Wanita Wajib Tahu, Begini 7 Cara Mengatasi Gatal Pada Daerah Kewanitaan

By

Cara Mengatasi Gatal Pada Daerah Kewanitaan – Sudah bukan menjadi rahasia umum, bahwasanya gatal pada area kewanitaan sangatlah mengganggu. Bahkan membuat canggung jika dialami di waktu yang tidak depat. Oleh karena itu, bagi para wanita harus tahu apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi gatal pada daerah kewanitaan yang ampuh dan baik.

Penyebab Gatal Pada Area Kewanitaan

Sebelum saya bahas tentang bagaimana cara mengatasi gatal pada daerah kewanitaan. Saya akan jelaskan tentang penyebab gatal di area kewanitaan terlebih dahulu. Sebenarnya, gatal pada area kewanitaan bukanlah kondisi serius yang perli dikhawatirkan. Namun juga tidak bisa disepelekan. Karena beberapa disebabkan oleh penyakit tertentu yang membutuhkan perawatan khusus agar bisa sembuh, diantara penyebab vagina menjadi gatal adalah :

  • Pemakaian krim atau cairan pembilas vagina yang tidak aman
  • Peningkatan kadar esterogen yang tidak stabil menjelang haid
  • Pemaiakan pembalut saat haid
  • Bahan kimia yang menyertai sabun atau bahan pembersih lainnya
  • Keputihan
  • Pakaian (Dalam) yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat
  • Penyakit menular seperti kutil, herpes, kudis atau clamydia
  • Penderita mengalami kondisi kulit tertentu seperti psoriasis dan eksim
  • Kertas toilet yang tidak higienis
  • Deterjen yang masih menempel dan tidak bersih saat dicuci
  • Stres dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penyakit yang Menyebabkan Gatal di Daerah Kewanitaan

Jika rasa gatal sudah terlalu parah, misal diiringi keluarnya cairan tidak normal, terasa sulit atau perih dan lebih dari satu minggu. Maka ada kemungkinan terjangkit penyakit ini

  • Lichen Skelorosis

Yaitu adanya bercak putih pada sekitar kwanitaan. Biasanya dialami oleh wanita pascamenopoyse.

  • Kanker Vulva

Hati-hati gatal ternyata juga menjadi salah satu gejala kanker vulva. Anda harus menjalani serangkaian pengobatan dan perawatan agar sembuh. Kemungkinan terburuknya Dokter akan menyarankan pengangkatan kanker.

Anda harus mengatasinya dengan cara yang tepat sesuai penyebab. Apabila terasa menganggu, Anda harus segera pergi ke dokter untuk melakukan konsultasi atau pemeriksaan fisik lengkap. Seperti tes urine, karena dari cara ini Anda bisa mengetahui apa penyebab dasarnya dan memperoleh penanganan yang tepat.

Apabila hanya infeksi jamur saja yang hampir semua wanita mengalaminya, Anda tidak perlu khawatir. Karena cukup membeli obat antijamur saja baik yang berbentuk salep, krim atau kapsul. Jangan pernah menggaruk daerah kewanitaan, cukup dengan menepuk atau menekannya saja.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Daerah Kewanitaan Agar Terhindar Dari Penyakit

Cara Mengatasi Gatal Pada Daerah Kewanitaan Paling Ampuh

Nah jika Anda sudah mengetahui apa penyebab gatal. Selanjutnya cari tahu bagaimana cara mengatasi gatal pada daerah kewanitaan. Berikut ini cara alaminya :

1. Menggunakan Cuka Apel

Tahukah Anda bahwasanya cuka apel memiliki kandungan anti bakteri dan jamur yang sangat baik. Membuat vagina asam sehingga bakteri jahat tidak berkembang biak. Sehingga sangat cocok digunakan apabila Anda ingin segera mengakhiri gatal pada area kewanitaan.

Hanya dengan dua sendok makan sari apel dan campurkan dengan air hangat. Gunakan untuk mencuci daerah kewanitaan selama dua kali sehari. Lakukan secara rutin ya.

2. Kompres Menggunakan Air Dingin

Cara ini bisa dibilang paling mudah, karena Anda bisa menemukannya di rumah sendiri. Jika daerah kewanitaan gatal pada malam hari, Anda bisa langsung mengkompreskannya menggunakan es batu. Lakukan beberapa menit sampai mereda. Anda bisa tidur nyenyak deh.

3. Menggunakan Garam

Garam memiliki sifat antibakteri sehingga Anda bisa menggunakannya saat daerah kewanitaan mengalami gatal. Larutkan garam secukupnya ke dalam air dan siramkan ke bagian yang gatal. Selain itu, dengan cara ini Anda juga bisa mencegah munculnya bakteri baru.

4. Bawang Putih

Kelebihan bawang putih yaitu memiliki sifat anti bakteri sehingga gatal pada daerah kewanitaan akan cepat hilang. Namun kekurangannya adalah aroma yang menyengat. Sehingga kurang cocok digunakan apabila Anda ingin keluar rumah setelah memakainya.

Cara penggunannya cukup gampang, ambil dan kupas bawang putih secukupnya. Geprek dan larutkan ke dalam air. Basuhkan pada bagian yang gatal.

5. Yogurt

Yogurt memiliki banyak manfaat karena zat aktif yang dimilikinya mampu menghilangkan bakteri jahat dan menambah bakteri baik. Termasuk di area kewanitaan.

Anda hanya perlu konsumsi yogurt setiap hari tanpa memakai pemanis. Jika dioleskan pada bagian yang lebih gatal semakin baik. Tapi sayang kan ya, mending diminum sehingga tubuh juga ikut merasakan manfaatnya.

6. Pola Hidp Sehat

Nah poin inilah yang penting. Mengapa karena biasanya gatal pada area kewanitaan disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Seperti tidak pernah mengganti pakaian dalam dan bergonta-ganti pasangan. Ganti pakaian dalam Anda minimal satu kali sehari dan pastikan pasangan Anda tidak menderita sakit infeksi menular seksual.

Konsumsi makanan yang bergizi dan bersih, jangan sembarangan serta rajinlah berolahraga. Hindari penggunakan pembalut yang terlalu lama, krim atau sabun pembersih yang mengandung bahan kimia berbahaya. Alih-alih membuat kewanitaan rapat atau bersih justru timbul penyakit. Anda tidak ingin hal ini terjadi kan?

7. Gunakan Obat yang Mengandung Antihistamin

Nah jika beberapa cara mengatasi gatal pada daerah kewanitaan di atas tidak bisa juga mengatasi gatal pada kewanitaan. Maka yang terakhir adalah menggunakan obat yang mengandung Antihistamin agar mereda. Namun harus dengan resep Dokter ya, agar aman.

Baca Juga: Inilah 13 Cara Merawat Daerah Kewanitaan secara Tradisional

Bagaimana Menjaga Kesehatan Daerah Kewanitaan?

Merawat area kewanitaan itu gampang-gampang susah. Tapi harus dilakukan, karena inilah mahkota yang harus dijaga. Karena jika tidak, akan mengakibatkan penyakit berbahaya seperti kanker serviks, kutil atau yang lainnya. Nah bagaimana caranya?

  • Hindari penggunaan pantyliner, pembalut, tisu atau apapun yang mengandung pewangi.
  • Cukup gunakan air bersih atau sabun yang netral selama satu kali dalam sehari. Karena jika terlalu sering justru akan membuat area kewanitaan menjadi kering dan lebih rentan terhadap penyakit.
  • Apabila setelah buang air besar, disarankan untuk membersihkan anus dari belakang. Bukan sebaliknya ya. Karena potensi penularan bakteri akan lebih besar.
  • Apabila menggunakan tisu toilet setelah buang air kecil. Usapkan dari area kewanitaan ke anus.
  • Bagi yang sedang menstruasi, gantilah pembalut sesering mungkin karena daerah kewanitaan mengalami peningkatan kelembaban. Sehingga rentan dimasuki bakteri.
  • Ganti celana dalam Anda setiap hari. Gunakan bahan yang terbuat dari katon dibanding dengan sintetis. Tujuannya agar lebih sehat.
  • Apabila Anda ingin berhubungan seksual, gunakanlah kondom agar terhindar dari penyakit mneular seksual.
  • Apabila area kewanitaan masih terasa gatal, maka hindari hubungan seksual.
  • Jangan digaruk
  • Setelah olahraga, segera ganti pakaian terutama sehabis renang.
  • Minimalisir penggunaan rok atau celana yang ketat.
  • Bersihkan jika tanda-tanda jamur sudah ada.

Dari beberapa pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa cara mengatasi area gatal pada daerah kewanitaan bisa dilakukan secara alami ataupun dengan resep dokter. Namun yang paling terpenting adalah belajar peka pada diri sendiri, latih pola hidup sehat dan jangan mudah tergiur dengan cairan yang membuat vagina rapat, bersih, dan lain sebagainya.

Sekarang sudah tahu kan tentang bagaimana cara mengatasi gatal pada daerah kewanitaan, penyebab dan cara menjaga kesehatan daerah kewanitaan? Selamat mencoba dan segera atasi masalah ini ya!

Tinggalkan komentar