5 Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Sirih Sendiri Mudah dan Cepat

Jamu kunyit asam sirih merupakan jamu yang cocok disajikan untuk menjaga kesehatan keluarga. Diketahui bahwa jamu ini bisa menyegarkan badan, mengindari panas dan sariawan, serta membuat perut sehat dan dingin. Ada lima cara membuat jamu kunyit asam sirih sendiri yang dapat dilakukan.

Beragam jenis manfaat kunyit ini bisa didapatkan dengan sangat mudah. Bahkan Anda bisa membuat beragam jenis racikannya secara mandiri di rumah. Anda hanya tinggal menyiapkan semua jenis bahan yang akan digunakan, lalu Anda mulai buat ramuan jamu kunyitnya Jika Anda konsumsi secara rutin, maka akan ada banyak sekali manfaat jamu kunyit ini bagi kesehatan.

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Sirih

Jamu kunyit asam sirih merupakan jamu kesehatan keluarga yang terbuat dari bahan dasar kunyit dan asam jawa. Jamu ini sangat baik bagi tubuh, salah satunya untuk memperkuat sistem imun, bahkan bisa juga digunakan sebagai program diet. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat jamu tersebut, yaitu sebagai berikut.

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Sirih Sendiri Untuk Kesehatan Keluarga

Untuk membuat jamu kunyit asam sirih buatan sendiri, Anda perlu mengumpulkan beberapa bahan penting, seperti daun sirih sebanyak 10 lembar, kunyit tua sebanyak 200 gram, jahe sebanyak 2 ruas, asam jawa sebanyak 250 gram, gula aren sebanyak 250 gram, garam 1 sendok makan dan air sebanyak 3 liter saja.

Setelah bahan terkumpul semua, saatnya membuat jamu kunyit asam sirih untuk kesehatan keluarga yang dicintai. Caranya cukup mudah, bersihkan terlebih dahulu sirih, kunyit serta jahe dengan cara dikerok bagian kulit luarnya dengan sendok.

Lalu, haluskan kunyit dan jahe menggunakan ulekan, blender atau parutan. Anda bisa memilihnya salah satu yang dimiliki dan paling mudah untuk digunakan. Jika sudah, masukkan semua bahan yang sudah dihaluskan tadi ke dalam panci yang sudah berisi air, daun sirih yang sudah disobek, gula merah, serta asam jawa dan garam sebanyak 1 sendok.

Selanjutnya Anda tinggal menunggu sampai air mendidih dan saringlah ampasnya. Sajikan ke dalam gelas masing-masing dan minum selagi masih hangat. Anda beserta keluarga dapat meminum jamu kunyit asam sirih setiap hari untuk menyangkal berbagai penyakit berbahaya.

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Sirih Pinang Sendiri di Rumah

Cara membuat jamu kunyit asam sirih sendiri kedua tidak jauh berbeda dengan cara pertama. Hanya saja, jamu satu ini dibuat dengan tambahan biji pinang dan ada beberapa bahan yang disertakan, sehingga membuatnya lebih lengkap dari bahan jamu sebelumnya.

Bahan-bahan untuk membuat jamu ini diantaranya, kunyit dan jahe masing-masing 250 gram, biji pinang muda sebanyak 5 buah ambil bagian dalamnya, biji manjakani sebanyak 2 buah, daun sirih sebanyak 7 lembar, asam jawa dan gula merah sesuai selera, garam secukupnya, dan air sebanyak 2 liter saja.

Untuk cara membuatnya sendiri, silakan blender kunyit, bagian dalam pinang muda, jahe, dan biji manjakani. Kemudian, rebus air sebanyak dua liter dan masukkan bahan-bahan yang sudah diblender tadi. Setelah itu, masukkan remasan daun sirih beserta asam jawa. Gunakan api sedang hingga air menjadi menyusut.

Jika sudah menyusut, tambahkan gula jawa dan garam secukupnya. Tes rasa terlebih dahulu, apabila kurang asam, maka Anda bisa menambahkan kembali asam jawanya. Apabila sudah matang, Anda dapat mematikan api dan biarkan hingga dingin terlebih dahulu. Saring jamu tersebut dan masukkan ke dalam kulkas untuk menikmati minuman sehat yang tampak menyegarkan.

Cara Membuat Jamu Asam Sirih Plus Sendiri

Bahan-bahan untuk membuat jamu asam sirih plus, diantaranya kunyit sebanyak 3 buah, lalu digeprek dan diiris tipis, daun sirih di sobek kasar sebanyak 4 lembar, daun binahong sebanyak 5 lembar disobek kasar, jeruk nipis sebanyak 1 buah diperas lalu diambil airnya, gula aren ukuran kecil satu buah, madu 2 sdm, asam jawa 1 sdm dan air sebanyak 400 ml.

Cara membuatnya cukup rebus air hingga mendidih, lalu masukkan semua bahan kecuali 2 sendok makan madu. Rebus kurang lebih selama 7 menit, lalu matikan kompor dan biarkan hingga hangat. Siapkan gelas, saringan dan tuangkan ke dalam saringan yang dibawahnya sudah ada gelas.

Jika sudah cukup porsi di dalam gelas, Anda dapat menambahkan perasan jeruk nipis dan 2 sendok makan madu, lalu aduk hingga merata. Silakan minum selagi hangat dan rasakan kesegaran dari jamu asam sirih plus tersebut.

Cara Membuat jamu Kunyit Asam Sirih Dengan Jahe Merah

Cara membuat jamu kunyit asam sirih sendiri berikutnya bisa dilakukan dengan tambahan jahe merah. Selain rasanya menjadi semakin enak dan mampu menghangatkan badan, jahe merah juga sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari paparan virus dan bakteri jahat.

Bahan-bahan yang perlu Anda sediakan diantaranya daun sirih sebanyak 10 lembar, kunyit sebanyak 5 ruas, jahe merah sebanyak 2 ruas, asam jawa sebanyak 2 sendok makan, gula pasir sebanyak 5-7 sendok makan atau sesuai selera, garam sedikit dan air putih sebanyak 1 liter.

Setelah semua bahan sudah Anda miliki, saatnya menuju tahap pembuatan yaitu dengan mencuci bersih daun sirih, kunyit serta jahe geprek, lalu iris atau parut sesuai keinginan. Didihkan air terrlebih dahulu, kemudian masukkan semua bahan termasuk asam jawa ke dalam air. Aduk hingga merata.

Setelah merata, silakan masukkan gula dan garam secukupnya saja. aduk kembali hingga merata dan masak hingga mendidik kembali. Jika sudah, cek rasa terlebih dahulu dan apabila sudah sesuai bisa Anda matikan kompornya dan dinginkan.

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Daun Sirih Simpel

Cara membuat jamu kunyit asam sirih sendiri yang terakhir bisa dilakukan dengan bahan-bahan simpel alias mudah untuk didapat. Beberapa bahan yang perlu disiapkan diantaranya, kunyit sebanyak 2 ruas, jahe sebanyak 1 ruas, daun sirih sebanyak 3 lembar, asam jawa sebanyak 5 gram, gula aren sebanyak 50 gram, garam secukupnya, satu buah jeruk nipis dan air sebanyak 750 liter.

Untuk langkah-langkahnya sendiri, pertama Anda harus menyiapkan kunyit dan jahe terlebih dahulu, kemudian parut dan sisihkan. Selanjutnya, massukkan parutan kunyit, jahe, daun sirih, gula aren dan asam jawa ke dalam panci yang sudah berisi air.

Rebus dengan api kecil, kemudian masukkan garam secukupnya lalu aduk sampai merata. Jika sudah mendidih dan matang, matikan kompor, lalu angkat dan saring ke dalam gelas yang sudah disediakan. Masukkan perasan jeruk nipis ke dalam jamu, lalu sajikan selagi hangat.

Selain bisa dinikmati hangat, Anda bisa menikmati jamu ketika dingin atau masukkan terlebih dahulu ke dalam kulkas. Tentu saja rasa asam dan wangi sirih akan lebih menggoda ketika Anda menikmatinya saat dingin.

Itulah 5 cara membuat jamu kunyit asam sirih sendiri yang bisa dilakukan di rumah untuk jamuan minuman sehat di masa ini. Pastikan setiap hari Anda dan keluarga bisa meminumnya atau minimal tiga kali dalam seminggu.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

manfaat daun salam untuk wanita

6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *