8 Cara Menambah Berat Badan Bayi 4 Bulan dengan Mudah

By

Para orang tua yang memiliki buah hati pastinya menginginkan anak tersebut sehat dan tentunya gemuk. Hal inilah yang akhirnya membuat para ibu mencari mengenai sebuah informasi bagaimana cara menambah berat badan bayi 4 bulan agar menjadi sehat dan juga terhindar dari berbagai serangan penyakit lainnya. Maka dari itu Anda perlu mengetahui apa saja yang diperlukan untuk mendapatkan tubuh sang buah hati Anda gemuk dan sehat.

A. Aneka ragam cara menambah berat badan bayi 4 bulan

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menambahkan berat badan sang anak agar bisa bertambah gemuk dan sehat. Cara ini bisa Anda lakukan secara rutin untuk mendapatkan perkembangan yang baik pada sang buah hati. Jadi, jangan sampai anak mengalami penurunan berat badan karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

 1. Memberikan sebuah asi eksklusif

Cara menambah berat badan 4 bulan yang pertama yaitu terdapat pada sebuah asi yang diberikan oleh sang ibu kepada sang buah hati. Pemberian asi yang ekslusif juga dapat membantu untuk menambahkan berat badan pada sang anak. Jadi, cara ini bisa menjadi sebuah rekomendasi Anda untuk menambahkan berat badan pada sang buah hati.

2.  Memberikan sebuah asupan gizi yang baik

Hal yang kedua yaitu Anda bisa memberikan sebuah asupan gizi yang baik kepada sang buah hati. Caranya yaitu dengan memperbanyak asupan gizi yang ibu makan. Jadi, dalam hal ini peran ibu juga sangat penting untuk menjaga asupan gizi tersebut. Agar sang buah hati dapat bertumbuh kembang dengan baik seperti anak seusianya.

3.   Memberikan asupan kalori yang cukup pada sang buah hati

Cara menambah berat badan bayi 4 bulan yang berikutnya yaitu terdapat pada sebuah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh sang bayi. Bagi para ibu yang sedang memberikan asi eksklusif kepada sang buah hati juga harus memperhatikan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh sang buah hati. Agar sang anak tidak mengalami kekurangan kalori yang membuat tubuh sang anak tidak mengalami perkembangan yang baik.

4.    Mengatur pola hidup sehat

Pola hidup yang tidak sehat juga akan sangat mempengaruhi tumbuh kembang sang buah hati. Hal ini yang terkadang tidak diperhatikan oleh para orang tua. Padahal moment ini merupakan hal yang penting untuk dijaga agar anak dapat bertumbuh kembang menjadi lebih baik. Cara ini juga dapat membuat tubuh sang buah hati terhindar dari berbagai serangan penyakit dari luar.

5. Memberikan makanan yang menambah berat badan

Bagi para ibu yang sudah mulai memberikan MPASI kepada sang buah hati. Maka para ibu juga harus pintar dalam memilih makanan untuk dikonsumsi oleh sang buah hati. Bahkan ada beberapa makanan yang bisa membuat tumbuh kembang anak menjadi lebih baik. Oleh karena itu Anda bisa mulai memilih sebuah makanan yang cocok dan yang tidak untuk sang buah hati.

6.  Memberikan waktu tidur yang cukup

Hampir setiap anak terkadang memiliki sebuah aktivitas ingin tahu yang berlebih. Hal ini yang terkadang dapat membuat waktu tidur anak terkadang berkurang. Oleh karena itu cara menambah berat badan bayi 4 bulan yang selanjutnya yaitu dengan lebih memperhatikan sebuah waktu istirahat sang anak agar mendapatkan waktu tidur yang cukup.

 7.   Memberikan sebuah susu tambahan

Jika sang buah hati mengalami kekurangan asi maka Anda bisa menambahkan dengan sebuah susu formula. Terkadang banyak para ibu yang menambahkan dengan susu formula membuatnya mengalami sebuah kenaikan berat badan. Bahkan hal ini juga membantu Anda sebagai para orang tua untuk tumbuh kembang sang buah hati.

8.  Melakukan sebuah pemijatan pada sang buah hati

Pemijatan yang dilakukan ini adalah sebuah hal yang baik Anda lakukan ketika menginginkan sang buah hati bertambah nafsu makan. Ada bagian titik tertentu yang biasanya diandalkan oleh para tukang pijat bayi dalam proses pemijatan. Hal ini pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan harus memerlukan sebuah proses khusus dalam mengetahui titik pijat yang ingin dilakukan pada sang buah hati.

B. Cara menambah berat badan bayi 4 bulan dengan makanan

Ada beberapa menu yang bisa Anda gunakan untuk menabahkan berat badan pada bayi. Hal ini bisa Anda lakukan secara bertahap tentunya dengan mengikuti sebuah takaran yang berlaku. Makanan ini sudah terbukti banyak bayi yang bertambah berat badannya hanya dengan menggunakan beberapa menu makanan di bawah ini cara menambah berat badan bayi 4 bulan.

1.  Mengkonsumsi buah alpukat

Buah ini sangat dipercaya dapat membantu untuk menambah berat badan sang buah hati Anda. Namun ada hal yang perlu Anda ketahui yaitu jika menggunakan menu ini maka tidak untuk menggunakan bahan tambahan lainnya. Anda juga bisa menambahkan sebuah susu formula untuk menambahkan berat badan buah hati Anda.

2.  Mengkonsumsi kedelai

Kedelai selain bisa untuk menumbuhkan rambut pada bayi namun juga bisa digunakan sebagai cara menambah berat badan bayi 4 bulan. Hal ini banyak dilakukan oleh para ibu-ibu dan banyak juga dokter kandungan yang merekomendasikan hal ini untuk para wanita yang sedang hamil. Hal ini karena kandungan yang terdapat dalam kedelai memiliki berbagai kandungan salah satunya yaitu dapat membuat anak menjadi gemuk.

3.  Mengkonsumsi tahu

Bagi para ibu yang sedang mencoba membuat sebuah MPASI untuk buah hati Anda. Maka Anda dapat membuat MPASI tersebut dengan menggunakan tahu tersebut untuk menambahkan berat badan pada sang buah hati Anda. Mengkonsumsi tahu merupakan sebuah cara menambah berat badan bayi 4 bulan melalui MPASI. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan cara menyaring sari dari tahu tersebut dan dicampur dengan bubur.

4. Mengkonsumsi keju

Saat ini sudah mulai banyak keju yang dibuat khusus untuk buah hati Anda. Sehingga kandungan yang terdapat pada sebuah keju tersebut aman untuk dikonsumsi. Jadi, tidak salahnya jika Anda mencoba untuk memberikan sebuah keju ini kepada buah hati Anda. Hal ini juga akan membantu Anda untuk menambahkan berat badan pada buah hati Anda.

5. Mengkonsumsi ikan

Ada berbagai jenis ikan yang dapat dikonsumsi oleh buah hati Anda. Ikan tersebut yaitu salmon dan tuna yang banyak digunakan oleh para kaum ibu. Hal ini karena ikan-ikan tersebut dapat meningkatkan kecerdasan otak anak dan banyak juga anak yang mengkonsumsi makanan ini memiliki penambahan berat badan.

Kesimpulan

Beberapa ulasan di atas menunjukkan bahwa perkembangan tumbuh anak sangatlah penting bagi para orang tua. Hal ini juga dapat membuat para ibu mengetahui beberapa informasi mengenai cara menambah berat badan bayi 4 bulan yang baik dan benar. Selain untuk menambah berat badan sang buah hati Anda juga akan mendapatkan sebuah tumbuh kembang yang baik. Lakukan dengan baik agar berat badan bayi bertambah dengan sehat.

Tinggalkan komentar