11 Cara Mengatasi Dahak pada Tenggorokan yang Efektif dan Aman untuk Dilakukan

sumbersehat.com – Cara mengatasi dahak pada tenggorokan sangat beragam. Nantinya akan kita ulas satu persatu cara beserta penjelasannya. Lendir yang diproduksi di bagian paru-paru dan saluran pernapasan bagian bawah atau biasa kita sebut dengan dahak. Saat kondisi tubuh kurang prima dan sakit, dahak di tenggorokan terasa sangat mengganjal.

Dahak sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh kita, akan tetapi jika diproduksi secara berlebihan membuat tubuh tidak nyaman. Lendir atau dahak dapat meningkat dikarenakan beberapa hal. Adanya dahak yang berlebihan akan membuat seseorang sesegera mungkin ingin segera mengeluarkannya. Maka dari itu akan kami paparkan cara menghilangkan dahak pada tenggorokan.

Cara mengatasi dahak pada tenggorokan
Cara mengatasi dahak pada tenggorokan

Inilah Cara Mengatasi Dahak pada Tenggorokan

Rasa tidak nyaman akibat dahak yang berlebihan membuat kita ingin segera menghilangkannya secepat mungkin, berikut ini beberapa caranya:

1. Gunakanlah Alat Pelembab Udara (Humidifier)

Cara mengatasi dahak pada tenggorokan yang pertama adalah dengan menggunakan alat pelembab udara (humidifier). Lendir yang menggumpal di tenggorokan akan lebih cepat mengencer ketika berada di ruangan yang lembab. Ketika lendir encer, maka dahak akan lebih mudah untuk dikeluarkan.

Untuk penggunaan humidifier yang baik, pastikan untuk mengganti airnya setiap hari. Sangat penting juga untuk menjaga kebersihan alat pelembab udara tersebut. Humidifier dan ruangan yang bersih bertujuan untuk mencegah timbulnya bakteri dan jamur.

2. Mandilah dengan Menggunakan Air Hangat

Jika Anda tidak memiliki humidifier, cara mengatasi dahak pada tenggorokan lainnya adalah mandi menggunakan air hangat. Mandilah sembari menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya. Uap hangat dari air yang digunakan untuk mandi dapat membantu mengencerkan lendir yang kental.

Manfaat lain dari mandi menggunakan air hangat adalah tubuh menjadi lebih rileks dan tenang. Sakit yang disertai dahak di tenggorokan membuat kita tidak nyaman untuk melakukan aktivitas mandi. Untuk itu mandi dengan menggunakan air hangat bisa menjadi solusi mengencerkan dahak sekaligus membersihkan badan.

3. Mengonsumsi Minuman Hangat

Banyak orang yang mencari obat mengeluarkan dahak di apotik. Nah sebelum Anda mencari obat di apotik, alangkah baiknya menggunakan cara alami terlebih dahulu. Seperti contohnya dengan cara memperbanyak minum air hangat. Mulai dari air putih hangat, air lemon hangat, hingga kuah kaldu ayam tidak masalah.

Selain mengencerkan, minuman hangat tersebut juga menjadi obat untuk mengeluarkan dahak yang membandel. Namun tidak dianjurkan untuk minum minuman berkafein. Sebab minuman tersebut justru membuat dehidrasi dan tenggorokan menjadi kering.

4. Mengonsumsi Ramuan Herbal

Minum ramuan herbal menjadi salah satu cara mengatasi dahak pada tenggorokan. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa minuman seduhan seperti lemon, jahe, dan bawang putih dapat membantu menghilangkan dahak. Suplemen seperti akar licorice, ginseng, beri, delima hingga jambu biji juga dapat Anda gunakan sebagai obat.

Catatan penting sebelum Anda mengonsumsi ramuan herbal yaitu pastikan bahwa herbal tersebut aman untuk Anda konsumsi. Karena bisa saja Anda memiliki alergi dan kurang cocok untuk mengonsumsi herbal tertentu. Untuk itu konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya atau bisa juga dokter.

5. Berkumurlah dengan Menggunakan Air Garam

Jika mengonsumsi ramuan herbal baiknya dikonsultasikan dengan ahli, maka cara mengatasi dahak pada tenggorokan kali ini tidak harus demikian. Berkumur dengan menggunakan air garam merupakan hal yang cukup aman untuk dilakukan semua orang. Jangan gunakan air dingin, tapi gunakanlah air hangat untuk melarutkan garam tersebut.

Dengan berkumur menggunakan air garam akan membantu Anda untuk membersihkan dahak di belakang tenggorokan. Tidak hanya itu, air garam juga dapat membantu membunuh kuman dan meredakan sakit tenggorokan. Cara mengatasi dahak pada tenggorokan dengan air garam adalah dengan:

  • Siapkan 1-2 sendok teh garam
  • Siapkan 1 gelas air hangat (disarankan menggunakan air mineral/air yang tidak mengandung klorin karena dapat mengiritasi tenggorokan)
  • Campurkan garam dengan segelas air hangat
  • Gunakan air tersebut untuk berkumur (pastikan untuk membuang bekas sisa air kumur)

6. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Ternyata, cara mengatasi dahak pada tenggorokan juga bisa menggunakan minyak kayu putih. Dengan menggunakan minyak kayu putih akan membantu dalam mengencerkan dahak. Cara menghilangkan dahak pada tenggorokan menggunakan minyak kayu putih adalah dengan:

  • Menghirup uap dari diffuser yang ditetesi minyak kayu putih
  • Mengoleskan minyak kayu putih ke bagian dada dan leher
  • Istirahatlah yang Cukup

Dahak di tenggorokan biasanya disertai dengan batuk maupun flu yang menghambat pernapasan. Untuk itu cara mengatasi dahak pada tenggorokan yang penting dilakukan adalah istirahat yang cukup. Dengan beristirahat yang cukup memberi ruang untuk tubuh dalam menangkal infeksi.

Ketika sedang sakit dan dahak cukup banyak di tenggorokan, alangkah baiknya tidak melakukan olahraga terlebih dahulu. Ketika dalam kondisi seperti ini, olahraga justeru akan membuat dehidrasi dan dahak sukar untuk keluar. Lebih baik waktunya digunakan untuk istirahat hingga benar-benar sembuh dan tidak berdahak lagi.

7. Menggunakan Kompres Hangat pada Wajah

Cara mengeluarkan dahak pada tenggorokan yang efektif berikutnya adalah dengan menempelkan kompres hangat pada wajah. Kompres tersebut juga akan membantu mengencerkan dahak sehingga dahak lebih mudah untuk dikeluarkan. Hal ini dikarenakan tenggorokan menjadi lembab setelah dikompres.

8. Pentingnya Posisi Kepala ketika Tidur

Ketika tidur, posisi kepala juga berpengaruh ketika tenggorokan Anda sedang berdahak. Cara mengatasi dahak pada tenggorokan terkait posisi tidur adalah dengan menjaga posisi kepala lebih tinggi. Cobalah tempatkan dua bantal di belakang kepala agar dahak lebih cepat untuk dikeluarkan. Tidur dengan posisi telentang ketika dilanda dahak kurang dianjurkan. Sebab hal itu justru menimbulkan rasa tidak nyaman dan dahak sulit untuk dikeluarkan.

9. Hentikan Aktivitas Merokok

Bagi Anda yang terbiasa merokok, cara mengatasi dahak pada tenggorokan kali ini mungkin cukup sulit dilakukan. Namun jika Anda mengharapkan kesembuhan sesegera mungkin, cobalah untuk menghentikan aktivitas merokok Anda. Hal ini disebabkan bahan kimia yang terdapat di dalam rokok sangat menghambat dahak untuk keluar. Asap rokok juga menyebabkan produksi dahak berlebih.

10. Konsumsi Lebih Banyak Buah

Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi buah-buahan yang kaya serat akan membantu mengurangi risiko pernapasan. Di antaranya mengurangi penumpukan lendir pada tenggorokan. Jadi ketika dahak Anda semakin parah, perbanyaklah makan buah-buahan dan menghindari makan gorengan.

11. Gunakan Resep dari Dokter

Apabila semua hal di atas sudah Anda lakukan namun dahak tak kunjung sembuh, maka ini adalah cara terakhir yang dapat Anda tempuh. Cara mengatasi dahak pada tenggorokan kali ini adalah dengan menggunakan resep dokter. Dahak yang semakin parah tidak boleh diabaikan dan dibiarkan begitu saja. Anda harus mengambil langkah serius dengan memeriksakan diri ke dokter.

Karena bisa saja dahak yang Anda alami merupakan tanda-tanda penyakit tertentu. Dengan penanganan yang tepat dari ahlinya, Anda juga akan mendapatkan perawatan yang tepat.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan dahak pada tenggorokan yang sangat mudah untuk dilakukan. Dahak yang berlebih pada tenggorokan seringkali diabaikan oleh sebagian dari kita. Padahal penanganan yang cepat dan tepat akan membantu tenggorokan kita nyaman kembali. Tidak harus langsung ke dokter, cobalah beberapa cara sederhana yang memungkinkan untuk Anda lakukan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *