berbagai macam, seperti karena kebiasaan, aktivitas, atau bahkan kondisi medis tertentu.

Kaki pecah-pecah bila dibiarkan bisa menjadi semakin parah yakni berdarah atau dapat menimbulkan rasa sakit ketika berjalan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika langsung menanganinya sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara mengatasi kaki pecah-pecah
Cara mengatasi kaki pecah-pecah

Inilah Cara Mengobati Kaki Pecah-Pecah

Supaya terlihat halus dan tidak malu lagi untuk menampakkan kaki, Anda bisa mencoba cara mengatasi kaki pecah-pecah di bawah ini:

1. Melembabkan kulit kaki

Agar kulit kaki menjadi lembut dan halus kembali, rutin melembabkannya dengan menggunakan pelembab alami atau krim kaki pecah-pecah. Ada beberapa pelembab yang bagus untuk Anda gunakan, beberapa diantaranya yaitu petroleum jelly, shea butter, dan gel lidah buaya.

Apabila ingin kulit kaki menjadi lembab dan halus, maka lakukan cara mengatasi kaki pecah-pecah ini rutin 2 kali sehari. Oleskan pada waktu pagi hari dan malam hari menjelang tidur. Apabila Anda mampu konsisten, maka kulit pecah-pecah dapat dengan diatasi.

2. Menggunakan madu

Madu dinilai dapat membantu mengobati permasalahan kaki pecah-pecah, baik pada bagian telapak kaki ataupun tumit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antibakteri dan antimikroba yang dimilikinya mampu menjaga kelembaban kulit. Selain itu, juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan kulit kaki yang pecah-pecah. Cara mengatasi kaki pecah-pecah dengan menggunakan madu bisa Anda lakukan degan mencampurkan segelas madu dengan air hangat secukupnya.

Gunakan baskom atau wadah lainnya yang sekiranya besar dan muat untuk meletakkan kaki Anda. Masukkan kedua kaki Anda ke dalam wadah tersebut, rendam selama sekitar 15-20 menit. Setelah itu, gosok dengan menekannya sedikit pada bagian kaki yang pecah-pecah. Selain cara tersebut, madu juga bisa Anda gunakan dengan cara memakainya sebagai masker kaki.

3. Memakai sabun yang lembut

Selanjutnya, cara mengatasi kaki pecah-pecah ialah dengan tidak memakai sabun yang mengandung bahan kimia keras dan memiliki sifat iritatif. Sebab, hal itu bisa menyebabkan kulit menjadi kering sehingga mudah mengalami pecah-pecah. Dengan demikian, alangkah baiknya jika Anda beralih untuk menggunakan sabun yang mengandung bahan yang lembut. Supaya menyebabkan kelembapan kulit tidak hilang serta tidak menimbulkan iritasi.

4. Masker pisang dan alpukat

Buah pisang dan buah alpukat ternyata juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara mengatasi kaki pecah-pecah, lho. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam buah pisang baik untuk membantu menjaga kelembaban kulit. Sementara untuk buah alpukat, berkhasiat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan kaki yang pecah-pecah.

Untuk menggunakannya tidaklah sulit, Anda perlu menjadikannya sebagai masker kaki. Caranya yaitu haluskan 1 buah pisang yang telah matang dengan setengah buah alpukat sampai lembut seperti pasta. Oleskan cukup banyak krim kaki pecah-pecah alami tersebut pada bagian kaki yang pecah-pecah. Tunggu sekitar 15-20 menit dan bilaslah dengan air yang hangat dan bersih.

5. Hindari kebiasaan mandi dengan air panas

Jangan sering mandi air panas juga termasuk cara mengatasi kaki pecah-pecah. Karena air panas menyebabkan kulit kering dan akhirnya membuat kulit kaki pecah-pecah. Jika Anda sering mandi air hangat dan memiliki tumit atau bagian kaki lainnya pecah-pecah, maka segera hentikan kebiasaan tersebut.

Untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit, mulai sekarang mandilah dengan air biasa saja, tidak terlalu panas. Selain itu, rajin-rajinlah mengoles pelembab pada kaki dan mengonsumsi obat kaki pecah-pecah di apotik untuk membuatnya kembali halus.

6. Mengonsumsi banyak air putih

Cara mengatasi kaki pecah-pecah supaya cepat membaik selanjutnya yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih. Sebab, tidak hanya tenggorokan yang akan kering apabila kurang minum air. Namun, kulit pun juga sama sehingga akan mengalami pecah-pecah.

7. Memakai kaus kaki

Apabila Anda pergi dengan mengenakan sepatu usahakan untuk memakai kaus kaki yang berbahan katun. Hal ini dilakukan agar dapat mengurangi gesekan secara langsung yang terjadi antara kulit kaki dengan sepatu. Tidak hanya itu, dengan menggunakan kaus kaki juga bisa membantu menyerap keringat, mencegah kulit kering, dan kulit bisa bernapas. Supaya kulit dapat terjaga kelembapannya, sebelum memakai kaus kaki oleskanlah dahulu pelembap atau krim mengobati kaki pecah-pecah.

8. Menggunakan lulur oatmeal

Lulur oatmeal sudah dimanfaatkan sejak dulu sebagai obat kaki pecah-pecah, mengobati kulit yang iritasi, dan meradang. Untuk mencoba cara mengatasi kaki pecah-pecah ini, Anda juga perlu menyiapkan minyak zaitun sebagai bahan campurannya. Cara membuatnya yaitu campurkan 1 sdm oats kering dan 1 sdm minyak zaitun, aduk-aduk sampai tercampur rata.

Jika sudah, aplikasikan sebagai masker pada bagian kaki yang pecah-pecah, biarkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan krim mengobati kaki pecah-pecah ini secara rutin sampai kulit kaki halus kembali.

9. Tepung beras

Ternyata salah satu cara mengatasi kaki pecah-pecah juga bisa menggunakan tepung beras. Tepung beras dapat membantu menutrisi kulit kaki sehingga dapat membuat kaki menjadi lebih halus. Selain itu, tepung ini juga berguna untuk mengelupas dan membersihkan kulit kaki.

Untuk membuatnya, maka Anda juga perlu mengkombinasikan dengan bahan lain, yaitu madu, cuka sari apel, dan minyak zaitun. Caranya ialah campurkan 3 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh minyak zaitun, beberapa tetes madu dan cuka sari apel.
Sebelum mulai mengoleskannya, rendam dahulu kaki terlebih dahulu dengan air hangat selama beberapa menit. Jika sudah, keringkan kaki dengan lap bersih atau handuk kemudian oleskan pasta tadi di bagian kaki sambil sedikit dipijat.

10. Lemon

Buah yang dikenal kaya akan vitamin C ini juga bisa dijadikan sebagai obat kaki pecah-pecah. Sebab, lemon memiliki kandungan asam yang dinilai mampu menghaluskan kulit bahkan mengatasi kaki yang pecah-pecah sekalipun.

Untuk cara mengatasi kaki pecah-pecah dengan lemon yaitu dengan mencampurkan air perasan jeruk lemon ke dalam air hangat. Setelah itu, gunakan untuk merendam kaki dengan sedikit menggosok-gosok selama kurang lebih 15 menit. Bilas dengan air bersih, kemudian keringkan dengan kain atau handuk.

11. Minyak kelapa

Kandungan antiradang dan antimikroba yang ada di dalamnya sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi permasalahan kaki pecah-pecah Anda. Menangani kaki yang pecah-pecah penting dilakukan, sebab apabila tidak segera diobati bisa menyebabkan bakteri mudah masuk sehingga bisa terjadi infeksi.

Sebelum memakai minyak kelapa, rendam kaki Anda menggunakan air hangat terlebih dahulu selama beberapa menit. Setelah itu baru Anda dapat langsung mengoleskan minyak kelapa pada bagian kaki yang pecah-pecah sambil sedikit memijat. Terapkan cara mengatasi kaki pecah-pecah ini secara rutin supaya kaki dapat kembali halus dengan lebih cepat.

Itu dia beberapa cara mengatasi kaki pecah-pecah yang bisa Anda coba di rumah. Jadi, selain dapat mengobatinya dengan obat kaki pecah-pecah di Apotek, akan lebih baik jika Anda menerapkan cara-cara di atas.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

Manfaat baby cream untuk kecantikan

11 Manfaat Baby cream untuk Kecantikan yang Harus Diketahui

sumbersehat.com – Adanya manfaat baby cream untuk kecantikan membuat sebagian perempuan beralih menggunakan baby cream.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *