10 Cara Mengatasi Gusi Bengkak & Penyebabnya

By

Pernah gak sih kamu mengalami gusi bengkak? Atau saat ini kamu memang sedang merasakannya? Pasti sangat mengganggu sekali bukan? Terutama pada saat makan. Biasanya nafsu makan jadi hilang kalo seperti itu. Nah, agar tidak terganggu dengan hal tersebut, maka kamu harus tahu apa saja faktor penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi gusi bengkak tersebut.

Gusi bengkak ini biasanya berbentuk benjolan merah muda, dan ada bintik-bintik seperti kulit jeruk serta sakit saat  disentuh atau digunakan menggigit makanan. Kadang dalam beberapa kasus, gusi bengkak ini bisa sampai berdarah juga lho.

Apa Penyebab Gusi Bengkak?

Gusi bengkak biasanya dapat ditandai dengan adanya benjolan pada gusi berwarna merah dan terasa sakit saat digigit  atau mengunyah makanan. Jika hal ini dibiarkan maka bisa berdampak serius pada peradangan gigi. Maka dari itu, kamu harus segera mengatasi hal ini agar tidak kesehatan kamu dan aktivitas harian kamu tidak terganggu.

Pada dasarnya ada beberapa faktor yang memicu terjadinya pembengkakan pada gusi gigi, mulai dari gaya makan yang tidak sehat hingga faktor eksternal. Nah berikut ini adalah beberapa faktor penyebab gusi bengkak:

1. Lupa Gosok Gigi

Salah satu faktor yang memicu terjadinya masalah gusi bengkak adalah karena lupa menggosok gigi dan membiarkan gigi kotor. Hal ini tentu sangat tidak baik jika dibiarkan apalagi sampai dibiarkan berhari-hari. Gigi atau gusi yang kotor akan memicu munculnya bakteri dan kuman pada gusi yang bisa menyebabkan infeksi dan bengkak pada gigi.

2. Gangguan Hormon

Selain gigi yang kotor, masalah gusi bengkak juga bisa disebabkan oleh faktor hormon. Namun faktor hormon ini jarang terjadi pada pria. Biasanya hal ini dialami oleh para wanita, utamanya mereka yang tengah mengandung. Perubahan hormon pada wanita yang sedang mengandung bisa menyebabkan pembengkakan pada gusi. Namun biasanya hal ini hanya terjadi sementara saja dan tidak akan berlangsung lama.

3. Iritasi Pada Gusi

Penyebab  lain yang bisa berdampak pada gusi bengkak adalah karena masalah iritasi. Masalah iritasi ini biasanya disebabkan oleh salah makan makanan tertentu atau tidak cocok nya makanan tertentu yang dikonsumsi sehingga menyebabkan alergi dan pembengkakan pada gusi. Alergi makanan ataupun minuman ini akan menyebabkan gangguan pada jaringan  gusi.

4. Karang Gigi

Selain mengganggu penampilan, karang gusi juga bisa menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan gusi menjadi bengkak. Karang gigi merupakan tumpukan kotoran berwarna kuning pada area gigi yang mengeras. Jika plak karang gigi ini dibiarkan maka bisa menimbulkan masalah pada gusi ataupun gigi, salah satunya adalah seperti pembengkakan pada gusi ataupun radang gusi.

5. Pengaruh Obat

Bukan hanya dari makanan dan gaya hidup saja, obat juga menjadi salah satu penyebab timbulnya masalah gusi bengkak. Beberapa jenis obat memang kerap kali menimbulkan efek samping, salah satu jenis obat yang bisa memicu gusi bengkak adalah obat yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini sering sekali menyebabkan masalah pada gusi.

6. Kurang Vitamin C

Jika anda jarang sekali mengkonsumsi buah dan sayur serta kandungan vitamin C lainnya, maka masalah paling sering akan anda alami adalah gusi bengkak. Vitamin C dapat menguatkan jaringan pada gusi, jika vitamin C kurang maka jaringan gusi akan melemah dan akan mudah terjadi infeksi sehingga mengakibatkan pembengkakan pada gusi.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Pada dasarnya, cara mengatasi gusi bengkak ini sangat mudah. Kalaupun kamu tidak mengobati nya, sistem imun tubuh akan memperbaikinya. Hanya saja jika kita tidak mengobati nya maka proses penyembuhan nya akan sangat lambat dan kita akan merasa terganggu.

Namun sudah barang tentu anda tidak akan kuat menahannya. Nah, jika anda ingin lebih cepat pulih, 10 cara mengatasi gusi bengkak berikut ini mungkin bisa anda gunakan sekarang:

1. Kompres dengan Air Dingin atau Hangat

Cara pertama yang paling mudah dan paling sederhana yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah gusi bengkak adalah dengan kompres gusi. Kompres gusi dengan menggunakan es batu ataupun dengan menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin dan berkala, sehari 3 kali.

2. Berkumur dengan Air Garam

Air garam memiliki sifat antiseptik alami yang sangat bagus untuk mengatasi kuman dan bakteri di mulut. Air garam dapat dengan efektif mengatasi masalah gusi pembengkakan pada gusi. Cara menggunakannya juga cukup mudah, anda hanya  perlu memasukkan garam kedalam segelas air hangat lalu aduk hingga larut dan berkumur menggunakan air tersebut.

3. Minum Vitamin C

Salah satu faktor penyebab masalah gusi bengkak adalah kurangnya vitamin C, maka dari itu atasilah dengan cara mencukupi kebutuhan vitamin C. Ada banyak obat vitamin C di warung ataupun di apotek. Cukup minum secara berkala setiap hari.

4. Minum Antibiotik

Antibiotik akan mempercepat proses penyembuhan pembengkakan pada gusi anda. Selain itu, antibiotik juga akan membantu meredakan nyeri yang diakibatkan oleh pembengkakan gusi tersebut. Maka minumlah secara rutin dengan dosis yang standar 250-500 mg perhari.

5. Berkumur dengan Air Lemon

Selain air garam, lemon juga memiliki antiseptik alami yang dapat memberikan efek penyembuhan luka dengan cepat. Sifat asam dalam lemon juga akan menyeimbangkan PH dalam mulut. Cara menggunakan air lemon untuk atasi masalah gusi bengkak ini adalah dengan cara menggunakannya sebagai obat kumur.

6. Kumur dengan Air Rebusan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji merupakan salah satu daun yang memiliki kandungan antibakterial tinggi. Daun jambu biji juga sangat bagus sekali jika digunakan untuk mengatasi masalah pembengkakan pada gusi. Cara mengatasi gusi bengkak dengan menggunakan jambu biji ini adalah dengan merebus nya dan menjadikannya sebagai obat kumur.

7. Gunakan Bawang Putih

Bawang putih memiliki antiseptik alami tinggi yang juga dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Antiseptik nya akan membantu meredakan gusi bengkak dengan cepat. Cara menggunakan bawang putih untuk atasi masalah gusi bengkak adalah dengan cara menumbuknya bersama dengan sedikit garam lalu dijadikan obat oles pada gusi.

8. Oleskan Madu

Madu memang sudah terkenal memiliki banyak khasiat dan manfaat yang luar biasa. Namun, dari sekian banyak manfaat yang dimilikinya, salah satu manfaatnya adalah dapat digunakan untuk meredakan pembengkakan pada gusi. Cara menggunakannya adalah dijadikan sebagai obat oles pada gusi yang bengkak.

9. Pakai Merica

Merica memiliki anti bakteri dan anti inflamasi yang juga dapat mengobati masalah pembengkakan pada gusi. Ini adalah salah satu cara paling mudah dan paling efektif untuk mengatasi masalah gusi bengkak, caranya cukup dengan menjadikannya sebagai obat oles pada gusi.

10. Kumur dengan Air Serai

Salah satu cara mengatasi gusi bengkak secara alami yang paling mudah adalah dengan berkumur dengan menggunakan air rebusan daun serai. Daun serai memiliki antiseptik alami yang bagus untuk membantu penyembuhan gusi bengkak.

Tinggalkan komentar