Penyebab dan 6 Cara Mengatasi Gigi Ngilu Setelah Ditambal Secara Alami!

By

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Setelah Ditambal – Rasa ngilu yang sering terjadi pada gigi tentunya sering dialami oleh sebagian besar orang. Rasa ngilu tersebut dapat muncul pada saat-saat tertentu, seperti pada saat mengkonsumsi makanan panas dan makanan dingin pada saat bersamaan, hal tersebut merupakan salah satu tanda bahwa gigi anda sensitif terhadap makanan dingin dan juga makanan yang panas.

Tidak hanya merasa ngilu karena gigi sensitif, namun gigi juga dapat merasa ngilu pada saat selesai menambal gigi akibat gigi yang berlubang. Pada umumnya orang akan melakukan penambalan gigi karena merasa ngilu, akan tetapi setelah ditambal ke dokter gigi biasanya juga dapat mengalami ngilu kembali.

Penyebab Terjadinya Ngilu Setelah Gigi Ditambal

Sebelum saya membahas tentang cara mengatasi gigi ngilu setelah ditambal. Saya akan jelaskan tentang penyebab ngilu pada gigi setelah ditambal terlebih dahulu.

Tidak semua orang mengalami rasa ngilu setelah melakukan penambalan gigi, namun ada juga orang yang mendapatkan ngilu setelah menambalkan giginya yang sakit akibat berlubang. Ngilu yang biasanya dapat terjadi setelah anda melakukan penambalan gigi ini akibat gigi berlubang dapat terjadi oleh beberapa hal.

Penyebab yang sering terjadi adalah karena bahan tambalan pada gigi anda dianggap oleh tubuh sebagai benda asing sehingga dapat menyebabkan reaksi peradangan, kemudian efek dari saraf gigi yang  terkena panas dan juga bahan kimia  penambalan gigi, tambalan berlubang atau tidak rapat sehingga gigi akan mengalami infeksi dan lain sebagainya.

Kondisi ngilu gigi yang diakibatkan oleh peradangan karena tambalan gigi merupakan salah satu kondisi yang termasuk normal. Kondisi tersebut dapat berangsur menghilang kurang lebih sekitar 1 minggu setelah penambalan gigi dilakukan.

Namun, apabila kondisi ngilu yang anda dapatkan lebih parah dan juga waktu penyembuhannya lebih dari satu minggu, maka anda perlu untuk kembali ke dokter untuk memeriksakan kembali  dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Setelah Ditambal dengan Bahan Alami

Apabila anda mengalami rasa nyeri setelah melakukan penambalan gigi, maka ada cara yang termasuk mudah untuk mengatasi gigi ngilu setelah ditambal. Tentunya cara tersebut menggunakan bahan alami yang dapat dengan mudah anda temukan di sekitar rumah anda.

Bahan alami yang dapat anda gunakan merupakan bahan tradisonal yang murah harganya. Hal ini dapat anda lakukan sebagai salah satu penanganan yang mudah anda lakukan. Berikut cara mengatasi gigi ngilu setelah ditambal dengan bahan alami yang bisa kalian coba lakukan.

1. Bawang Putih

Salah satu bumbu dapur ini merupakan bahan yang cukup efektif untuk mengurangi rasa ngilu pada gigi yang disebabkan oleh penambalan gigi. Bawang putih memang terkenal kaya akan oksidan  dan anti bakteri yang dapat mengurangi rasa ngilu pada gigi anda, selain itu bawang putih juga baik untuk mengatasi berbagai macam penyakit lainnya.

Cara yang paling mudah untuk mengurangi rasa ngilu pada gigi adalah dengan menggeprek satu siung bawang putih, lalu rendam dengan air hangat kurang lebih 10 menit, kemudian anda dapat menggunakan air hangat tersebut untuk dijadikan obat kumur. Selain itu anda juga dapat menggeprek bawang putih dan langsung menempelkan pada gigi anda secara langsung dan biarkan selama kurang lebih 30 menit.

2. Terapi Menggunakan Es Batu

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan terapi menggunakan es batu. Es batu merupakan salah satu bahan yang dapat meredakan nyeri dan juga pembengkakan. Anda dapat menggunakan es batu dengan cara mengompres menggunakan handuk dan menempelkan ke dalam gigi anda yang sudah ditambal.

Anda dapat melakukan terapi es tersebut secara rutin setidaknya dua kali dalam sehari. Hal ini dilakukan secara rutin agar rasa ngilu yang anda alami akan dapat berangsur menghilang. Namun, apabila anda mengalami gigi yang sensitif, maka perlu untuk menghindari terapi es ini. Karena gigi anda yang sensitif terkena oleh es batu, maka akan bertambah parah rasa ngilu anda.

3. Daun Jambu Biji

Cara mengatasi gigi ngilu setelah ditambal yang pertama adalah dengan daun jambu biji. Daun jambu biji memiliki manfaat sebagai anti nyeri, anti peradangan dan juga anti mikroba. Sehingga anda dapat memanfaatkan daun jambu biji tersebut sebagai salah satu cara untuk mengatasi gigi ngilu setelah ditambal. anda dapat membuat ramuan sebagai obat kumur menggunakan daun jambu biji.

Caranya adalah pertama cuci bersih daun jambu biji, kemudian anda dapat merebusnya hingga air rebusan tersebut berkurang setengahnya. Setelah itu anda dapat berkumur menggunakan air rebusan tersebut sebagai obat gigi ngilu. Anda dapat melakukan perawatan ini secara rutin untuk mempercepat menghilangkan rasa ngilu.

4. Daun Sirih

Daun sirih adalah salah satu bahan obat tradisonal yang sangat populer dan termasuk ampuh untuk mengatasi berbagai macam masalah penyakit. Daun sirih juga ampuh sebagai salah satu obat untuk menyembuhkan berbagai masalah sakit gigi, seperti ngilu pada gigi berlubang ataupun ngilu karena gigi sensitif.

Cara paling mudah untuk mengolah daun sirih menjadi obat kumur adalah dengan merebus daun sirih tersebut, kemudian anda dapat menjadikan air rebusan tersebut sebagi obat kumur. Anda dapat menggunakan obat kumur dari daun sirih sampai rasa ngilu pada gigi anda menghilang. Namun anda juga dapat mengunyah daun sirih untuk menghilangkan rasa nyeri, tapi cari ini sudah jarang untuk dilakukan.

5. Minyak Cengkeh

Bahan selanjutnya yang juga terkenal sangat ampuh untuk mengobati masalah sakit gigi adalah minyak cengkeh. Obat tradisional menggunakan minyak cengkeh ini sudah digunakan oleh orang pada zaman dahulu dan sudah banyak masalah gigi yang dapat sembuh menggunakan minyak cengkeh.

Hal tersebut dikarenakan minyak cengkeh memiliki kandungan sebagai antiseptik yang dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi. Anda dapat menggunakan minyak cengkeh sebagai obat dengan cara meneteskan langsung minyak cengkeh tersebut ke gigi anda yang mengalami ngilu. Anda dapat melakukannya secara rutin dan teratur agar rasa ngilu tidak kambuh kembali.

6. Merica Dan Garam

Cara mengatasi gigi ngilu setelah ditambal berikutnya adalah dengan menggunakan merica dan garam. Bahan alami yang dapat anda temukan di dapur adalah merica dan juga garam. Kedua bahan ini termasuk cara yang efektif untuk mengurangi rasa ngilu pada gigi anda. Kandungan yang terdapat pada garam adalah anti bakteri yang dapat membunuh kuman  pada gigi anda.

Anda dapat membuat obat kumur dari merica dan garam. Cara sangat mudah, yaitu dengan melarutkan garam dan juga mencampurkan merica ke dalam air. Apabila kedua bahan tersebut sudah tercampur, maka anda dapat menggunakan larutan tersebut sebagai obat kumur. Lakukan hal tersebut hingga rasa ngilu pada gigi anda menghilang.

Baca Juga: 15 Cara Mengobati Sakit Gigi, Ribuan Orang Sembuh Pakai Ini!

Itulah ulasan tentang cara mengatasi gigi ngilu setelah ditambal. Anda dapat menggunakan berbagai bahan alami yang ada disekitar anda untuk mengurangi rasa ngilu. Lakukan hal tersebut secara rutin agar rasa ngilu pada gigi anda berangsur menghilang.

Namun, apabila rasa ngilu anda belum juga membaik maka segera untuk periksa lebih lanjut ke dokter. Semoga ulasan di atas dapat membantu anda dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar