6 Cara Membuat Kulit Cerah dan Sehat dengan Mudah Tanpa Efek Samping

By

Kondisi kulit seseorang masih menjadi standarisasi akan kecantikan dan ketampanan manusia. Melihat kondisi tersebut, banyak orang yang ingin memperbaiki kondisi kulit mereka, salah satunya adalah mencerahkan kulit. Berikut adalah beberapa cara membuat kulit cerah dan sehat yang bisa kamu lakukan di rumah.

Istirahat Yang Cukup

Menjaga kulit cerah atau mencerahkan kulit bisa dibilang lebih susah dibandingkan memutihkan kulit karena menjadikan kulit cerah maka artinya kita membuat kulit kita lebih sehat. Tapi, bukan berarti kulit putih tidak sehat ya, penulis hanya menyarankan jangan menjadikan warna kulit sebagai standarisasi kecantikan atau ketampanan seseorang.

Seseorang harus beristirahat untuk menjaga kesimbangan dan kinerja seluruh organ di dalam tubuh. Mencerahkan kulit perlu bantuan dari dalam tubuh agar semua usaha yang kita lakukan di luar tubuh tidak sia-sia. Jadi, kamu harus istirahat yang cukup.

Porsi istirahat yang cukup bagi setiap orang berbeda, tergantung usia masing – masing. Penulis yakin bahwa pembaca di laman ini dari kalangan remaja hingga dewasa. Umumnya, remaja dan dewasa memerlukan waktu tidur selama 8 hingga 10 jam.

Tak hanya porsi istirahat saja yang harus diperhatikan, tapi kamu juga perlu mengatur kapan seharusnya kamu tidur. Jika ingin mencerahkan kulit, maka kamu harus menghindari yang namanya begadang dan usahakan tidur di bawah jam 10 malam, paling telat pada pukul 12 malam.

Perhatikan Asupan Makanan Maupun Minuman

Cara membuat kulit cerah yang kedua yaitu perhatikan asupan makanan dan minuman. Sama halnya seperti sebelumnya, apa yang kita konsumsi bisa mempengaruhi metabolism dalam tubuh. Jadi, perhatikan apapun yang akan kamu makan atau minum.

Untuk makanan, kamu perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung serat  atau mineral yang tinggi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Lalu jenis makanan apa yang harus dihindari? Tentunya, kamu harus menghindari makanan yang bisa dibilang makanan terenak selama ini yaitu junk food.

Junk food memang makanan enak dan proses masaknya cepat, sering dikonsumsi oleh  pelajar, mahasiswa atau anak kosan. Tapi, tolong hindari makanan jenis ini jika kamu memang benar-benar ingin kulit cerah, ya selain itu makanan jenis ini juga tidak sehat bagi kesehatan.

Untuk minumannya, kamu bisa konsumsi jus buah, terutama buah yang mengandung vitamin C. Selain itu, kamu harus mencukupi kebutuhan cairan yang dibutuhkan oleh tubuhmu yaitu perlu konsumsi air putih sebanyak 2L per hari.

Cara Membuat Kulit Cerah : Manajemen Stress

Manajemen stress juga termasuk kedalam daftar cara membuat kulit cerah. Stress adalah kondisi dimana seseorang terlibat perkelahian pikiran dalam dirinya sendiri. Seramnya adalah stress bisa datang ke siapa saja bahkan anak – anak sekalipun.

Stress memang tidak bisa dihindari karena faktornya sangat banyak, bisa dari masalah kerjaan, masalah di sekolah, masalah percintaan, masalah tentang ketidakpercaya dirian, hingga masalah keluarga. Tapi, kamu bisa mengatur agar stress tersebut tidak mengendalikan dirimu.

Cara mengatur stress yang pertama yaitu coba ungkapkan permasalahan kamu ke orang yang tepat. Ada beberapa orang yang akan lega jika sudah mengungkapkan permasalahan mereka kepada orang lain. Bahkan, beberapa dari mereka sudah lebih tenang dengan hanya di dengarkan saja tanpa perlu saran dari yang lain.

Cara lainnya adalah dengan menyibukkan diri. Jika kamu orang dewasa, maka kamu pasti tahu rutinitas kehidupan orang dewasa. Orang dewasa menghabiskan hari – hari mereka dengan bangun pagi, pergi kerja, pulang kerja saat malam, lalu tidur. Jika dilihat, satu hari sudah full tidak ada lagi waktu untuk pikiran kita memikirkan stress tersebut dan dengan begitu bisa melupakannya.

Exfoliasi Secara Rutin

Kulit kusam terjadi akibat sel kulit mati yang menumpuk, maka cara membuat kulit cerah selanjutnya adalah dengan melakukan exfoliasi. Exfoliasi adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan manusia untuk mengangkat sel kulit mati.

Sampai saat ini, ada du acara exfoliasi yang bisa kamu gunakan yaitu physical exfoliation dan chemical exfoliation. Exfoliasi secara fisik berarti cara yang digunakan bersentuhan langsung dengan kulit luar, sedang efoliasi secara kimia lebih bekerja di dalam kulit itu sendiri.

Jika ingin hasil yang cepat, maka kamu harus menggunakan exfoliasi fisik. Tapi, exfoliasi fisik tidak disarankan untuk kulit berjerawat dan sedang iritasi karena bahan yang digunakan biasanya berbentuk butiran-butiran kasar yang bisa saja menyakiti kulit.

Jadi, jika ingin kulit cerah dengan cara yang lebih aman maka gunakan exfoliasi kimia, biasanya bentuknya gel. Kelemahan dari exfoliasi jenis ini adalah biasanya harga jauh lebih mahal dibandingkan produk exfoliasi fisik dan hasilnya terkesan lambat dan ada masa purging.

Exfoliasi hanya dilakukan 1x sampai 2x seminggu ya, jika lebih dari itu malah membuat kulit kamu rusak. Saran lainnya yaitu jika menggunakan exfoliasi kimia gunakanlah pada malam hari setelah mencuci muka ketika sebelum tidur.

Perhatikan Bahan Produk Skincare

Cara membuat kulit cerah yang ke lima adalah gunakanlah produk skincare yang mengandung bahan antioksidan. Kulit kusam bisa menyerang siapa saja, apalagi jika kualitas air di lingkunganmu kotor dan kamu sering terpapar polusi dan udara yang kurang baik.

Ketika menggunakan skincare, pilihlah skincare yang mengandung bahan antioksidan seperti vitamin c, vitamin e, ginseng, glutathione, resveratrol dan lainnya. Bahan ini bisa kamu lihat di bagian belakang kemasan. Tapi, biasanya ada beberapa orang yang alergi terhadap bahan antioksidan jadi saat pertama kali memakainya, gunakanlah sedikit demi sedikit secara perlahan.

Tak hanya skincare yang mengandung antioksidan saja yang kamu butuhkan tapi yang berbahan mencerahkan juga diperlukan seperti licorice extract, arbutin, lemon, propolis, probiotik dan lainnya. Cara pemakaiannya sama yaitu gunakan secara perlahan dan lihat efeknya terhadap kulit kamu, apakah aman atau iritasi.

Rajin Memakai Skincare

Kulit cerah tidak dihasilkan secara instan. Jika kamu sering berselancar di sosial media maka ada beberapa postingan tentang puberty hit dimana terjadi perubahan semasa pubertas yang dibarengi dengan penggunaan skincare.

Rajin memakai skincare merupakan cara membuat kulit cerah yang terakhir. Skincare yang biasa digunakan biasanya terdiri dari double cleansing berupa micellar water dan  facial wash,toner, essence, serum, dan sunscreen untuk penggunaan di siang hari.

Jika ingin kulit cerah utamanya adalah jangan pernah melewatkan penggunaan Sunscreen. Sunscreen berfungsi melindungi wajah dari sinar uv da nub. Meski tidak keluar rumah, penggunaan sunscreen tidak boleh dilewatkan, hanya penggunaan spfnya dikurangi yang biasanya menggunakan spf 50, jika di rumah saja pakai yang spf nya 15 atau 30 saja.

Itulah 6 cara membuat kulit cerah dan sehat pastinya. Kulit cerah sangat diidam-idamkan oleh semua orang tak hanya kaum hawa. Mereka berfikir jika kulit cerah bisa membuat mereka lebih percaya diri lagi. Untuk kamu yang sedang mencerahkan wajah, semangat ya!

Tinggalkan komentar