Begini 6 Cara Membuat Jamu untuk Diet dengan Bahan Alami

Sumbersehat.com – Jika ingin diet, anda bisa membuat jamu untuk diet sendiri di rumah. Memiliki berat badan ideal merupakan impian bagi Anda dengan tubuh gemuk. Selain alasan bentuk fisik, nyatanya orang gemuk berpotensi memicu penyakit obesitas.

Lebih dari itu, bermula dari obesitas menjadi berbagai penyakit lain yang mengganggu kesehatan. Pilih diet yang aman saja, salah satunya dengan mengkonsumsi ramuan penurun berat badan. Selain menurunkan berat badan, jamu juga menyehatkan tubuh. Berikut 6 jamu untuk diet dan cara membuatnya!

Inilah 6 Cara Membuat Jamu untuk Diet yang Mudah

Anda bisa mempraktikkan cara membuat ramuan penurun berat badan di bawah ini untuk mendukung program diet anda:

Kunyit Asam

Ramuan penurun berat badan yang pertama adalah kunyit asam. Kunyit asam terkenal berkhasiat terhadap penurunan berat badan. Hal ini karena kunyit mengandung antioksidan yang dapat mengatasi obesitas dan gangguan metabolisme.

Baca juga : 6 Cara Mengatasi Anak Muntah Karena Masuk Angin Tanpa Obat

Sedangkan asam jawa mengandung asam malat dan serat yang berperan pada kelancaran sistem pencernaan. Cara membuat jamu untuk diet dengan kunyit asam adalah dengan mencuci bersih 500 gram kunyit. Semua kunyit diparut atau diblender hingga halus dan saring dengan menyisakan air sarinya saja.

Rebus air sari kunyit dengan 2 liter air, 500 gram asam jawa, 250 gram gula merah, dan 1/8 sendok teh garam. Jika sudah mendidih, dinginkan jamu kunyit asam dan minum sebanyak satu gelas dalam sehari secara teratur.

Galian Singset

Jamu galian singset merupakan ramuan penurun berat badan yang sudah sangat terkenal berkhasiat merampingkan badan dan membuat awet muda. Tidak heran jika jamu ini menjadi salah satu andalan bagi orang yang sedang diet.

Cara membuat jamu untuk diet dengan galian singset yaitu dengan merebus kunir putih, daun jati belanda, dan temulawak di atas api kecil hingga mendidih. Saring dan minum jamu dengan menambahkan madu saat kondisi dingin.

Daun Jati Cina

Daun jati cina juga bisa dijadikan sebagai ramuan penurun berat badan yang ampuh. Daun ini mengandung zat laksatif yang diketahui bisa membakar lemak dalam tubuh, sehingga bisa membantu program diet anda.

Cara membuat jamu untuk diet dengan daun jati cina cukup mudah. Anda hanya perlu menyeduh 2 sampai 3 sendok makan daun jati cina dalam satu gelas air panas. Minum jamu daun jati cina sebanyak tiga kali dalam sehari setelah makan dan lakukan secara rutin.

Daun Salam

Biasanya, daun salam digunakan sebagai bumbu masak dalam makanan. Tak disangka apabila vitamin dan mineral dalam daun salam dapat meruntuhkan lemak dalam tubuh. Cara membuat jamu untuk diet dengan daun salam dengan merebus 30 lembar daun salam.

Rebus dengan panci yang berisi air penuh di atas api sedang. Rebus hingga menyisakan air sebanyak setengan volume panci. Dinginkan jamu daun salam dan minum ramuan penurun badan ini sebanyak satu kali dalam sehari secara rutin.

Teh Hijau

Sudah sejak lama teh hijau dikenal sebagai ramuan penurun berat badan. Kandungan antioksidan dalam teh hijau berkhasiat melancarakan sistem pencernaan tubuh. Selain itu, juga masih banyak lagi manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dari konsumsi teh hijau.

Baca juga : Inilah 6 Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Pria

Cara membuat jamu untuk diet dengan teh hijau adalah menyeduh teh hijau dengan air panas. Tambahkan madu atau gula aren agar rasanya tidak pahit. Namun, lebih baik konsumsi tanpa tambahan gula. Sehingga, hasilnya lebih efektif.

Lemon

Kandungan vitamin C dalam lemon terkenal dapat menurunkan berat badan. Cara membuat ramuan penurun badan dengan lemon yaitu dengan memeras satu buah jeruk lemon. Air perasan lemon selanjutnya ditambahkan segelas air hangat dan minum tiga hari sekali. Agar hasil maksimal, minum sebelum makan secara teratur.

Itulah 6 cara membuat jamu untuk diet yang bisa anda pilih untuk mendukung program diet anda. Dari 6 ramuan penurun berat badan di atas, mana yang Anda ingin coba? Pilih yang bisa lakukan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah Anda jangkau.

Penggunaan rutin juga wajib dilakukan jika anda ingin berhasil menurunkan berat badan. Agar hasil yang Anda inginkan tercapai dengan maksimal, gerakkan tubuh Anda dengan olahraga dan jalankan pola makan sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *