Begini Cara Membuat Infuse Water Lemon yang Benar, Enak dan Bergizi!

sumbersehat.com – Cara membuat infuse water lemon memang sangat mudah namun masih banyak yang meremehkan manfaatnya. Sudah tahu belum apa infuse water? Nah infuse water adalah irisan atau potongan buah direndam dalam air matang. ini menyebabkan rasa yang terdapat dalam buah terserap dalam air sehingga airnya terasa lebih nikmat.

Jadi infuse water lemon dapat diminum langsung. Meskipun sangatlah mudah membuatnya namun akan lebih baik perhatikan cara membuat infuse water lemon. Tujuannya agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Banyak juga yang belum tahu manfaatnya. Padahal bila mengetahui manfaatnya, hmm pasti akan rutin konsumsi.

cara membuat infuse water lemon
infuse water lemon

Kandungan Nutrisi pada Lemon

Berdasarkan United States Department of Agriculture (USDA), berikut adalah kandungan yang terdapat dalam lemon mentah tanpa kulit. Ternyata terdapat vitamin, mineral, elektrolit, dan phytonutrisi. Vitamin yang terkandung adalah vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E. Kemudian ada juga folat, tiamin, riboflavin, piridoksin, niasin, dan asam pantotenat.

Kandungan mineral di dalam Lemon yaitu seng, mangan, besi, tembaga, kalsium, magnesium. Phyto-nutrisi yang tercatat terdapat dalam lemon adalah karoten, Lutein-zeaxanthin, likopen, beta kriptoxantin, dan beta karoten. Sedangkan elektrolit yang ada dalam lemon adalah kalium dan sodium.

Inilah Cara Membuat Infuse Water Lemon yang Sesuai Standar Kesehatan

Lemon memiliki rasa yang kuat dan menyegarkan. Bila dimakan terasa sangat masam. itulah sebabnya tidak banyak orang kuat konsumsi langsung. Namun karena banyak manfaatnya maka dapat disiasati dengan minum infuse water agar memperoleh manfaatnya. Cara membuat infuse water lemon seperti tersebut di bawah:

Belilah buah lemon dan ambil dua saja. Kemudian cucilah kedua lemon sampai benar-benar bersih. Pastikan bersih sekali ya karena kulitnya akan dimasukan dalam air. Bila kurang bersih, maka dikhawatirkan akan membawa kotoran dan kuman ke dalam infuse water tersebut. Lalu irislah lemon dan bersihkan bijinya.

Kalau irisan lemon tak mengandung biji lagi, persiapkan seliter air putih matang. Masukan seluruh irisan lemon ke dalam air matang tersebut. Untuk variasi, sangat boleh ditambahkan potongan buah lainnya lho agar makin nikmat dan lebih kaya manfaat. Misalnya saja dapat ditambahkan daun mint, timun, stroberi, dan lain-lain.

Setelah itu infuse water lemon belum bisa langsung diminun. Diamkan dulu dalam lemari pendingin. Namun bila didiamkan dalam suhu ruang pun tak mengapa kok. Kalau dingin akan membawa efek lebih segar kan. Nah jangan terlalu lama juga didiamkan. Maksimal 4 jam saja. Sejam berlalu akan membuat infuse water terasa masam. ini artinya sudah siap diminum.

Perhatikan Hal-hal Berikut Agar Tak Tersisa Rasa Pahit

Buah lemon terasa masam dan sangat menyegarkan. Bila dibuat infuse water namun tak dapat mengolah dengan benar, biasanya akan timbul rasa paihit. Rasa pahit ini tentu saja akan merusak rasa infuse water lemon. Nah agar rasa pahit tak didapat saat membuat infuse water lemon, maka sebaiknya pada cara membuat infuse water lemon, maka perendaman lemon dalam air matang tak lebih dari empat jam.

Bila lebih maka rasa pahit yang terdapat dalam kulit lemon akan turut keluar ke dalam infuse water. Setelah maksimal 4 jam perendaman, irisan lemon dapat dikeluarkan dari dalam wadah infuse water. Selain itu rasa pahit bisa didapat juga dari biji lemon yang tersisa dalam irisan lemon. itulah sebabnya pastikan bahwa biji lemon sudah benar-benar dikeluarkan dari irisan lemon tersebut.

Manfaat Minum Infuse Water Lemon

Kebutuhan akan kadar air dalam tubuh harus dipenuhi setiap hari. Ya setidaknya memang 8 gelas sehari ya. Sayangnya banyak orang yang tidak suka minum air putih. Sebagian malah berusaha memenuhi kebutuhan akan air putih dengan minum kopi atau teh.

Padahal bila kopi dan teh diminum banyak bisa membawa efek kurang baik. Apalagi bila rutin diminum tiap hari. Cara membuat infuse water lemon merupakan salah satu solusi, agar kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi. Sekaligus bisa menikmati kesegaran lemon sekaligus. Apa saja manfaat infuse water lemon?

1. Anti penuaan dini

Dengan kandungan antioksidan dalam buah lemon, maka menjadikan lemon sebagai buah yang dapat menangkal radikal bebas. Sehingga sel kulit tidak cepat rusak. Bila sel kulit sehat, maka proses penuaan dini akan dapat dihambat. Bila cara membuat infuse water lemon tepat dan meminum infuse water lemon akan membuat sel tubuh cepat beregenerasi. Dengan demikian, kerusakan pada kulit dan sel tubuh lainnya akan lebih cepat berganti.

2. Membuat nafas lebih segar

Aroma yang kuat pada lemon dapat membantu menghilangkan bau mulut saat bangun tidur. Air lemon terpicu keluar saat orang mengkonsumsi lemon dan berefek mencegah mulut kering. Akibatnya bakteri penyebab bau mulut akan menyingkir.

3. Berat badan menjadi lebih ideal

Cara membuat infuse water lemon dan manfaatnya memang belum ada bukti medisnya dan uji klinis yang telah diakui secara resmi. Namun dengan mengkonsumsi lebih banyak air maka seseorang akan merasa lebih cepat kenyang. Selanjutnya akan berakibat porsi makan menjadi berkurang.

4. Meningkatkan vitalitas tubuh

Terhidrasinya tubuh secara tepat tentunya akan membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Studi tentang hal ini sudah pernah dilakukan. Hasilnya adalah asupan air dari infuse water lemon yang cukup, membuat orang lebih bertenaga dan tidak cepat lelah. Badan menjadi lebih fit dan kuat.

5. Mood booster

Kadar air yang cukup dalam tubuh sesungguhnya dapat meningkatkan rasa bahagia lho. Ya bila orang menyadari bahwa salah satu resep lebih berbahagia adalah mencukupi tubuh dengan asupan cairan, maka orang akan berlomba-lomba menerapkan cara membuat infuse water lemon sesuai anjuran.

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Untuk kecantikan kulit secara alami, infuse water lemon ternyata punya manfaat dan dapat digunakan di luar tubuh. Caranya bekas luka dapat dioleskan infuse water. Bisa juga dengan mengoleskan langsung ke kulit agar kulit terlihat lebih berkilau. Kaum hawa sering memanfaatkan lemon sebagai salah satu masker alami untuk wajah yang kusam. Ternyata dapat juga digunakan sebagai pengobatan bekas luka. Wah manfaatnya banyak kan.

7. Mengontrol kadar pH dalam darah

Asam sitrat dalam lemon bisa membantu menjaga pH agar tetap ideal. Terjaganya kadar pH sehingga penyakit yang berkaitan dengan jantung dapat dihindari. Begitulah tadi cara membuat infuse water lemon. Banyak juga orang yang saat ini menjadikan infuse water lemon ini sebagai bekal minum yang dibawa ke tempat bekerja dan aktivitas lainnya. Contohnya dibawa saat berolahraga, piknik, bahkan ketika menghadiri even resmi lainnya.

Rupanya gaya hidup sehat telah banyak diterapkan juga. Cukup banyak yang terlihat membawa botol minum infuse water. Rupanya mereka telah menyadari bahwa imunitas tubuh perlu sekali dijaga dan ditingkatkan secara berkelanjutan. Tentu hal ini merupakan perkembangan yang sangat baik.

Perlu diperhatikan agar infuse water lemon ini dapat diserap maksimal manfaatnya oleh tubuh, maka buatlah tanpa gula. Penambahan gula pada cara membuat infuse water lemon akan membuat tubuh mengkonsumsi gula yang jelas tak baik untuk tubuh bila berlebihan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *