3 Langkah Cara Membuat Ramuan Jahe dan Manfaatnya yang Luar Biasa

Cara membuat ramuan jahe memang sangatlah mudah. Siapa saja bisa melakukannya. Selain mudah untuk dibuat, ramuan jahe juga mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan loh. Anda bisa mengonsumsi ramuan jahe secara teratur untuk hasil yang lebih baik dan untuk menjaga kesehatan juga. Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan mengajak Anda untuk membahas mengenai bagaimana cara untuk membuat ramuan jahe dan apa saja sih manfaatnya.

Manfaat Konsumsi Ramuan Jahe

Tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu, jahe ternyata juga memberikan manfaat yang sangat mujarab untuk kesehatan. Gak percaya? Ini sudah dibuktikan oleh data kesehatan yang dipublikasikan oleh National Center For Biotecnology Information. Dalam jurnalnya tersebut mengatakan bahwa ramuan jahe bisa memberikan efek anti peradangan dan juga bisa digunakan untuk melindungi tubuh secara maksimal.

Selain itu, ada juga kandungan anti kanker yang  bisa menghambat antigen yang bisa memicu kanker. Selain itu, ada manfaat dari ramuan jahe lainnya yaitu sebagai berikut ini :

Meredakan pusing atau migrain

Pusing memang menjadi salah satu ganggu yang cukup mengganggu sekali dan dapat mengacaukan aktivitas Anda sehari-hari. Biasanya pusing ini menandai adanya gangguan penyakit lainnya atau telah terjadi kelelahan pada tubuh. Dengan mengonsumsi ramuan jahe bisa membantu dalam meredakan kondisi ini.Jahe  akan berkerja dengan merangsang aliran darah ke otak sehingga akan menjadi lancar dan membuat tubuh berangsur membaik

Redakan mual

Aroma jahe yang kuat bisa membantu dalam meredakan rasa mual dan juga bisa mencegah terjadinya muntah. Apalagi jika Anda selesai menjalani operasi, jahe akan sangat membantu dalam proses penyembuhan pasca operasi dengan sangat cepat.

Jahe juga bisa membantu buat mengurangi rasa mual pasca operasi. Tidak hanya sekedar sehat dengan minum jahe saja, Anda juga bisa mengoleskan jahe pada bagian tubuh yang mudah tercium. Sehingga aromanya akan menyebar dan mengurangi rasa mual.

Kalau Anda suka mabuk perjalanan, nah Anda bisa konsumsi ramuan jahe juga loh. Hal ini karena jahe bisa membantu mencegah mabuk perjalanan.

Redakan nyeri saat menstruasi

Rutin dalam mengonsumsi air jahe bagi perempuan sangat bermanfaat untuk mencegah nyeri pada saat menstruasi. Sejumlah penelitian juga sudah membuktikan jika jahe yang dikonsumsi bisa meredakan menstruasi. Selain itu, jahe juga akan membuat otot perut menjadi tidak tegang.

Redakan stres

Aroma terapi jahe ternyata memberikan efek yang menenangkan bagi lambung dan juga usus.  Dengan menghirup aroma jahe bisa menurunkan stres pada seseorang. Selain itu, rasa tegang juga akan menjadi reda pada saat menyeruput air jahe.

Perkuatan daya tahan tubuh

Jahe juga mengandung kandungan vitamin C dan magnesium. Kandung ini sangat ini sangat cocok buat digunakan untuk menjaga imunitas tubuh. Kedua zat ini, memiliki kandungan gingerols dan shogaols yang mempunyai fungsi sebagai antioksidan yang baik pada tubuh.

 Sebagai ramuan pencegahan kanker

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh US National libary of Medicine Institute of Health menyebut jika jahe bisa membantu dalam mencegah kanker. Hal ini karena jahe mempunyai kandungan gingerol yang bisa mengecilkan pertumbuhan tumor pada kanker usus.

Cara Buat Ramuan Jahe Kesehatan

Membuat Teh Jahe Panas memang sangat baik untuk kesehatan.Cara membuat  ramuan jahe sangat mudah. Ada beberapa jenis ramuan dari jahe yang bisa Anda buat. Berikut ini penjelasannya:

Cara Membuat Ramuan Jahe Air Hangat

  • Potongan dan gosok jahe sampai bersih. Setelah itu, siapkan jahe dan lupa kulit bagian luar. Setelah itu, gunakan pisau kecil yang tajam untuk memotong jahe dengan ketebalan sekira 2,5 cm.
  • Masukan air dan jahe pada panci. Letakkan panci di atas kompor. Setelah itu, tuangkan 480 ml air di dalamnya. Masukan potongan jahe ke dalam panci dan setelah itu nyalakan api besar. Pastikan jahe benar-benar terendam
  • Tunggulah hingga air mendidih, setelah itu kecilkan api. Setelah air mendidih, buka tutup panci dan kecilkan api kompor. Ingatlah ya, sekarang teh akan diseduh.
  • Saring air seduhan jahe selama 10 menit. Matikanlah kompor dan juga tuangkan ke dalam cangkir dengan saringan. Minumlah selagi hangat.

Cara Membuat Ramuan Jahe Campur Kunyit

  • Didihkan air sebanyak 480 ml air di sebuah panci. Tuangkan air ke dalamnya dan panaskan Ir di atas kompor dengan suhu dingin. Tunggu sampai beberapa menit hingga air mendidih. Jika ingin mempercepat maka anda memerangkap uap panas di dalamnya.
  • Masukkan jahe dan kunyit dengan takaran yang sama. Tambahkan setengah sendok teh dan kunyit bubuk ke dalam air mendidih. Untuk menambah cita rasanya, coba tambahkan setengah sendok teh kayu manis. Selain itu, supaya tekstur menjadi lebih pekat Anda bisa lipat gandakan untuk takaran rempah.
  • Kecilkan api yang sudah di sedih selam 10 menit. Kecilkan api untuk menyeduh teh dengan lebih maksimal. Semakin lama teh diseduh, maka semakin pekat pula teksturnya. Tunggu selama 10 menit dan matikan api pada kompor.
  • Saring teh ke dalam cangkir dan tambahkan aneka ragam bahan lainnya.

Cara Membuat Teh  Jahe dengan Campuran Madu dan Lemon

  • Didihkan air selama 350 ml. Isi cerek dengan air dan letakkan cerek di atas kompor. Pastikan air yang didihkan cukup untuk mengisi jumlah air yang ingin Anda isi. Kemudian nyalakan kompor dengan ukuran besar. Setelah itu, tunggu beberapa menit sampai airmendidihh.
  • Masukan Jahe

Masukan jahe, lemon, Cayenne dan juga kunyit ke dalam cangkir. Setelah itu, masukan setengah sendok teh parutan jahe dan setengah sendok teh kunyit bubuk. Setelah itu, tambahkan juga cabai Cayenne atau merica bubuk hitam untuk mendapatkan cita rasa teh yang pedas dan juga berempah.

  • Tuangkan air dan seduh semua bahan selama 5 menit. Tuangkan air yang sudah mendidih ke dalam cangkir. Kalau aduklah seluruh bahan teh dan ingat ya parutan jahe yang akan mengendap di dasar cangkir larut secara merata. Teruslah mengaduk ramuan jarh.selam.5 detik hingga benar-benar larut semua

Tips Cara Membuat Ramuan Jahe

Ramuan jahe memang sangat baik untuk kesehatan. Saat membuat ramuan herbal jahe untuk kesehatan, Anda juga harus mengikuti beberapa tips dalam memilih jahe. Yuk simak penjelasan berikut ini

  • Pilih jahe yang tidak terlalu tua. Jahe yang muda biasanya mempunyai bau yang lebih sedap dibandingkan dengan jahe yang sudah tua
  • Pada saat ingin menggunakan jahe harus benar-benar bersih ya. Pastikan kulit dari jahe harus bersih. Jika tidak akan merubah rasanya
  • Anda bisa menambahkan madu untuk perasa

Itulah tadi cara membuat ramuan jahe yang bisa Anda praktikkan di rumah. Yuk, mulai sekarang konsumsi ramuan jahe untuk menjaga imunitas tubuh. beberapa manfaat jahe di atas hanya merupakan sebagian kecil saja, masih ada banyak sekai manfaat yang bisa anda dapatkan ktika anda konsumsi jahe secara rutin.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

manfaat buah plum

Ketahui 8 Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan, Terutama untuk Wanita

sumbersehat.com – Manfaat buah plum untuk wanita memang seringkali kita dengar di tengah masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *