11 Cara Mengatasi Gejala Serangan Jantung Paling Ampuh

Melakukan gaya hidup sehat seperti rajin berolahraga dan memakan makanan kaya gizi bisa menjadi cara mengatasi gejala serangan jantung paling ampuh. Karena penyakit serangan jantung ini bisa terjadi kepada siapapun sekalipun orang tersebut tidak memiliki riwayat keturan penghidap serangan jantung. Fatalnya lagi, penyakit ini sering terjadi secara tiba-tiba pada seseorang.

Nah jantung itu sendiri merupakan organ fital manusia yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan tugas ini tak pernah berhenti untuk dilakukannya. Dalam 1 menit jantung bisa berdetak 60 hingga 100 kali. Maka dari itu penting untuk menjaga jantung agar terhindar dari masalah serangan jantung, berikut adalah caranya

1. Lakukan Pola Hidup Sehat

Cara mengatasi gejala serangan jantung yang pertama adalah selalu melaukan pola hidup yang sehat. Cara ini merupakan cara yang paling mendasar dan mudah dilakukan. Namun perlu pembiasaan agar bisa menjalaninya.

Cara ini bisa kamu lakukan dengan memakan makanan yang tidak menyebabkan resiko terkena penyakit jantung. Seperti dengan memakan makanan yang sedikit mengandung sodium, lemak jenuh, dan juga lemak trans.

Selain itu juga, kamu bisa ikut mengkonsumsi makanan yang biasa digunakan untuk diet sehat oleh seseorang. Seperti rajin mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, daging ikan, gandum utuh yang memiliki kandungan kaya akan serat, biji-bijian, legume, dan juga kacang-kacangan. Mengurangi sedikit untuk mengkonsumsi olahan daging juga bisa kamu lakukan untuk mencegah serangan jantung.

Jika ingin memakan daging, pilihlah daging ayam atau unggas yang tidak berisi kulit. Atau juga bisa dengan memilih daging yang sedikit memiliki kandungan lemak. Ketika memilih minuman, pilihlah minuman yang mengandung sedikit gula atau tidak manis. Lebih baiknya kamu memilih minuman susu yang mengandung rendah lemak.

2. Luangkan Waktu Untuk Meditasi

Apabila kamu merasa sudah mumet atau bosen dalam melakukan ativitas, cobalah untuk berhenti sejenak dan meluangkan waktu untuk melakukan meditasi. Apapun bentuk meditasi itu boleh kamu lakukan asalkan bisa untuk melakukan tanpa paksaan. Karena jika rasa bosen dan mumet dibiarkan tanpa diselingi dengan relaksasi, bisa mengakibatkan kamu stres. Dan dari stres inilah kamu memiliki kemungkinan besar untuk terserang penyakit jantung.

3. Berhenti Merokok

Dengan cara berhenti merokok juga menjadi cara mengatasi gejala serangan jantung yang paling ampuh untuk dilakukan. Penting untuk kamu ketahui, seorang perokok adalah orang yang paling rentan mengalami gangguan sesak napas, sakit pada dada, bahkan penyakit serangan jantung.

Oleh karenanya, mulai dari sekarang kamu harus bisa untuk menghentikan kebiasaan hidup yang kurang sehat ini. Lebih baik menggunakan uang untuk membeli makanan yang sehat daripada kamu membakar uangmu dalam sebatang rokok yang hanya menjadi asap.

4. Mengkonsumsi Cokelat Hitam

Jika punya sedikit uang, sisihkanlah uangmu untuk membeli camilan cokelat hitam. Karena dalam cokelat hitam ini memiliki kandungan yang kaya akan antioksida. Di mana kandungan ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Kendati demikian, perlu kamu ketahui bahwa cokelat hitam itu memiliki banyak kandungan gula dan kalori. Sehingga kamu tidak boleh melakukan konsumsi cokelat hitam ini secara berlebihan.

5. Aktif Bergerak

Cara mengatasi gejala serangan jantung yang selanjutnya adalah dengan aktif dalam melakukan gerakan. Seperti, melakukan gerakan lari cepat setiap minggunya barang 150 menit. Atau juga bisa dengan melakukan jalan-jalan santai barang 30 menit atau lebih disetiap harinya. Namun ini harus rutin untuk kamu lakukan.

Jika kamu masih memungkinkan, kamu bisa melakukan gerakan tambahan lain untuk mencegah penyakit jantung. Gerakan yang bisa kamu lakukan adalah dengan latihan menguatkan otot. Entah itu otot di bagian kaki, punggung, pinggul, pundak, perut, atau kedua lengan setiap hari secara bertahap.

Khusus untuk anak-anak atau anak muda, agar terhindar dari serangan jantung kamu harus dan wajib melakukan aktivitas bergerak di setiap harinya selama minimal 60 menit.

6. Jaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Selain untuk memantapkan penampilan di depan orang banyak, memiliki tubuh ideal juga bisa menjadi cara mengatasi gejala serangan jantung.  Seseorang yang kelebihan berat badan atau obesitas lebih cendrung memiliki kadar LDL kolestrol yang tinggi. Akibat terlalu banyak memiliki kadar kolestrol ini, dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan arteri atau aterosklerosis. Di mana penyumbatan ini lebih rentan mengakibatkan seseorang mengalami penyakit serangan jantung.

7. Rajin Melakukan Cek Kolestrol Dan Tensi Dalam Diri

Cara mengatasi gejala serangan jantung berikutnya bisa kamu lakukan dengan rutin melakukan cek tensi dan kolestrol dalam tubuh. Meskipun tubuhmu saat ini masih terasa sehat dan bugar, alangkah lebih baiknya untuk tetap melakukan tes ini. Setidaknya kamu melakukan tes kolestrol dan tensi satu bulan sekali. Karena keadaan tensi dan kolestrol ini tak bisa kamu nilai dengan perasaan semata.

Tekanan darah seseorang yang masuk dalam kategori normal jika tekanan darahnya menunjukkan angka di bawah 120/80 mmHg. Namun saat angka tersebut berada di antara angka 120 sampai 139 atau berada pada angka pada kisaran 80 sampai 90, itu artinya kamu mengalami “prehipertensi”.

Sementara itu, untuk kadar kolestrol seseorang yang dinilai baik itu berkisaran pada angka yang kurang dari 200 mg/dl. Dan kadar kolestrol seseorang sudah tinggi apabila berada pada angka 240 mg/dl ke atas.

8. Rajin Melakukan Sosialisasi

Meski terdengar sepele, namun ketika kamu rajin melakukan sosialisasi dipercaya menjadi cara mengatasi gejala serangan jantung. Entah itu bersosialisasi dengan lingkungan, kerabat, teman kantor, atau orang lain.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa, mereka yang rajin melakukan sosialisasi akan mendapatkan dukungan hidup yang lebih banyak dari orang yang diajak bersosialisasi. Dengan dukungan ini, membuatnya lebih bersemangat dalam menjalani hidup sekaligus mengurangi resiko terserang penyakit jantung. Karena dalam bersosialisasi yang dilakukan merupakan obat yang juga ampuh dalam mengendalikan stres.

9. Membatasi Mengkonsumsi Alkohol

jika kamu adalah seorang pecandu minuman beralkohol, maka batasilah dalam mengkonsumsi minuman ini. Tapi alangkah lebih baiknya untuk tidak meminum minuman beralkohol atau berhenti meminum minuman beralkohol.

Dengan meminum minuman beralkohol yang terlalu banyak, dapat mengakibatkan tekanan darah seseorang menjadi naik. Oleh karena tekanan darah yang naik ini, juga memicu kalori yang meningkat. Sehingga kamu akan lebih rentan terkena serangan jantung.

Minum terlalu banyak minuman beralkohol  juga dapat meningkatkan tekanan darah. Ini juga dapat menambah kalori dalam tubuh yang mengakibatkan berat badan meningkat. Dengan demikian, kamu akan lebih rentan dalam terkena penyakit serangan jantung.

10. Jaga Kebersihan Gigi

Selain untuk kebersihan di area mulut, menjaga kebersihan gigi juga menjadi alternative untuk kamu menghindari gejala serangan jantung. Pasalnya, kuman atau bakteri yang ada pada gigi yang meradang, akan lebih cepat masuk memasuki aliran darah dan juga merusak pembuluh darah kamu. Dari masalah inilah yang menyebabkan kamu mengalami pembekuan dalam darah. Sehingga, dalam jangka waktu cepat atau lambat kamu bisa mengalami permasalah pada jantung.

Itulah 11 Cara mengatasi gejala serangan jantung yang sangat sederhana dan mudah untuk kamu lakukan di rumah. Namun perlu kamu ingat, cara ini harus rutin dan mulai dari sekarang untuk di lakukan. Karena cara ini bukan obat serangan jantung, melainkan cara mengatasi masalah serangan jantung. Semoga bermanfaat!

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

cara mengatasi sakit kepala sebelah

8 Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat, Coba Yuk!

sumbersehat.com – Cara mengatasi sakit kepala sebelah tanpa obat, sangat penting untuk diketahui. Pasalnya, penggunaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *