6 Cara Mengatasi Anak Muntah Karena Masuk Angin Tanpa Obat

Sumbersehat.com – Cara mengatasi anak muntah karena masuk angin tidak terlalu sulit sebenarnya. Mengingat, masuk angin merupakan gangguan kesehatan yang sering dialami, maka tahu cara mengatasi muntah karena masuk angin adalah langkah tepat.

Biasanya, penyebab masuk angin karena paparan udara yang berlebihan dalam waktu lama, kelelahan, dan kehujanan. Pada kondisi ini, perut terasa tidak nyaman, keras, demam, mual, dan muntah. Muntah karena masuk angin bisa diredakan secara mandiri di rumah tanpa obat. Berikut cara mengatasi muntah karena masuk angin!

Inilah Cara Mengatasi Anak Muntah karena Masuk Angin

Ada beberapa cara mengatasi masuk angin terus-menerus yang bisa anda lakukan, diantaranya:

Minum Air Putih

Saat muntah, banyak cairan yang keluar dalam jumlah yang baik. Apabila terjadi secara berulang, secara otomatis cairan tubuh berkurang dan dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi tidak hanya membuat tubuh Anda lemas, tetapi juga sakit kepala, jantung berdebar, kulit kering, dan penyakit lain.

Baca juga : Inilah 6 Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Pria

Oleh karena itu, konsumsi air putih minimal 2 liter dalam sehari untuk mengganti cairan tubuh Anda yang sudah hilang. Ini merupakan cara mengatasi anak muntah karena masuk yang sering diabaikan. Kebanyakan para orang tua panik dan bingung saat anak muntah.

Istirahat yang Cukup

Cara mengatasi muntah karena masuk angin yang kedua adalah istirahat yang cukup. Setelah muntah-muntah, tubuh anak Anda tentu menjadi lemas dan jika dipaksakan beraktivitas dapat memperburuk kesehatan. Istirahat yang cukup dengan tidur selama 7 sampai 8 jam agar tubuh cepat membaik.

Selain itu, nyatanya istirahat dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, fokus, dan tubuh terasa rileks. Hindari gangguan istirahat dengan bermain handphone walaupun hanya sebentar. Jika perlu, senyapkan handphone Anda agar tidak ada pemberitahuan panggilan maupun pesan masuk.

Konsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi menjadi cara mengatasi anak muntah karena masuk angin selanjutnya. Saat muntah, banyak makanan yang keluar bersama cairan sehingga banyak gizi yang tidak terserap ke dalam tubuh.

Tubuh Anda bisa saja tidak terpenuhi gizinya sehingga konsumsi makanan yang bergizi lengkap seperti susu, buah, sayur dan nasi. Selain menjadi sumber protein, susu diketahui dapat menetralkan kondisi perut setelah muntah. Jadi, minum susu dapat menjadi cara mengatasi masuk angin terus-menerus.

Sedangkan sayur dan buah mengandung vitamin serta mineral yang bisa mencegah infeksi penyakit di dalam tubuh. Penuhi asupan karbohidrat sebagai sumber energi yang bisa mempercepat proses pemulihan.

Hindari Makanan dan Minuman Tertentu

Menghindari beberapa makanan dan minuman tertentu juga sebagai cara mengatasi anak muntah karena masuk angin. Makanan dengan aroma tajam bisa memicu rasa mual dan berujung muntah. Anak Anda perlu menghindari makanan pedas, durian, gorengan, dan minuman bersoda.

Hindarkan anak anda dari makanan beraroma tajam terlebih dahulu sampai kondisi kesehatan kembali normal. Lebih baik, berikan susu hangat atau makanan bergizi yang hangat, untuk menghilangkan rasa mual dan muntah.

Hangatkan Perut dengan Minuman jahe

Jahe sudah terkenal memiliki khasiat menghangatkan tubuh, termasuk perut dan mencegah keinginan muntah. Sehingga, tepat sekali memberikan minuman jahe hangat kepada anak. Cara mengatasi anak muntah karena masuk angin dengan jahe, sebaiknya membuat sendiri minuman jahe.

Baca juga : 6 Cara Merawat Daerah Kewanitaan Agar Terhindar Dari Penyakit

Gunakan jahe secukupnya dan mungkin anak anda tidak suka minuman ini. Jadi, cari cara untuk membujuknya. Anda bisa menambahkan madu untuk membuat anak anda mau mengonsumsinya. Saat masuk angin, perut kembung dan mual yang berdampak pada kesehatan tubuh. Tubuh menjadi meriang, hilang nafsu makan, bersendawa, dan sering kentut. Perut juga terasa lebih nyaman setelah muntah dalam jumlah banyak.

Pijat Perut dengan Minyak Esensial

Terakhir, cara mengatasi muntah karena masuk angin yaitu dengan memijat perutnya menggunakan minyak esensial. Saat anak Anda muntah bukan berarti masuk angin yang dialami sudah hilang. Udara yang terperangkap dalam tubuh harus dikeluarkan dengan memijat perut dan punggung.

Anda bisa menggunakan minyak esensial sebagai penghangat saat memijat sehingga perut terasa lebih baik. Pijat secara perlahan. Selain itu, udara juga dapat keluar melalui sendawa dalam jumlah yang banyak.

Nah, itulah cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang bisa Anda praktekkan di rumah. Semua cara tersebut cukup mudah dilakukan tanpa obat medis. Biasanya kondisi tidak nyaman setelah muntah ini bisa sembuh hanya beberapa hari saja sampai masuk angin hilang.

Selain cara mengatasi muntah karena masuk angin, masih banyak langkah kesehatan lainnya yang bisa anda dapatkan di Sumber Sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat lidah buaya untuk wanita

6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wanita dan Kecantikan yang Wajib Diketahui

sumbersehat.com - Manfaat lidah buaya untuk wanita tidak main-main. Wanita secara alaminya memang ingin selalu tampil cantik dan mulus. Tidak hanya di depan suami bagi yang sudah menikah. Kecantikan alami yang selalu dikejar dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *