10 Cara Mengatasi Gigi Linu yang Cepat Menyembuhkan dan Gigi Sehat

sumbersehat.com – Cara mengatasi gigi linu pastinya sangat berguna sekali. Apalagi bagi orang-orang yang memiliki jenis gigi sensitif terhadap beberapa makanan seperti makanan atau minuman yang panas atau dingin. Memiliki gigi sensitif dan gigi ngilu pasti membuat orang tidak nyaman.

Gigi sensitif ataupun gigi linu pada dasarnya membutuhkan perawatan yang ekstra. Bila tidak diatasi, sensitivitas bisa memburuk serta berkembang ke titik di mana anda harus betul- betul menjauhi jenis santapan serta minuman tertentu. Rasa linu yang ditimbulkan gigi sensitif bisa memunculkan ketidaknyamanan. Maka dari itu ini dia beberapa obat buat gigi linu akibat gigi sensitif.

cara mengatasi gigi linu
gigi linu

Inilah Cara Mengatasi Gigi Linu

Beberapa cara mengobati gigi linu yang bisa anda lakukan diantaranya yaitu:

1. Memakai Air Garam

Cara mengatasi gigi linu pertama, obat buat gigi linu yang alami merupakan garam. Air garam ialah antiseptik natural yang dapat menolong meredakan peradangan. Tidak cuma itu, metode menangani gigi ngilu dengan air garam dapat melawan kuman jahat, meredakan gusi bengkak, disertai gigi linu akibat gigi sensitif.

Metode menangani gigi linu anda bisa berkumur dengan air garam paling tidak 2 kali satu hari. Triknya, campurkan 1 ataupun setengah sendok garam dengan segelas air putih hangat. Kemudian, kumur- kumur sepanjang 30 detik serta muntahkan seluruhnya. Ulangi metode ini beberapa kali sampai nyeri sudah tidak begitu terasa lagi.

2. Memakai Kunyit

Kunyit yang biasa dipakai buat menyedapkan masakan nyatanya juga berguna sebagai cara mengatasi gigi linu terus menerus. Senyawa curcumin dalam kunyit dikenal efisien buat melawan kuman pemicu peradangan gusi serta meredakan peradangannya. Buat melindungi kesehatan mulut serta menyembuhkan gigi linu, anda dapat mengolah kunyit dengan 2 metode.

Cara mengobati gigi linu pertama, anda bisa parut separuh ruas kunyit serta sisipkan pada gigi yang bermasalah selama beberapa menit. Kedua, anda dapat mengolah kunyit jadi pasta gigi. Triknya, campurkan parutan kunyit dengan baking soda serta minyak kelapa. Aduk rata seluruh bahan tersebut hingga membentuk krim kental. Pakai pasta gigi untuk gigi linu ini tiap kali anda mau menggosok gigi.

3. Daun Jambu Biji

Manfaat daun jambu sangat populer sebagai obat diare alami, tetapi ternyata juga dapat sebagai obat gigi linu! Sifat anti radang serta antimikroba dari flavonoid juga efisien buat menunjang mempercepat pengobatan sakit gigi. Anda dapat mengunyah daun jambu fresh yang telah dicuci bersih hingga ekstrak airnya keluar. Kemudian, ambil sari daun jambu tadi dengan lidah serta oleskan pada bagian gigi yang terasa ngilu.

Cara mengatasi gigi linu yang lain, anda dapat merebus beberapa lembar daun jambu serta tambahkan sejumput garam. Sehabis mendidih, angkat air rebusan serta dinginkan sebentar. anda bisa pakai air rebusan daun jambu ini sebagai obat kumur. Tidak cuma itu saja, daun jambu biji dapat meredakan sariawan serta gusi yang bengkak. anda dapat memakai air daun jambu biji buat mengkonsumsinya.

4. Metode Mengatasi Gigi Linu Dengan Capsaicin

Kemudian, ada capsaicin yang dapat anda temukan dalam cabai serta banyak rempah pedas yang lain. Kemudian, ada capsaicin memiliki sifat analgesik serta telah digunakan buat menyembuhkan banyak permasalahan mulut akibat peradangan serta ngilu. Cara mengatasi gigi linu bahan alami seperti capsaicin ini memanglah dapat menimbulkan rasa terbakar. Tetapi, senyawa ini dapat kurangi rasa sakit. Buat gigi sensitif, anda bisa memakai capsaicin sebagai gel topikal maupun lewat obat kumur.

5. Pakai Bawang Merah

Sesudah itu, cara mengatasi gigi linu terus menerus dapat memakai bawang merah sebab terdapat sifat anti- inflamasi serta anti- mikroba di dalamnya. Metode menanggulangi gigi linu triknya, cukup kunyah sepotong bawang merah selama beberapa menit. Ataupun, anda dapat meletakkan bawang di dekat gigi serta gusi yang linu setelah itu, biarkan saja selama 10 menit.

6. Bawang Putih

Rasanya bawang putih nyaris diperlukan dalam tiap masakan. Tetapi, mengerti kah anda kalau tidak hanya sebagai penyedap masakan, bawang putih pula baik buat kesehatan gigi? Cara mengatasi gigi linu berikutnya yakni bawang putih. Sahabat dari bawang merah ini dapat meredakan gigi ngilu serta gusi bengkak akibat gigi yang sensitif ya, pamor bawang putih buat menyembuhkan bermacam permasalahan gigi serta mulut nyatanya telah diketahui semenjak dahulu.

Riset mendeteksi, senyawa allicin dalam pasta gigi untuk gigi linu bawang putih mempunyai sifat antiseptik serta antimikroba. Campuran keduanya bisa membantu melawan bakteri pemicu sakit gigi sekalian meredakan rasa nyerinya. Anda dapat mengunyah bawang putih mentah selama beberapa detik di sisi mulut yang bermasalah.

Ataupun bila tidak kuat dengan aromanya anda dapat menghaluskan bawang putih serta jadikan pasta. Triknya, ambil satu siung bawang putih serta tambahkan sejumput garam. Haluskan sampai berupa semacam pasta serta oleskan langsung di gigi yang sakit ataupun gigi yang terasa nyut- nyutan.

7. Pakai Cengkeh

Setelah itu, anda dapat memakai cengkeh ataupun minyaknya yang memiliki eugenol. Kandungan eugenol ialah antiseptik alami. Cengkeh secara efisien dapat mematikan rasa sakit serta kurangi peradangan. Cara mengatasi gigi ngilu lumayan gampang, cukup lembutkan cengkeh, kemudian lepaskan minyaknya, serta tahan pada gigi yang linu selama 30 menit.

8. Metode Mengatasi Gigi Linu Dengan Teh Hijau

Cara mengatasi gigi linu terus menerus berikutnya yakni teh hijau tanpa pemanis sebagai obat kumur 2 kali satu hari. Air kumur dari teh hijau ini dapat menguatkan gigi serta kurangi peradangan. Karena, teh hijau mempunyai dampak antioksidan serta sifat anti- inflamasi buat menunjang kesehatan mulut. Teh hijau juga dapat mengatur kuman serta merendahkan keasaman air liur serta plak gigi.

9. Madu Serta Air Hangat

Cara mengatasi gigi linu dengan bahan alami yakni memakai madu serta air hangat. Madu dapat menolong mempercepat pengobatan serta kurangi rasa sakit. Buat kurangi rasa sakit dari gigi sensitif, bilas mulut dengan air hangat serta sesendok madu. Bilasan ini bakal membantu pengobatan oral. Madu menciptakan hidrogen peroksida yang berperan sebagai antiseptik buat rasa sakit yang diakibatkan oleh sensitivitas. Madu juga digunakan sebagai obat mengatasi gigi ngilu sebab patah.

10. Memakai Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida merupakan antiseptik cair yang kerap dijadikan obat kumur. Antiseptik ini efisien buat menewaskan kuman pemicu radang gusi maupun peradangan gigi. Berikut cara mengatasi gigi linu memakai hidrogen peroksida sebagai obat kumur. Campurkan 2 tutup cairan hidrogen peroksida 3% dengan segelas air hangat.

Setelah itu berkumurlah sepanjang 30 detik dengan larutan tersebut. Buang air sisa kumuran tadi serta bilas dengan air bersih. Cairan hidrogen peroksida wajib dilarutkan dahulu sebab wujud murninya dapat melukai mulut serta gusi. Tidak hanya sebagai obat buat gigi ngilu, obat kumur ini juga bisa mengusir bau mulut yang jadi tanda infeksi gusi.

Itulah beberapa cara mengatasi gigi linu yang bisa anda praktekan sendiri di rumah. Selain itu anda juga harus tetap menjaga kesehatan gigi agar terhindar dari berbagai masalah pada gigi dan mulut.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *