Lakukan 11 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur Agar Nyenyak!

sumbersehat.com – Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur akan sangat berguna bagi anda yang sedang flu dan pilek. Flu ataupun pilek ialah salah satu penyakit yang jadi salah satu pemicu hidung tersumbat. Tidak hanya flu, pengidap sinusitis juga sering mengalami hidung tersumbat yang sangat mengusik. Ya, hidung tersumbat kerap kali membuat pengidapnya jadi susah bernafas dengan lega.

Hal ini bakal membuat kegiatan mu jadi tersendat sebab kerja nafas jadi tidak normal. Salah satu aktivitas yang membuat anda merasa tidak nyaman dengan hidung tersumbat ini yakni disaat tidur. Ya, anda tidak bakal bisa tidur dengan nyenyak apabila hidung sedang tersumbat.

cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur
hidung tersumbat saat tidur

Inilah Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur

Nah, berikut ini cara mengobati hidung tersumbat saat tidur saat tidur yang telah merangkum dari bermacam sumber antara lain:

1. Menghirup Uap

Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur pertama yang dapat anda jalani buat mendapatkan tidur yang nyenyak disaat hidung tersumbat yakni dengan menghirup uap dari rebusan herbal yang mempunyai aroma khas, semacam thyme serta mint.
Metode membuat uap dari rebusan herbal ini sangatlah gampang.

Anda cuma perlu memasukkan 3 sendok teh thyme kering serta 3 sendok teh peppermint ke dalam mangkuk. Kemudian seduh dengan air mendidih serta hisap uapnya hingga hidung anda terasa lebih baik. Apabila anda tidak mudah mendapatkan teh thyme, anda dapat menggantikannya dengan menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air mendidih.

2. Pakai Pelembap Ruangan

Bila anda mempunyai pelembab ruangan ataupun humidifier di rumah, ini dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada hidung tersumbat saat tidur miring. Humidifier bekerja dengan mengganti air jadi uap yang secara lambat- laun mengisi atmosfer, kemudian meningkatkan kelembaban ruangan.

Menghisap udara lembab dapat menenangkan jaringan hidung yang teriritasi, dan meredakan pembengkakan pembuluh darah di saluran respirasi. Tidak cuma itu, uap tersebut juga dapat menipiskan lendir yang jadi faktor utama hidung tersumbat. Dengan cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur begitu, lendir yang menggumpal serta membeku dapat jadi encer serta gampang buat dikeluarkan. Letakkan humidifier pada ruangan yang selalu anda tempati buat beraktivitas, misalnya kamar tidur.

3. Mengkonsumsi Santapan Yang Hangat

Cara mengatasi hidung mampet sebelah berikutnya buat memperoleh tidur yang nyenyak disaat hidung tersumbat ialah dengan konsumsi santapan yang hangat. Salah satu santapan yang dapat anda coba merupakan sup hangat. Nah, disaat anda konsumsi santapan hangat ini, tentu kepala anda cenderung condong ke depan supaya dekat dengan mangkuk sup. Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur ini secara langsung bisa membuat lendir gampang keluar.

Hal ini disebabkan uap yang keluar dari sup dapat menolong melancarkan proses pengeluarannya. Tidak hanya itu, semangkuk sup hangat dapat memberikan dampak sugesti emosi yang positif sehingga badan jadi lebih rileks, benak jadi lebih tenang. Apabila anda tidak pernah membuat sajian sup hangat, anda dapat melakukan metode yang lebih gampang, ialah dengan membuat secangkir teh hangat yang dicampurkan dengan madu ataupun kombinasi air jahe serta madu.

4. Menanggulangi Hidung Tersumbat Dengan Inhaler

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang sangat gampang dicoba yakni dengan memakai inhaler. Inhaler sendiri merupakan obat hisap yang sudah tidak asing lagi untuk sebagian warga indonesia. Aroma yang kokoh pada inhaler membuatnya menembus lendir yang sudah menggumpal. Hasilnya, terdapat rongga yang terbentuk serta membuat respirasi jadi lebih mudah. Hidung bakal terasa lebih lega serta keluhan hidung tersumbat sedikit demi sedikit bakal mereda.

5. Kompres Hidung Dengan Handuk Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang lain yang dapat anda jalani merupakan dengan mengompres bagian dahi serta hidung. Menaruh kompres hangat di dahi serta hidung adalah metode yang baik buat kurangi sakit kepala serta nyeri pada keadaan hidung tersumbat. Kompres hangat ini dapat menyejukkan hidung serta membuat lendir jadi lebih gampang dikeluarkan. Tidak hanya itu, kompres hangat pula dapat membuat anda jadi lebih rileks.

Nah, untuk membuat kompres hangat ini anda bisa membuatnya dengan jahe. Triknya, rebus sebagian irisan jahe kemudian rendam kain lembut ke dalam air rebusan tersebut. Kemudian letakkan kain tersebut pada hidung yang mampet. Metode merendam kain dalam air rebusan jahe panas bakal memberikan rasa hangat yang dapat bertahan lebih lama serta bisa menghilangkan hidung tersumbat saat tidur miring.

6. Pijat Bagian Hidung

Melakukan pijat pada bagian hidung ialah cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang sangat gampang buat dicoba. Memijat bagian hidung dapat tingkatkan sirkulasi serta menolong meringankan rasa nyeri akibat lendir yang tertahan di dalamnya. Anda dapat melakukan pijatan dengan jari telunjuk, kemudian beri pijatan pada bagian tepi hidung selama 30 detik. Ulangi metode ini beberapa kali hingga bagian yang dipijat terasa lebih baik serta lendir gampang buat dikeluarkan.

7. Memakai Minyak Kayu Putih

Siapa sangka, minyak kayu putih nyatanya salah satu cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur. Metode ini sesungguhnya telah digunakan oleh orang- orang terdahulu dalam meredakan pilek serta kendala hidung yang lain.

Prinsip kerjanya sama dengan inhaler, adalah aroma dari minyak dapat menyejukkan hidung serta membuka selaput yang sudah tertutup lendir. Anda dapat mengoleskannya di dasar lubang hidung secara langsung, ataupun masukkan beberapa tetes ke dalam panci berisi air mendidih, kemudian hisap uapnya.

8. Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur dengan memakai air garam juga bisa menolong cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur dengan mengencerkan lendir yang melekat di balik tenggorokan. Terlebih untuk anda yang lagi dalam keadaan hidung tersumbat diiringi dengan indikasi perih tenggorokan ataupun batuk, larutan garam ini bisa menolong melenyapkan bakteri serta membantu meredakan gejalanya.

9. Meletakkan Kepala Lebih Tinggi Dari Badan Disaat Tidur

Meletakkan kepala lebih tinggi dari badan disaat tidur dapat menolong melancarkan saluran hidung yang tersumbat sebab lendir. Anda dapat memakai satu bantal tebal ataupun beberapa tumpuk bantal tipis buat membuat posisi kepala serta saluran respirasi lebih nyaman sepanjang tidur. Jauhi tidur dengan posisi kepala serta badan tiduran lurus. Metode ini hanya bakal membuat saluran hidung tersumbat saat tidur miring, serta tidur anda menjadi tidak nyaman.

10. Minum Air Putih

Tidak hanya cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur di atas, perbanyak konsumsi cairan merupakan metode sangat praktis buat menangani hidung tersumbat. Biarkan badanmu tetap terhidrasi dengan baik, sebab ini dapat menolong mengencerkan lendir. Tidak hanya itu, teh hangat serta sup ayam panas pula dapat jadi alternatif bila hidung tersumbat diiringi sakit tenggorokan. Sensasi panas bakal meringankan ketidaknyamanan pada tenggorokan.

11. Menangani Hidung Mampet Dengan Neti Pot

Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur terakhir yang dapat anda lakukan buat menangani hidung mampet yakni dengan mengeluarkan lendir yang jadi pemicunya. Anda dapat melakukannya secara manual maupun memakai dorongan neti pot. Melansir the us food and drug administration (FDA), neti pot merupakan teko kecil dengan belalai panjang yang dirancang buat mensterilkan lendir ataupun cairan sinus pada hidung.

Triknya, buat tubuhmu dalam posisi tegak dengan kepala mendongak ke atas, miringkan neti pot hingga air merambah satu lubang hidung. Sehabis itu, air yang sudah masuk bakal keluar lewat lubang yang lain. Jalani metode ini selama satu menit secara bergantian. Beberapa cara mengatasi hidung mampet saat tidur di atas mulai sekarang bisa anda praktekan agar anda mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Demikianlah cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur, jangan lupa untuk selalu melakukan pola hidup sehat dan berpikir positif untuk menghindari stress.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *