Terapkan 11 Cara Mengatasi Gigi Ngilu Ini Agar Gigi Cepat Sehat dan Kuat

sumbersehat.com – Cara mengatasi gigi ngilu perlu Anda ketahui, terutama bagi Anda yang menderita gigi sensitif. Gunanya ialah ketika mengonsumsi makanan dan minuman yang salah dan gigi mulai terasa ngilu, Anda dapat segera mengatasinya. Sebenarnya penyebab gigi ngilu sendiri tidak hanya karena gigi sensitif, bisa saja karena gigi berlubang atau bahkan menderita suatu penyakit sehingga berdampak pada gigi ngilu.

Ketika gigi ngilu sedang menyerang, tentu dapat menghambat segala aktivitas keseharian. Bila tidak segera diatasi, gigi ngilu dapat menjadi lebih parah dan semakin menjadi rasa sakitnya. Selain dengan membeli obat gigi ngilu dan nyeri di apotik, ternyata ada banyak sekali cara lainnya yang bisa Anda coba.

cara mengatasi gigi ngilu
cara mengatasi gigi ngilu

Inilah Beberapa Cara Mengatasi gigi Ngilu yang Bisa Anda Coba di Rumah

Sebenarnya tanpa mengonsumsi obat, Anda bisa menangani gigi yang terasa nyeri dengan menerapkan cara mengobati gigi ngilu di bawah ini:

1. Berkumur dengan air garam

Cara mengatasi gigi ngilu dengan menggunakan air garam sepertinya sudah sangat populer dikenal oleh masyarakat. Garam memiliki sifat antiseptik, dimana berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan bakteri yang menjadi salah satu penyebab gigi ngilu.

Anda jangan takut karena penggunaan air garam ini bukanlah untuk dikonsumsi, melainkan dijadikan sebagai obat kumur. Untuk membuatnya, terlebih dahulu siapkan air panas ke dalam gelas. Campurkan dengan 1 atau setengah sendok garam ke dalamnya. Jika sudah, tunggu hingga air menjadi hangat dan gunakan untuk berkumur selama 30 detik.

2. Kunyit

Rempah kunyit sudah terkenal digunakan sebagai salah satu bumbu penyedap masakan. Anda bisa menggunakannya sebagai cara mengatasi gigi ngilu. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan astringent yang dipercaya efektif untuk menyembuhkan nyeri pada gigi.

Selain itu, kandungan curcumin di dalamnya dapat melawan bakteri sehingga mampu mencegah dan menangani peradangan pada gusi. Cara membuatnya yaitu haluskan 1 ruas kunyit dan campurkan dengan setengah sendok garam. Tambahkan juga satu sendok minyak kelapa ke dalamnya. Gunakan pasta gigi untuk gigi ngilu dari rempah kunyit ini pada bagian gigi yang nyeri.

3. Berkumur dengan teh hijau

Selanjutnya, cara mengatasi gigi ngilu ialah dengan memanfaatkan teh hijau. Teh hijau mampu mengobati gigi ngilu karena memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi, dimana baik untuk kesehatan mulut termasuk gigi. Selain itu tanaman herbal ini juga dapat membantu mengurangi peradangan dan memperkokoh gigi. Obat gigi ngilu dan nyeri dari teh hijau ini bisa Anda gunakan sebagai air kumur selama 2 kali sehari.

4. Jaga kebersihan gigi

Cara mengatasi gigi ngilu ini juga sangat penting untuk dilakukan ialah selalu rajin menjaga kebersihan gigi. Caranya yaitu rutin menggosok gigi 2 kali sehari dan Anda juga bisa membersihkan gigi menggunakan benang gigi paling tidak sekali sehari. Namun, penyebab gigi ngilu ialah karena gigi sensitif maka pakailah pasta gigi khusus untuk gigi sensitif setiap hari. Dengan menggunakan pasta gigi untuk gigi ngilu tersebut, maka lapisan dentin yang terbuka dapat terlindungi. Jadi, rasa nyeri atau ngilu pada gigi juga dapat teratasi.

5. Penambalan gigi

Apabila penyebab gigi ngilu yang Anda alami disebabkan oleh gigi berlubang, maka cara ini adalah yang paling tepat. Cara mengatasi gigi berlubang yang menjadi salah satu penyebab gigi ngilu ini hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Dokter akan menambal gigi Anda yang berlubang supaya tidak terasa nyeri atau ngilu lagi.

6. Daun jambu biji

Mungkin banyak orang yang mengenal khasiat daun jambu biji ialah untuk mengatasi diare. Namun, sebenarnya daun ini juga sangat bermanfaat untuk mengatasi gigi ngilu, lho. Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan antioksidan flavonoid yang dimilikinya dapat membantu meredakan ngilu pada gigi. Tidak hanya itu, sifat antimikroba dan antiradang di dalamnya juga mampu membantu proses penyembuhan sakit gigi. Untuk menerapkan cara mengatasi gigi ngilu ini dapat Anda mengunyahnya secara langsung atau minum air daun jambu biji.

7. Madu

Sifat antibakteri dan antiseptik yang dimiliki madu efektif untuk membantu mengatasi permasalahan pada mulut dan gigi. Ada sebuah penelitian mengatakan bahwa madu juga bisa membantu mengatasi masalah gingivitis. Cara mengatasi ggi ngilu dengan madu ini sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Caranya yaitu siapkan air hangat dan tambahkan satu sendok madu di dalamnya. Setelah itu, gunakan untuk membilas bagian gigi yang ngilu atau bisa juga menjadikannya sebagai obat kumur.

8. Kunyah atau oles bawang putih

Mengunyah bawang putih juga dapat sebagai cara mengatasi gigi ngilu yang ampuh. Selain bisa digunakan untuk bumbu dapur, bawang putih juga dapat membantu mengatasi gigi ngilu yang Anda alami. Rempah ini juga dapat membunuh bakteri penyebab plak dan mengatasi gusi bengkak yang diakibatkan oleh gigi sensitif.

Mengobati gigi ngilu dengan bawang putih dapat Anda lakukan dengan 2 cara yaitu mengunyahnya dan menjadikannya sebagai pasta untuk gigi ngilu. Bila Anda tidak suka mengunyah rempah ini, maka lebih baik gunakan cara yang kedua. Caranya, haluskan 1 siung bawang putih dan sejumput garam hingga menjadi pasta. Lalu, oleskan pada bagian gigi yang terasa nyeri atau ngilu.

9. Menggunakan cengkeh

Cengkeh memiliki kandungan eugenol yang merupakan antiseptk alami sehingga dapat membantu mengobati gigi ngilu dan mengurangi peradangan. Supaya gigi ngilu dapat mereda, kunyah cengkeh sampai minyaknya lepas. Setelah itu, tahan selama kurang lebih 30 menit pada bagian gigi yang nyut-nyutan.

Anda juga dapat mengoleskan minyak cengkeh di bagian gigi yang terasa ngilu. Selain itu, ada cara lain yang bisa Anda coba yaitu dengan menambahkan satu tetes minyak pada segelas air. Kemudian mengaplikasikannya sebagai obat kumur untuk mengatasi gigi ngilu. Apabila gigi Anda berlubang, maka cobalah cara mengatasi gigi berlubang juga karena kemungkinan hal itulah yang menjadi salah satu penyebabnya.

10. Kompres dengan es batu

Apabila Anda memiliki es batu dirumah, maka cara mengatasi gigi ngilu yang satu ini tentu cocok untuk anda coba. Sebab, mengompres gigi dengan menggunakan es batu dapat mengurangi rasa ngilu yang Anda alami.selain itu, juga mampu meringankan sakit gigi yang disebabkan oleh gusi bengkak atau cedera. Caranya tentu bukanlah dengan menempelkan es secara langsung pada gigi. Melainkan dengan menggunakan kantong es di bagian pipi yang dekat pada gigi yang ngilu. Diamkan selama beberapa menit, dengan begitu rasa nyerinya akan mereda.

11. Gunakan fluoride

Apabila penyebab gigi ngilu Anda ialah gigi sensitif, maka cara mengatasi gigi ngilu yang tepat adalah menggunakan fluoride. Hal ini biasanya dilakukan oleh dokter gigi, dokter akan melakukan perawatan dengan cara mengoleskan fluoride yang berbentuk gel. Hal ini dilakukan untuk memperkuat lapisan terluar atau bahasa medisnya enamel gigi. Selain itu, juga dapat membantu mengobati permasalahan gigi ngilu yang Anda alami.

Itulah beberapa cara mengatasi gigi ngilu yang bisa Anda coba. Jangan lupa untuk menghindari makanan atau minuman yang dapat menyebabkan atau memperparah gigi ngilu, seperti yang terlalu dingin atau terlalu panas. Apabila gigi ngilu semakin parah dan tidak kunjung sembuh, maka jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter gigi.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *