9 Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat dan Penyebabnya

Pernah mengalami insomnia? Pasti sangat jengkel bangetkan? Apalagi jika besoknya ada acara penting pasti bikin kamu panik setengah mati. Sebenarnya insomnia ini disebabkan oleh beberapa faktor yang bersumber dari internal orang itu sendiri. Bagaimana cara mengatasi insomnia agar bisa tidur dengan pules?

Pada dasarnya ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah insomnia ini dengan mudah. Berikut ini saya rangkum beberapa cara yang mungkin bisa kamu gunakan untuk atasi insomnia dengan mudah.

Faktor Penyebab Insomnia

Sebelum kita bahas cara mengatasi insomnia, terlebih dahulu kita harus tahu apa saja yang menyebabkan insomnia itu agar bisa dengan tepat menggunakan cara untuk mengatasinya. Seperti yang dikatakan diatas, bahwa sebenarnya yang membuat insomnia itu sendiri adalah orangnya sendiri. Beberapa faktor yang sering kali jadi penyebab seseorang mengalami insomnia adalah:

1. Pikiran yang Cemas

Pada dasarnya setiap orang itu bisa tidur di waktu yang sama dan dengan cara yang sama pula. Namun salah satu faktor yang membuat seseorang merasa lebih sulit untuk adalah karena faktor pikirannya. Pikiran yang rumit dan terlalu banyak hal maka akan membuat mata susah terpejam. Selama otak masih bekerja maka mata akan sulit untuk terlelap.

2. Merasa Stres

Selain pikiran yang selalu cemas, stres  juga bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan orang tersebut merasa sulit untuk tidur. Hal ini dikarenakan otak kamu masih bekerja dan terus memikirkan hal-hal yang seharusnya kamu berhenti untuk memikirkan nya. Otak yang terus bekerja akan sulit menenangkan syaraf lain untuk istirahat.

3. Kebiasaan Tidur yang Buruk

Jika kamu sering tidur larut malam atau lebih sering begadang insomnia pasti akan lebih sering kamu alami. Kebiasaan buruk akan memberikan dampak yang jauh lebih buruk lagi. Salah satu hal yang paling mudah terjadi adalah datangnya insomnia. Jika kamu biasa tidur larut malam, maka mata aku akan tidur di jam yang sama.

4. Penyakit

Faktor lain yang membuat orang merasa sulit tidur atau insomnia adalah karena penyakit. Hampir 80% jenis penyakit membuat orang sulit sekali merasakan ngantuk. Kadang rasa ngantuk hanya datang namun sulit untuk terlelap. Saat orang sakit, otak akan terus bekerja karena rangsangan ras sakit pada tubuhnya.

5. Faktor Lingkungan

Faktor yang satu ini adalah penyebab yang paling sering orang alami.  Suasana lingkungan yang selalu bising, ribut, suhu terlalu dingin atau panas akan membuat tubuh tidak merasa nyaman saat akan tidur di area tersebut. Terlebih jika kamu memang belum terbiasa dengan hal-hal tersebut.

6. Ketidaknyamanan Emosional

Hal lain yang bisa menyebabkan seseorang mengalami insomnia adalah karena ketidaknyamanan emosional nya. Semakin tidak nyaman seseorang dengan emosinya maka akan semakin sulit untuknya merasakan ngantuk. Selama emosi nya belum stabil maka otaknya akan bekerja terus dan membuat mata sulit untuk tidur.

7. Tidur di Siang Hari

Faktor terakhir yang bisa membuat seseorang sulit tidur adalah karena ia tidur di siang hari. Sehingga badan belum merasa lelah dan otak merasa masih segar sehingga memerintahkan mata untuk tetap aktif.

Langkah Cara Mengatasi Insomnia

Cara mengatasi insomnia ini sebenarnya sangat mudah, kamu tidak perlu menggunakan obat tidur ataupun penenang. Banyak kok cara alami bahkan yang lebih mudah kamu gunakan untuk mengatasi masalah insomnia dengan cepat. Adapun beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah insomnia adalah sebagai berikut:

1. Minum Susu

Susu memiliki kandungan magnesium yang sangat bagus sekali untuk otak. Magnesium dalam susu dapat membuat otak dan pikiran menjadi lebih rilek dan lebih tenang. jika  otak kamu sudah kembali rileks dan tenang, maka kamu akan lebih mudah merasa ngantuk. Kamu cukup seduh susu putih 1 gelas saja dengan air hangat, minum dan istirahatlah. Maka kamu akan lebih mudah merasa ngantuk.

2. Lakukan Meditasi

Salah satu masalah yang sering kali dialami oleh orang yang insomnia adalah karena otak yang masih bekerja dan penuh dengan pikiran yang seharusnya tidak dipikirkan. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara melakukan meditasi. Meditasi akan membantu otak dan pikiran kamu lebih enak dan lebih nyaman. Sehingga kamu bisa merasakan lelah dan ngantuk lebih mudah.

3. Mandi Air Hangat

Cara mengatasi insomnia ketiga yang bisa kamu gunakan adalah dengan cara mandi air hangat. Mandi dengan menggunakan air hangat bisa membuat tubuh dan pikiran kamu lebih santai dan lebih tenang. Mandi air hangat akan membuat kamu lebih cepat merasa ngantuk.

4. Buang Pikiran Mumet

Masalah utama sulit tidur atau insomnia adalah karena banyaknya pikiran yang ada dalam pikiran kamu. Agar kamu lebih mudah merasa ngantuk dan bisa tidur dengan mudah adalah dengan cara membuat pikiran kamu yang sekiranya tidak penting. Kesampingkan dulu hal-hal yang kamu pikirkan ketika akan tidur, maka kamu akan tidur dengan pulas.

5. Matikan Lampu Kamar

Ruangan yang terlalu terang biasanya akan membuat kamu sulit merasa ngantuk. Bahkan ada lho beberapa orang yang justru tidak bisa tidur ketika lampu menyala. Lampu akan memberikan gangguan pada mata untuk tidur.

6. Rutin Olahraga

Jika kamu merasa sering mengalami insomnia, maka salah satu cara mengatasi insomnia tersebut adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga akan membantu melepaskan kortison yang sering kali mengganggu masalah susah tidur. Jika anda lakukan secara rutin dan teratur maka masalah insomnia dapat teratasi dengan baik. lakukan olahraga secara rutin dan berkala.

7. Baca Buku

Salah satu cara paling gampang yang dapat digunakan untuk menghilangkan masalah insomnia adalah dengan membaca buku. Bahkan kegiatan ini menjadi salah satu jenis kegiatan yang jauh lebih baik ketimbang menggunakan cara yang lain. Membaca buku dapat membuat mata kamu lebih mudah merasa lelah sehingga lebih mudah juga merasa ngantuk.

8. Makan Buah Kiwi

Kiwi merupakan salah satu jenis buah yang mengandung melatonin, sebuah zat yang dapat dengan mudah meningkatkan rasa ngantuk. Ini tentu akan sangat bagus sekai digunakan oleh kamu yang memang merasa sulit sekali tidur. Konsumsi buah ini sebelum tidur maka akan membuat kamu lebih mudah merasa ngantuk dan lelah.

9. Tidur Di Jam yang Tetap

Salah satu cara paling ampuh digunakan untuk mengatasi masalah  insomnia adalah membiasakan tidur di jam yang sama. Kebiasaan tidur di jam yang sama ini akan lebih mudah membuat anda merasa ngantuk ketimbang menggunakan cara lain. Buatlah jadwal tidur yang baku, kamu harus tidur di jam yang sama dan bangun di jam yang sama pula.

Semua cara mengatasi insomnia diatas ini bisa dilakukan tanpa harus menggunakan bantuan obat tidur yang lebih cenderung berisiko untuk menimbulkan efek samping yang berbahaya. 9 cara diatas adalah yang paling aman dan paling mudah digunakan.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

Obat sakit gigi apotek

9 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Apotek

9 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Apotek – Sakit gigi sering kali menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *