10 Macam Cara Menerapkan Diet Sehat Tanpa Olahraga yang Perlu Anda Jadikan Kebiasaan

10 Macam Cara Menerapkan Diet Sehat Tanpa Olahraga yang Perlu Anda Jadikan Kebiasaan – Berat badan seringkali menjadi perhatian khusus bagi setiap orang, terutama oleh para kaum wanita. Bentuk ideal dan proporsional tubuh biasanya memiliki patokan pada angka yang muncul atau tertera di timbangan. Banyak orang yang menganggap jika berat badan adalah hal khusus yang perlu dijaga, supaya penampilan selalu terjaga dan membuatnya percaya diri. Tak hanya daris segi tampilan saja, tetapi hal tersebut juga demi menghindarkan tubuh dari masalah obesitas. Apalagi saat ini ada begitu banyak orang yang bermasalah dengan kelebihan berat badan.

Obesitas yang mereka alami kebanyakan karena kurangnya aktivitas fisik ataupun terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat. Parahnya, banyak orang yang ingin makan banyak tapi juga malas untuk berolahraga. Padahal jika malas berolahraga, sudah selayaknya jika Anda melakukan program diet dan mengurangi porsi makan. Selain itu, masih ada banyak cara lain yang bisa Anda terapkan untuk melakukan diet tanpa harus berolahraga secara teratur. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar memiliki badan ideal tanpa harus berolahraga secara teratur setiap hari.

diet sehat tanpa olahraga
diet sehat tanpa olahraga

Cara Melakukan Diet Sehat tanpa Olahraga

Hindari mengonsumsi makanan dan mengemil di malam hari

Cara menurunkan berat badan melalui diet sehat tanpa olahraga yang pertama adalah dengan menghindari konsumsi makanan dan cemilan saat malam hari. Sebaiknya batasi jam makan malam Anda minimal dua atau tiga jam sebelum menjelang tidur. Selain itu, pastikan juga Anda tidak berbaring setelah makan agar proses pencernaan menjadi lebih lancar dan tidak terganggu. Jika terpaksa merasa lapar di malam hari, Anda bisa mengonsumsi sedikit buah ataupun susu yang rendah kalori.

Jangan mengabaikan waktu sarapan

Kebanyakan orang seringkali mengabaikan arti penting dari sarapan, bahkan tak jarang banyak juga yang melewatkan waktu makan pagi tersebut. Padahal kenyataannya, sarapan merupakan jam makan yang paling penting dalam menjaga berat badan agar Anda tidak banyak makan di jam selanjutnya. Bahkan bila perlu Anda bisa menambah asupan nutrisi saat sarapan, supaya tidak lemas dan tetap bersemangat sepanjang hari. Dari yang terpenting selalu penuhi asupan nutrisi dengan makan-makanan yang bergizi dan sesuai kecukupan.

Mengatur pola makan yang baik

Mengatur pola makan menjadi cara efektif yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan program diet sehat tanpa olahraga. Anda bisa memilih makanan sehat yang berasal dari buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, ataupun makanan yang rendah lemak dan gula. Pastikan juga Anda menghindari makanan cepat saji seperti makanan dan jajanan instan, makanan manis, berlemak, serta tinggi gula. Karena jenis makanan tersebut di dalamnya terkandung tinggi lemak dan kalori yang tinggi. Pola makan yang baik ini juga meliputi ketepatan waktu makan, keteraturan, serta porsi dan menu yang tepat.

Membuat rencana dan target jelas untuk pencapaian

Jika masih merasa sering mengabaikan pola makan, tidak ada salahnya Anda membuat rencana dan target jelas demi pencapaian yang sesuai. Target yang Anda buat tidak harus terlalu banyak dan ribet, namun yang terpenting haruslah beraifat realistis. Misalnya saja jika Anda ingin turun berat badan 3 kg dalam satu minggu, pastinya akan sangat menyiksa dan tidak baik bagi kesehatan. Turun berat badan sekitar setengah kg dalam satu minggu, pastinya akan lebih realistis dan baik bagi kesehatan. Anda juga bisa menerapkan rencana satu hari dalam seminggu untuk libur dalam menjalankan diet.

Merencanakan pilihan menu diet sehat dan bernutrisi seimbang

Untuk menjalankan program diet sehat tanpa olahraga Anda sebaiknya memilih menu yang sehat dan bernutrisi seimbang. Anda bisa membuat rencana menu setiap harinya dalam satu bulan dan bulan berikutnya, hingga target tercapai. Pastikan menu yang Anda pilih masuk dalam kategori makanan sehat dan terhindar dari bahan yang berlemak tinggi, gula, pengawet, serta berkalori tinggi. Membuat rencana menu diet ini akan menghindarkan Anda dari makan makanan yang tidak sehat dan beresiko mengganggu program diet Anda.

Cukupi waktu tidur

Memenuhi kebutuhan tidur secara cukup akan sangat membantu Anda dalam penurunan berat badan. Saat Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup, metabolisme dan kinerja organ tubuh akan bekerja secara maksimal. Selain itu, mencukupi waktu tidur juga tidak akan membuat Anda terbangun saat malam hari dan beresiko merasa lapar. Sehingga tidak mengherankan jika orang yang tidur secara cukup menjadi lebih sehat dan terhindar dari penumpukan lemak berlebih.

Bergerak dengan aktif

Cara melakukan diet sehat tanpa olahraga selanjutnya adalah dengan selalu bergerak secara aktif. Meski tidak melakukan olahraga secara rutin, bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan dan hanya tiduran sepanjang hari. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti memasak membersihkan rumah, bekerja, berbelanja dengan jalan kaki, dan aktifitas yang membutuhkan gerak lainnya. Dengan begini Anda tetap bisa mengeluarkan keringat dan penumpukan lemak menjadi berkurang, tanpa harus berolahraga secara keras.

Menghindari stres

Anda perlu menghindari stres jika ingin program diet sehat berhasil dan sukses, sesuai target berat badan ideal yang diinginkan. Karena stres juga bisa menjadi pemicu berat badan menjadi semakin naik dan beresiko obesitas. Saat seseorang mengalami stres, tubuh akan memproduksi hormon glukokortikoid secara berlebihan.

Produksi hormon ini dalam jumlah sangat berlebih bisa meningkatkan nafsu makan, sehingga berat badan menjadi semakin naik. Maka dari itu, pastikan Anda menghindari stres dan buatlah pikiran menjadi rileks dan penuh ketenangan. Jika perlu, Anda bisa melakukan latihan pernafasan, yoga, ataupun meditasi agar lebih tenang, sehat dan bugar.

Berhenti konsumsi makanan tidak sehat

Berhenti konsumsi makanan tidak sehat wajib Anda lakukan untuk bisa menurunkan berat badan dengan program diet sehat tanpa olahraga. Berbagai jenis makanan tak sehat tersebut biasanya tinggi gula, lemak jahat, serta berkalori tinggi.

Contohnya seperti makanan gorengan atau berminyak, makan-makanan yang berasa manis dan mengandung gula buatan, serta makanan lain yang mengandung sodium. Karena kandungan zat sodium dalam dapat mengganggu proses metabolisme tubuh dalam pembakaran lemak, contohnya garam dan makanan berpengawet buatan. Jenis makanan tersebut tidak hanya menggemukkan badan, tetapi juga merusak kesehatan tubuh Anda.

Sediakan cemilan sehat kemana pun Anda pergi

Mengonsumsi makanan sehat menjadi kunci utama bagi Anda yang ingin menjalankan Diet sehat tanpa olahraga untuk membakar kalori. Maka dari itu, pastikan Anda menyediakan cemilan sehat di tas ke mana pun Anda pergi. Tentu hal ini akan sangat menunjang berat badan Anda menurun, karena seringnya mengonsumsi makanan tak sehat di luaran. Anda bisa membawa makanan sendiri seperti salad buah dan sayur, umbi-umbian rebus, jeli tanpa gula, air putih dan madu, dan lain sebagainya.

Menurunkan berat badan melalui diet sehat tanpa olahraga, kini bukanlah hal yang mustahil dan tidak bisa dilakukan. Karena tanpa disadari, ada banyak hal sederhana dalam kehidupan yang dapat Anda lakukan dalam penurunan berat badan secara sehat. Namun pastikan Anda senantiasa melakukan cara di atas dengan penuh konsisten dan kesabaran. Karena kedua hal tersebut menjadi kunci utama agar hasilnya maksimal, serta berat badan menjadi ideal dengan cepat.

 

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat untuk diet

4 Senam sebagai Salah Satu Olahraga Sehat untuk Diet

4 Senam sebagai Salah Satu Olahraga Sehat untuk Diet – Senam adalah jenis olahraga yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *